Afirmasi Adalah Cara Membuat Diri Jadi Lebih Positif dengan Kata-Kata, Inilah Langkah-Langkahnya

Rabu, 16 Desember 2020 14:11 Penulis: Puput Saputro
Afirmasi Adalah Cara Membuat Diri Jadi Lebih Positif dengan Kata-Kata, Inilah Langkah-Langkahnya
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Ada banyak cara untuk membangkitkan energi positif dalam diri, salah satunya dengan melakukan afirmasi. Secara umum, afirmasi adalah kata-kata positif yang ditujukan pada diri sendiri. Bukan sekadar kata-kata biasa, kata-kata yang digunakan dalam afirmasi mampu menggugah alam bawah sadar kita untuk turut berpikir lebih positif.

Percaya tidak percaya, afirmasi adalah salah satu cara untuk membangkitkan motivasi dalam diri. Uniknya, cara ini bisa dilakukan secara sederhana. Pasalnya, kata-kata atau kalimat yang diucapkan saat melakukan afirmasi bisa disusun langsung secara spontan atau otomatis. Afirmasi juga bisa digunakan untuk mengubah kebiasaan atau perilaku.

Afirmasi adalah cara yang cukup praktis untuk mempengaruhi diri agar menjadi lebih positif. Untuk mengetahui lebih dalam apa itu afirmasi, dan bagaimana cara kerjanya, kalian bisa simak ulasan yang sudah dirangkum dari berbagai sumber berikut ini.

1. Apa Itu Afirmasi?

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) afirmasi adalah sebuah penegasan atau peneguhan kata positif. Penjelasan kata tersebut sesuai dengan pengertian afirmasi secara umum. Bahwa afirmasi merupakan satu cara untuk membangkitkan motivasi dan energi positif dalam diri melalui kata-kata positif yang ditujukan pada diri sendiri.

Afirmasi dapat dilakukan dengan tujuan untuk melawan pikiran negatif dan mengubahnya menjadi positif, hingga akhirnya bisa mengatasi stres. Selain itu, afirmasi juga bisa dilakukan untuk mengubah perilaku atau kebiasaan buruk. Cukup dengan menanamkan kata-kata positif pada diri sendiri.

Namun perlu diketahui bahwa melakukan afirmasi tidak sebatas mengucapkan kalimat-kalimat positif semata. Kalimat-kalimat tersebut harus bisa diserap dan ditanamkan dalam hati dan pikiran. Sebab hanya dengan begitu, proses afirmasi dapat berjalan dan mempengaruhi alam bawah sadar.

 

 

2. Manfaat Afirmasi

Melakukan afirmasi bisa membawa dampak yang luar biasa pada diri seseorang. Afirmasi dapat mengubah diri seseorang menjadi lebih positif dan bergairah. Secara lebih terperinci, berikut beberapa manfaat afirmasi.

1. Membangkitkan Percaya Diri
Salah satu manfaat afirmasi adalah bisa membuat seseorang merasa lebih percaya diri. Hal ini dikarenakan saat melakukan afirmasi, berbagai nilai-nilai positif dalam diri kita seperti kreativitas dan kelebihan lainnya akan tumbuh. Dengan begitu, kita akan merasa menjadi pribadi yang kuat.

2. Menenangkan Hati dan Pikiran
Afirmasi positif juga bisa menimbulkan rasa tenang dan nyaman pada hati serta pikiran. Tak saja membuat lebih tenang, afirmasi juga akan membuat kita merasa lebih yakin. Pikiran yang positif akan membuat kita berpikir bahwa masih akan ada hari esok yang lebih baik.

3. Mencegah Depresi
Menjaga kesehatan mental menjadi hal yang sangat penting. Salah satu gangguan kesehatan mental yang sering terjadi adalah depresi. Tapi tak perlu khawatir, depresi bisa dihindari dengan menyemangati diri sendiri melalui cara afirmasi positif.

4. Meningkatkan Kesehatan Tubuh
Selain kesehatan mental, afirmasi positif ternyata juga berpengaruh pada kesehatan tubuh. Pasalnya pikiran dan sikap negatif bisa melemahkan imunitas. Sebaliknya, pikiran dan sikap yang positif akan meningkatkan imunitas kita, sehingga tidak mudah terkena penyakit.

5. Membuat Bahagia
Afirmasi positif dapat membuat seseorang merasa lebih bahagia. Hal ini dikarenakan kata-kata afirmasi positif yang diucapkan dengan percaya diri, akan membuat seseorang yakin bahwa ia akan sukses dan bisa meraih mimpi. Dengan begitu, hidup akan terasa lebih ringan dan menyenangkan.

 

 

3. Langkah-Langkah Melakukan Afirmasi

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, afirmasi sebaiknya dilakukan secara rutin setiap harinya. Berikut beberapa langkah melakukan afirmasi.

1. Gunakan Kata Ganti 'Saya' atau Menyebut Nama
Kata-kata atau kalimat yang diucapkan saat melakukan afirmasi harus tertanam kuat di hati dan pikiran. Untuk itu, agar membekas dan mengena saat melakukan afirmasi sebaiknya gunakan kata ganti 'saya' atau 'aku'. Atau, kalian juga bisa menyebutkan nama secara langsung. Hal ini akan membuat kata-kata atau kalimat semakin tertanam kuat.

2. Gunakan Kata Positif
Untuk mengubah nilai-nilai negatif menjadi positif, kalian harus menggunakan kata-kata yang positif saat melakukan afirmasi. Hindari pemakaian kata 'jangan' atau 'tidak'. Sebab kata-kata semacam itu termasuk kata yang bernilai negatif dan dikhawatirkan bisa mempengaruhi proses afirmasi.

3. Gunakan Emosi Positif
Selain kata-kata atau kalimat-kalimat, penting juga untuk menyematkan emosi positif seperti bahagia, semangat, suka dan lain sebagainya. Sebaliknya, hindari emosi negatif seperti sedih, marah, cemburu, kecewa dan lain sebagainya saat melakukan proses afirmasi.

4. Gunakan Kata Sekarang
Saat afirmasi positif, gunakan kata sekarang dan hindari kata 'nanti' atau 'akan'. Gunakan kata 'sekarang'. Hal ini akan membuatmu menjadi lebih semangat, dan mempercepat proses afirmasi.

5. Menulis Di Kertas Catatan
Selain lewat ucapan langsung, proses afirmasi ternyata juga bisa dilakukan melalui tulisan. Tulislah kata-kata afirmasi di dalam sebuah kertas catatan, lalu baca setiap pagi atau setiap kali akan melakukan beraktifitas. Letakkan kertas tersebut di tempat-tempat yang strategis seperti di layar komputer, pintu kulkas, cermin dan sebagainya.

 

 

4. Contoh Kata-Kata Afirmasi

Afirmasi adalah hal yang sangat mudah dan bisa dilakukan siapa saja, tapi juga tergantung pada konsentrasi dan ketenangan diri saat menjalani prosesnya. Untuk kalian yang ingin mencoba proses afirmasi, berikut contoh kalimat-kalimat afirmasi yang bisa kalian gunakan.

1. Saya bersemangat menjalani hari ini.

2. Saya bisa mengatasi masalah yang ada.

3. Saya bahagia bisa bekerja di tempat kerja ini.

4. Saya orang yang percaya diri, memiliki banyak kelebihan dan menarik.

5. Saya sehat selalu.

Itulah di antaranya ulasan mengenai afirmasi adalah cara mengubah diri jadi lebih positif melalui kata-kata. Bagaimana apa kalian tertarik mencobanya?

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI