Kenali Penyebabnya, Ini 7 Cara Mengatasi Mulut Pahit Secara Alami

Kamis, 24 September 2020 17:44 Penulis: Dita Tamara
Kenali Penyebabnya, Ini 7 Cara Mengatasi Mulut Pahit Secara Alami
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Masalah mulut pahit memang kerap menimbulkan rasa ketidaknyamanan. Apabila rasa pahit muncul saat kalian sedang sakit, tentu saja hal ini akan normal terjadi. Tapi lain halnya jika rasa pahit di mulut datang secara berkelanjutan seperti saat bangun tidur dan kalian akan merasakan mulut pahit setiap harinya, tentu saja hal ini sangat mengganggu. Meskipun ada berbagai macam penyebab rasa pahit di mulut, namun pada dasarnya penyebab rasa pahit di mulut adalah akibat naiknya asam lambung atau efek samping penggunaan obat-obatan.

Selain itu, kondisi ini juga dapat terjadi akibat kurang terjaganya kebersihan gigi dan mulut. Mulut terasa pahit memang memberikan efek yang tidak nyaman dan dapat menurunkan selera makan. Penyebab lainnya mulut terasa kering juga bisa disebabkan oleh mulut kering, masalah gigi, kehamilan, infeksi jamur, stres, hingga kerusakan saraf. Meskipun begitu, kalian tidak perlu khawatir, sebab ada beberapa cara ampuh yang dapat kalian lakukan untuk mengatasi rasa pahit di mulut. Apa saja? Yuk langsung saja simak ulasan lengkap berikut ini.

 

 

1. Mengonsumsi Lemon

Makan buah lemon atau buah lainnya seperti jeruk bisa membantu menghilangkan sensasi pahit dari mulut kalian. Selain caranya yang mudah, bagi kebanyakan orang, cara ini dinilai ampuh apabila rasa tidak enak di mulut kalian disebabkan karena mengonsumsi obat-obatan tertentu ataupun hamil. Hal ini terjadi karena rasa asam buah lemon yang tajam mampu membantu menstimulasi indera perasa kalian.

2. Kumur dengan Baking Soda

Cara mengatasi mulut pahit selanjutnya bisa kalian lakukan dengan menyikat gigi menggunakan campuran baking soda dan garam. Caranya, larutkan 1/4 sendok teh baking soda dan 1/2 sendok teh garam dalam secangkir air hangat. Kemudian, kumur-kumurlah dengan air tersebut lalu, bilas dengan air bersih sesudahnya.

3. Mengunyah Permen Karet

Mengunyah permen karet juga merupakan cara yang cukup efektif dalam menghilangkan rasa pahit di mulut. Rasa manis yang ada dalam permen karet yang bisa menghilangkan rasa pahit di mulut. Namun, sebaiknya kalian mengunyah permen karet yang bebas gula agar tidak merusak kesehatan gigi.

4. Perbanyak Minum Air Putih

Selain mudah untuk dilakukan, memperbanyak minum air putih akan membantu kalian mengatasi rasa pahit di mulut. Hal ini lantaran air dapat meningkatkan produksi liur. Tidak hanya itu, ternyata air dapat mengencerkan lendir di hidung. Air juga dapat membantu proses pengeluaran racun dari dalam tubuh dan mengurangi kadar asam lambung. Jadi, janganlah malas untuk meminum air putih karena berbagai manfaat baik akan kalian dapatkan.

5. Menyikat Gigi

Cara mengatasi mulut pahit bisa kalian atasi dengan langsung menyikat gigi. Menyikat gigi dua kali sehari bisa melindungi mulut kalian dari rasa pahit. Bagi kalian penderita asam lambung, maka cara ini juga bisa membantu menetralisir asam sehingga rasa pahit dalam lidah bisa hilang. Selain itu, kalian bisa memilih pasta gigi dengan kandungan mint.

6. Menyikat Lidah

Selain menyikat gigi, cara mengatasi mulut pahit bisa kalian lakukan dengan menyikat lidah. Caranya pun sangat mudah, kalian hanya perlu menyikat lidah dengan batuan sikat lidah atau bagian belakang sikat gigi yang bergerigi. Cara ini juga membantu membersihkan lidah yang berwarna putih penyebab sarang bakteri penyebab bau mulut.

7. Jaga Kebersihan Mulut

Faktor penyebab mulut terasa pahit bisa disebabkan kurangnya kebersihan mulut dan gigi. Maka dari itu, penting bagi kalian untuk menjaga kebersihan mulut dan gigi, yakni dengan  menyikat sikat gigi dua kali sehari secara rutin. Selain itu, bersihkan sela-sela gigi supaya tidak ada sisa makanan yang menempel.

Itulah sederet cara mengatasi pahit di mulut secara alami. Selain cara di atas, kalian bisa membatasi konsumsi makanan berlemak, berminyak, asam, dan pedas yang bisa memicu asam lambung naik. Semoga bermanfaat.

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI