Arti Ayat dan Jenisnya dalam Alquran, Pahami Perbedaannya

Senin, 25 April 2022 14:33
Arti Ayat dan Jenisnya dalam Alquran, Pahami Perbedaannya
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Ayat tentu sudah jadi kata atau istilah yang tidak asing lagi, terutama bagi sebagian besar umat muslim. Pasalnya, ayat merupakan bagian yang tak bisa terpisahkan dari suatu surat dalam Alquran. Setiap surat dalam Alquran terdiri atas beberapa ayat yang artinya saling berkaitan. Maka, untuk memahami isi kandungan suatu surat, kita harus paham arti ayat demi ayat dalam surat tersebut.

Meski sudah jadi kata atau istilah yang cukup umum bagi umat muslim, faktanya masih banyak orang yang salah mengartikan ayat hingga saat ini. Tak sedikit yang mengira, panjang satu ayat dalam Alquran ditentukan oleh jumlah barisnya. Oleh karena itu, penting untuk memahami pengertian dan arti ayat. Sebab, biasanya pembagian ayat suatu surat diperlukan saat sedang melakukan tadarus atau mengaji bersama.

Untuk mengetahui arti ayat, langsung saja simak ulasan berikut yang telah kapanlagi.com rangkum dari berbagai sumber.

 

 

1. Arti Ayat

Secara etimologi atau asal mula kata, ayat berasal dari bahasa Arab "ayatun", yang dalam bentuk jamak menjadi "ayat". Secara umum, ayat diartikan sebagai salah satu tanda satuan dari bagian dalam surat di Alquran. Namun arti ayat juga mengalami perluasan makna.

Tak saja diartikan sebagai satuan tanda satuan dari bagian dalam surat, ayat juga sering dimaknai sebagai mukjizat. Hal ini berkaitan dengan fakta bahwa setiap ayat dalam Alquran turun dari Allah SWT melalui Nabi Muhammad SAW. Sementara seperti yang kita tahu, Alquran juga dianggap sebagai salah satu mukjizat dari Nabi Muhammad, Rasulullah SAW.

Selain itu, arti ayat juga dapat dimaknai sebagai firman Allah SWT. Sebagai firman Allah SWT, ayat-ayat Alquran berisikan dalil, perintah yang harus dikerjakan, larangan yang harus dijauhi, dan pembuktian atas kebesaran Allah SWT.

Kata ayat yang semula berasal dari bahasa Arab kini juga telah diserap ke dalam bahasa Indonesia. Sehingga, arti ayat kini juga bisa ditemukan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Dalam KBBI, kata ayat mempunyai beberapa arti. Pertama, ayat bisa diartikan sebagai alamat atau tanda. Kemudian, ayat juga diartikan sebagai beberapa kalimat yang merupakan kesatuan maksud sebagai bagian surah dalam kitab suci Alquran.

Tak saja berkaitan dengan Alquran, dalam bahasa Indonesia arti ayat juga dipergunakan dalam ranah hukum Khususnya, dalam peraturan perundang-undangan. Terkait hal ini, KBBI mendefinisikan ayat sebagai beberapa kalimat yang merupakan kesatuan maksud sebagai bagian pasal dalam undang-undang.

 

 

2. Jenis-Jenis Ayat dalam Al Quran

Ayat-ayat dalam Alquran, ternyata terbagi menjadi dua jenis. Tentu sebagai muslim, penting untuk mengenali kedua jenis ayat tersebut berikut perbedaannya. Sebab, hal ini akan membantu seorang muslim dalam memahami isi kandungan ayat tersebut.

Pembagian dua jenis ayat Alquran ini di antaranya telah dijelaskan dalam surat Al Imran ayat 7, yang artinya kurang lebih adalah sebagai berikut.

"Dialah yang menurunkan Kitab (Alquran) kepadamu (Muhammad). Di antaranya ada ayat-ayat yang muhkamat, itulah pokok-pokok Kitab (Alquran) dan yang lain mutasyabihat. Adapun orang-orang yang dalam hatinya condong pada kesesatan, mereka mengikuti yang mutasyabihat untuk mencari-cari fitnah dan untuk mencari-cari takwilnya, padahal tidak ada yang mengetahui takwilnya kecuali Allah. Dan orang-orang yang ilmunya mendalam berkata, "Kami beriman kepadanya (Alquran), semuanya dari sisi Tuhan kami." Tidak ada yang dapat mengambil pelajaran kecuali orang yang berakal." (Q.S. Al-Imran, ayat: 7)

 

 

3. Ayat Muhkamat

Salah satu jenis tersebut yaitu ayat muhkamat. Ayat muhkamat adalah ayat Alquran yang isi kandungan maknanya jelas atau disampaikan secara langsung. Sehingga, seorang muslim bisa dengan mudah memahami. Umumnya, ayat muhkamat terdiri atas ayat-ayat yang berisi tentang perintah, larangan, peringatan, dan janji Allah SWT.

Contoh Ayat Muhkamat:

1. Surat Al Baqarah ayat 183, yang artinya:

"Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa."

2. Surat Asy-Syura ayat 11, yang artinya:

"Tidak ada sesuatu pun yang serupa dengan Dia. Dan Dia Yang Maha Mendengar, Maha Melihat."

3. Surat Al-Ikhlas ayat 4, yang artinya:

"Dan tidak ada sesuatu yang setara dengan Dia."

 

 

4. Ayat Mutasyabih

Selain ayat muhkamat, jenis ayat lainnya dalam Alquran adalah ayat mutasyabih. Arti ayat mutashyabih berkebalikan dengan ayat mukhamat. Ayat mutasyabih merupakan ayat yang maknanya masih terbilang samar, ambigu atau memiliki makna lain. Sehingga, untuk memahami ayat mutasyabih dibutuhkan penafsiran menggunakan ayat lain atau hadis penjelas.

Contoh ayat mutasyabih:

Pada surat Az Zumar Ayat 53, yang artinya:

"Katakanlah, 'Wahai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri! Janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya."

Ayat tersebut, kemudian diperjelas dalam ayat lain yaitu, pada Surat At Taha ayat 82, yang artinya:

"Dan sungguh, Aku Maha Pengampun bagi yang bertobat, beriman dan berbuat kebajikan, kemudian tetap dalam petunjuk."

Itulah di antaranya penjelasan tentang arti ayat dalam Alquran. Semoga bermanfaat, bisa menjawab rasa penasaran, dan menambah wawasan kita sebagai seorang muslim. Amiin.

 

 

(kpl/gen/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI