Arti Gender: Pengertian Secara Umum dan Sejarahnya

Minggu, 23 Januari 2022 11:33 Penulis: Dhia Amira
Arti Gender: Pengertian Secara Umum dan Sejarahnya
Ilustrasi (credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Gender menjadi kata yang tidak asing lagi. Bahkan jika bicara soal gender masih terbilang menjadi pembahasan yang cukup sensitif. Walaupun begitu, masih ada yang belum memahami arti gender yang sesungguhnya. Padahal jika ditelusuri lebih dalam, kata gender memiliki sejarah hingga akhirnya digunakan secara umum seperti saat ini.

Memahami arti gender menjadi sebuah hal penting lho KLovers. Walaupun pembahasan soal gender saat ini masih menjadi hal sensitif, namun tidak ada salahnya jika kita mengetahui dan memahami secara bijak arti gender itu sendiri.

Nah, bagi KLovers yang ingin mengetahui dan memahami arti gender, maka berikut ini arti gender secara umum, sejarah dari gender tersebut, dan juga macam-macam dari gender yang bisa kalian ketahui dan pahami. Yuk langsung saja diketahui KLovers.

1. Pengertian Gender

Ya, secara umum arti gender yaitu merupakan pembedaan peran, atribut, sifat, sikap dan perilaku yang tumbuh dan berkembang dalam masyarakat. Dan peran gender terbagi menjadi peran produktif, peran reproduksi serta peran sosial kemasyarakatan.

Kata gender sendiri juga dapat diartikan sebagai peran yang dibentuk oleh masyarakat, serta perilaku yang tertanam lewat proses sosialisasi yang berhubungan dengan jenis kelamin perempuan, laki-laki atau atau interseks.

Selain itu, dilansir dari Wikipedia konteks-konteks lain menggunakan istilah gender bisa mencakup atau sebagai pengganti dari jenis kelamin. Sebagai contoh, dalam kajian terhadap hewan, gender umumnya digunakan untuk menyebut jenis kelamin dari hewan.

Definisi gender dan identitas gender bervariasi berdasarkan doktrin. Dalam penggunaan populer di luar kajian ilmiah, seks adalah diri kita secara biologis, gender adalah diri kita secara sosial, identitas gender adalah pengertian dan kesadaran atau penentuan diri kita sendiri mengenai kelaki-lakian atau keperempuanan. Dan peran gender adalah stereotip kultural mengenai hal maskulin dan feminin.

2. Sejarah Gender

Bukan hanya ingin mengetahui bagaimana arti gender secara umum, kalian juga bisa mengetahui bagaimana sejarah kata gender. Diketahui bahwa, kata gender sendiri berasal dari bahasa Prancis Pertengahan Gendre yang juga berasal dari kata bahasa Latin genus dengan arti "jenis" atau "tipe".

Dilansir dari Wikipedia, Istilah "peran gender" pertama kali muncul di media cetak pada tahun 1955. Sementara itu, istilah "identitas gender" digunakan pada sebuah pernyataan pers pada 21 November 1966 yang mengumumkan sebuah klinik baru bagi transeksual di Rumah Sakit Johns Hopkins.

Sejarawan gender juga tertarik pada bagaimana perbedaan gender dipersepsikan pada waktu dan tempat yang berbeda, biasanya dengan asumsi bahwa perbedaan tersebut disatukan secara sosial. Susunan atau pembuatan sosial gender ini sepanjang waktu direpresentasikan sebagai perubahan dalam norma-norma perilaku bagi laki-laki atau perempuan.

Para sejarawan ini mempelajari sejarah gender dengan mencatat perubahan norma pada manusia dari waktu ke waktu, dan menafsirkan aspek perubahan tersebut mengenai iklim, sosial,kultur, politik yang lebih luas. Sehingga tidak heran bila pengertian gender saat ini lebih luas dan fleksibel, bahkan masih menjadi topik pembahasan.

3. Macam Gender

Nah, bagaimana dengan macam-macam gender? Secara tradisional atau pada umumnya, masyarakat hanya mengakui dua peran atau dua macam gender yaitu, feminin dan maskulin. Keduanya juga masing-masing berkaitan dengan jenis kelamin perempuan dan laki-laki.

Ketika seorang bayi lahir, masyarakat menempatkan bayi itu ke dalam satu gender berdasarkan tampilan organ genitalia mereka. Akan tetapi, beberapa masyarakat di dunia memiliki kelompok gender yang tidak terpatok pada jenis kelamin biologis.

Kelompok ini disebut juga dalam sosiologi sebagai gender ketiga, yang terpisah dari kondisi jenis kelamin biologis, atau interseks. Orang interseks adalah orang yang lahir dengan variasi karakteristik seks seperti kromosom, kelenjar kelamin, hormon, atau organ genitalia yang tidak padan dengan definisi umum mengenai laki-laki atau perempuan.

Itulah arti gender yang bisa KLovers ketahui dan pahami. Bukan hanya mengetahui arti gender secara umum saja, namun juga ada pula sejarah dari gender dan macam-macam dari gender yang bisa kalian ketahui dan pahami.

(kpl/gen/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI