Sulit Tidur? Ini 7 Cara Mengatasi Insomnia Saat Puasa Ramadhan

Senin, 18 Mei 2020 13:44 Penulis: Dita Tamara
Sulit Tidur? Ini 7 Cara Mengatasi Insomnia Saat Puasa Ramadhan
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Kebiasaan yang sering terjadi pada saat bulan Ramadhan ialah seseorang akan kurang tidur atau insomnia. Kesulitan tidur di malam hari dapat memengaruhi kesehatan seseorang. Akibatnya tubuh akan merasa lemas, kelelahan sampai mengantuk parah selama puasa. Jika kalian mengalami insomnia selama bulan Ramadan, mulailah mencari cara mengatasi insomnia dengan cara di bawah ini. 

Biasanya, insomnia terjadi saat menunggu waktu sahur karena takut tidak terbangun dan lebih memilih tidak tidur hingga waktu sahur tiba. Padahal, hal tersebut sangat menimbulkan efek yang tidak baik untuk kesehatan terutama bagi para wanita yang sedang mengalami perubahan hormon.

Pada dasarnya, insomnia bisa terjadi karena suatu penyakit kronis. Selain itu, bisa disebabkan karena depresi, stress, dan gangguan kecemasan berlebih. Lantas, adakah yang efektif untuk cara mengatasi insomnia yang terjadi saat puasa Ramadhan? Untuk lebih lengkapnya, simak ulasan lengkap berikut ini.

 

 

1. Kurangi Waktu Tidur Siang

Tidur yang berkualitas tentunya juga dapat membuat kualitas hidup semakin meningkat. Namun seringkali saat bulan puasa, membuat pola tidur menjadi berantakan. Kurangnya tidur pada malam hari tentu membuat seseorang akan mengalami ngantuk pada siang hari. Bahkan ada seseorang yang tidak tidur hingga waktu sahur dan memilih tidur setelah sahur hingga siang hari. Jika selalu berlebihan pada tidur siang, tentu akan membuat kalian tidak bisa tidur di malam harinya. Oleh sebab itu, kurangi waktu tidur siang kalian untuk menghindari diri dari insomnia.

2. Hindari Aktivitas di Tempat Tidur

Kebiasaan seseorang sebelum tidur biasanya selalu membuka sosial media terlebih dahulu. Padahal hal tersebut yang membuat penyebab utama insomnia bagi sebagian orang. Jika sudah membuka gadget maka seseorang akan ketagihan dan lupa sudah banyak waktu terbuang untuk bermain gadget. Jadi, jika kalian termasuk orang yang memiliki tingkat insomnia parah, ada baiknya tidak melakukan aktivitas apa pun setelah berbaring di tempat tidur. 

3. Berendam dengan Air Hangat

Tips atasi insomnia selanjutnya yaitu, sebelum tidur, kalian bisa mandi maupun berendam dengan air hangat untuk mengatasi insomnia. Dilansir dari The Sleep Doctor, berendam air hangat dapat memberikan sinyal pada otak untuk memproduksi hormon melatonin, yaitu hormon yang membuat tidur menjadi berkualitas. Sehingga kalian akan terhindar dari insomnia dan tubuh tidak menjadi gampang lemas.

4. Kurangi Stres

Seperti yang sudah dijelaskan, stres salah satu pemicu seseorang mengalami insomnia. Stres juga yang membuat pola tidur menjadi berantakan. Namun ada tips buat kalian untuk menghindari stres yang terjadi di malam hari. Salah satunya dengan menenangkan pikiran dan tubuh sebelum tidur. Kalian bisa melakukan relaksasi otot progresif, teknik pernapasan dalam, hingga meditasi. Cara ini juga ampuh untuk membantu mengatasi insomnia.

5. Hindari Obat-Obatan Pencegah Kelelahan

Mengonsumsi obat-obatan dapat membuat orang menyembunyikan kelelahan sementara. Namun hal tersebut tentunya akan berdampak buruk bagi kesehatan dan harus dihindari. Selain itu, hindari juga mengonsumsi kafein yang membuat penyebab kesulitan tidur bahkan menyebabkan kalian sering terbangun di malam hari.

6. Ciptakan Tempat Tidur yang Nyaman

Selanjutnya, untuk memperbaiki pola tidur yang berantakan lakukan dengan menciptakan tempat tidur yang nyaman agar tidur lebih pulas. Kalian bisa melakukan dengan cara, suhu, pencahayaan, dan kebisingan harus dikontrol untuk membuat kamar tidur lebih kondusif. Pastikan kalian tidur dengan posisi yang nyaman. Dengan demikian, akan membantu memperbaiki kualitas tidur kalian.

7. Rutin Berolahraga Pada Sore Hari

Tips atasi insomnia saat puasa Ramadan dengan melakukan olahraga sore secara rutin. Olahraga tidak mesti melakukan olahraga berat. Saat sedang berpuasa, pastikan kalian memilih olahraga yang ringan karena hal tersebut akan memberi tubuh cukup waktu untuk merasa rileks. Dengan melakukan olahraga secara rutin pada saat sore hari, Kondisi inilah yang akan memudahkan kalian untuk tidur pada malam hari.

Itulah beberapa cara mengatasi insomnia saat puasa Ramadhan untuk tetap mendapatkan kualitas tidur yang baik. Semoga bermanfaat.

 

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI