Tak Hanya Obati Tipes, Ini 6 Khasiat Cacing Tanah untuk Atasi Penyakit

Kamis, 24 September 2020 16:22 Penulis: Dita Tamara
Tak Hanya Obati Tipes, Ini 6 Khasiat Cacing Tanah untuk Atasi Penyakit
Ilustrasi (credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Bagi sebagian orang akan menganggap bahwa cacing merupakan hewan yang menjijikkan. Apalagi tekstur kenyal dan licin di tubuh cacing membuat siapapun akan merasa geli untuk menyentuhnya. Namun di balik itu semua, ternyata cacing tanah menyimpan banyak manfaat yang luar biasa bagi kehidupan manusia. Tidak hanya memiliki peran penting dalam menyuburkan tanah, hewan yang satu ini juga mempunyai manfaat menakjubkan untuk kesehatan.

Namun, kalian tidak perlu khawatir dalam hal mengonsumsi cacing tanah untuk kesehatan tubuh. Cara mendapatkannya kalian tak perlu memakannya secara langsung. Sebab, cacing tanah bisa diminum dalam bentuk ekstrak berupa air cacing ataupun sudah dalam bentuk pil. Tentunya lebih higienis ketika masuk ke dalam tubuh.

Mungkin selama ini sudah bukan menjadi rahasia umum ketika cacing digunakan untuk mengobati tipes. Nyatanya, cacing tanah tak hanya bermanfaat sebagai obat tipes saja. Namun, ada sederet khasiat lainnya yang baik untuk atasi penyakit. Apa saja? Yuk langsung saja simak ulasan lengkap berikut ini.

 

1. Mengatasi Kolesterol

Kolesterol merupakan lemak yang berguna bagi tubuh. namun, apabila kadarnya di dalam tubuh terlalu tinggi, maka hal tersebut akan menumpuk di pembuluh darah dan dapat menyebabkan serangan jantung, hingga stroke.

Untuk menghindari penyakit tersebut, diperlukan penanganan sejak dini supaya tubuh tetap sehat dan bugar. Salah satu cara mengatasi kolesterol jahat yaitu dengan mengonsumsi ekstrak cacing tanah yang memiliki enzim mengusir kolesterol.

2. Mengobati Tipes

Penyakit tipes memang sering sekali di derita oleh kebanyakan orang lantaran perilaku seseorang yang suka jajan sembarangan. Tipes atau deman tifoid sendiri merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri salmonella typhi. Penyakit ini umumnya disebarkan melalui makanan maupun minuman yang telah terkontaminasi feses atau air seni penderitanya.

Nah, bagi kalian penderita tipes, kalian biasanya dianjurkan untuk mengonsumsi ekstrak cacing tanah. Sebab, cacing mengandung anti bakteri yang dapat menekan pertumbuhan bakteri penyebab tipes itu sendiri.

3. Mengatasi Diare

Seseorang yang mengalami diare tentu saja akan merasakan kondisi tak nyaman lantaran membuat penderitanya sering mengalami buang air besar. Apabila tidak segera diatasi, maka diare akan membuat penderitanya kehilangan banyak cairan dan menjadi lemas.

Untuk itu, cara mengatasi diare kalian bisa menggunakan ekstrak cacing tanah yang sudah terbukti khasiatnya. Sebab, cacing tanah bisa melawan bakteri penyebab diare seperti bakteri E.Coli dan mengatasi diare dengan cepat.

4. Anti Tumor

Penyakit tumor menjadi salah satu penyakit yang ditakuti semua orang lantaran sifatnya yang bisa membahayakan tubuh. Untuk mengantisipasi penyakit tersebut, kalian bisa mengonsumsi ekstrak cacing tanah yang memiliki sifat antitumor.

Selain itu, Cacing tanah juga memiliki enzim fibrinolitik (EFE) yang dipercaya bisa melawan sel hepatoma di dalam tubuh. Sel inilah yang dapat berubah menjadi penyakit kanker yang bisa membahayakan nyawa seseorang. Oleh sebab itu, rutinlah untuk mengonsumsi cacing tanah demi menjaga tubuh tetap sehat.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Daya tahan tubuh kalian bisa melemah kapan saja. Melemahnya daya tahan tubuh bisa disebabkan berbagai hal seperti pola hidup yang tidak sehat, kurang istirahat, stres, dan lain sebagainya. Padahal, daya tahan tubuh yang lemah dapat menjadi santapan empuk untuk virus dan bakteri penyebab penyakit masuk ke dalam tubuh.

Nah, salah satu cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh salah satunya dengan mengonsumsi ekstrak cacing tanah. Sebab, asam amino yang tinggi pada cacing tanah dan juga kandungan bakterinya dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Sehingga, kalian bisa mengantisipasi serangan virus, bakteri yang masuk pada tubuh.

6. Mengatasi Konstipasi

Konstipasi adalah kondisi masalah sistem pencernaan buang air besar ketika feses menjadi lebih keras daripada sebelumnya. Konstipasi dapat memiliki risiko terjadinya luka-luka di sekitar anus dan memicu timbulnya ambeien. Namun, kalian tidak usah khawatir lantaran hal tersebut bisa diatasi dengan mengonsumsi cacing tanah. Sebab, cacing tanah mengandung nutrisi yang mampu memperlancar sistem pencernaan tubuh Anda.

Itulah sederet khasiat cacing tanah untuk mengatasi beberapa penyakit. Apabila kalian berniat untuk membuat sendiri ekstrak cacing, maka pastikan untuk benar-benar memperoleh cacing tanah yang tidak terkontaminasi. Semoga bermanfaat.

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI