Apa Arti Deskripsi di KBBI? Ketahui Ciri-Ciri, Jenis, Contoh dan Cara Menyusunnya

Rabu, 24 November 2021 17:33 Penulis: Nurul Wahida
Apa Arti Deskripsi di KBBI? Ketahui Ciri-Ciri, Jenis, Contoh dan Cara Menyusunnya
Ilustrasi (credit: pexels.com)


Kapanlagi Plus - Ada beragam jenis paragraf berdasarkan isinya yang dikenal dalam pelajaran bahasa Indonesia. Salah satunya jenis teks atau paragraf deskripsi. Lalu sudah tahukah kalian apa arti deskripsi?

Berbicara tentang apa arti deskripsi, jenis teks ini dapat menjelaskan atau menggambarkan objek atau suatu hal dan peristiwa secara detail serta rinci. Sehingga pembaca seolah-olah bisa merasakan, melihat, mendengar, meraba berdasarkan kata-kata yang dipaparkan.

Tidak heran kalau apa arti deskripsi bisa merangsang panca indra pembaca ketika menjumpai teks deskripsi. Selain itu, teks deskripsi juga dibagi lagi ke dalam beberapa jenis. Karena itulah untuk memahami apa arti deskripsi lebih lengkap, berikut ini ulasannya yang perlu kalian ketahui.

Adapun apa arti deskripsi menurut kamus dan secara bahasa dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber. Selain itu, kalian juga bisa melihat contoh paragraf deskripsi untuk memudahkan menyusun teks deskripsi.

1. Apa Arti Deskripsi di KBBI?

Mengetahui jenis-jenis teks tentunya juga penting kalian kenali. Salah satunya jenis teks deskripsi yang kerap dijumpai dalam pelajaran bahasa Indonesia. Apalagi dalam sebuah teks deskripsi juga terbagi lagi ke dalam beberapa klasifikasi. Lalu sudah tahukah kalian apa arti deskripsi di KBBI?

Memahami apa arti deskripsi memudahkan kalian mengenali jenis tulisan. Sebenarnya tak terlalu sulit memahami makna apa arti deskripsi. Sedangkan apa arti deskripsi dapat dilihat dari beberapa sudut pandang. Pertama ada apa arti deskripsi secara bahasa. Selanjutnya ada juga, apa arti deskripsi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Nah, secara bahasa apa arti deskripsi berasal dari kata describere berarti menggambarkan atau memberikan suatu hal. Sementara menurut KBBI, apa arti deskripsi adalah pemaparan atau penggambaran dengan kata-kata secara jelas dan rinci. Apa arti deskripsi di KBBI juga dapat berarti uraian atau menguraikan. Itulah apa arti deskripsi di KBBI dan secara bahasa yang perlu kalian ketahui. Sehingga memudahkan memahami apa arti deskripsi dan maknanya jika menjumpai jenis teks ini dalam sebuah paragraf.

2. Apa Arti Deskripsi dalam Paragraf

Setelah tahu apa arti deskripsi di KBBI, kalian mungkin saja pernah menjumpai jenis teks deskripsi. Ya, pada dasarnya apa arti deskripsi dalam paragraf adalah memaparkan kata-kata dengan jelas serta rinci. Sehingga apa arti deskripsi dalam paragraf membuat pembacanya dapat membayangkan objek, karakter, tempat, kelompok dalam kata-kata.

Apa arti deskripsi dalam paragraf juga bertujuan untuk menggambarkan sebuah informasi secara jelas sehingga pembaca seolah-olah bisa merasakan, melihat, mendengar dan mengalaminya. Apa arti deskripsi tersebut dapat dikatakan juga bahwa teks deskripsi bisa berpengaruh pada panca indra pembaca.

Misalnya saja contoh teks deskripsi tentang makanan pedas, seolah-olah bisa membuat pembaca merasakan sensasi pedas ataupun mencium aroma pedas melalui kata-kata yang dipaparkan atau digambarkan. Itulah apa arti deskripsi dalam paragraf yang juga termasuk ke dalam jenis paragraf berdasarkan isinya.

3. Ciri-Ciri Teks Deskripsi

Apa arti deskripsi akan lebih mudah dikenali jika mengetahui ciri-cirinya. Ya, ada beberapa ciri-ciri teks deskripsi yang penting kalian ketahui. Ciri-ciri teks deskripsi di bawah ini semakin memudahkan kalian memahami apa arti deskripsi dalam sebuah paragraf. Langsung saja simak ulasannya tentang ciri-ciri teks deskripsi.

1. Menjelaskan, memaparkan, menggambarkan suatu objek.

2. Isi paragraf yang menjelaskan objek dilakukan secara rinci atau detail.

3. Pembaca dapat merasakan, melihat, mendengar, ataupun mengalami berdasarkan apa yang ditulis atau digambarkan dalam teks deskripsi.

4. Teks berisikan penjelasan dengan kata khusus seperti ukuran, warna, ciri fisik, bentuk, aroma, angka, peristiwa, atau data berdasarkan objek yang dipaparkan.

5. Dapat merangsang panca indra pembaca saat membaca jenis teks deskripsi baik itu pendengaran, penciuman, pengecapan, peraba, penglihatan.

6. Penggunaan kata-kata dalam teks deskripsi biasanya menggunakan kata sinonim dengan emosi kuat.

7. Biasanya memunculkan kata ganti orang dalam jenis teks deskripsi.

8. Penggunaan majas juga sering dijumpai dalam teks deskripsi dengan tujuan untuk memberikan gambaran yang nyata dan seolah-olah benar-benar ada.

4. Jenis-Jenis Teks Deskripsi

Selain itu ada juga beberapa jenis-jenis teks deskripsi yang terbagi dalam sejumlah klasifikasi. Adapun jenis-jenis teks deskripsi tersebut dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini.

1. Jenis Teks Deskripsi Subjektif: apa arti deskripsi subjektif adalah jenis teks deskripsi yang menggambarkan objek menurut kesan yang dimiliki penulis. Artinya berdasarkan subjektif atau pandangan si penulis. Selain itu apa arti deskripsi subjektif bisa disebut juga sesuai dengan penafsiran penulis, kesan, pesan dan apa yang dirasakan penulis.

2. Jenis Teks Deskripsi Objektif: apa arti deskripsi objektif bisa dibilang berlawanan dengan jenis subjektif. Ya, teks deskripsi objektif berarti pemaparan, penggambaran, atau penjelasan suatu hal tersebut berdasarkan objeknya. Misalnya saja menggambarkan suatu hal atau seseorang dengan mengungkapkan identitas dari objek tersebut.

3. Jenis Teks Deskripsi Spasial: apa arti deskripsi spasial adalah teks yang melukiskan tentang ruang dan tempat berlangsungnya peristiwa.

Itulah jenis-jenis teks deskripsi yang terbagi dalam tiga klasifikasi. Sehingga dengan mengetahui jenis-jenis teks deskripsi tersebut bisa memudahkan kalian mengenalinya dalam sebuah tulisan atau paragraf.

5. Cara Menyusun Teks Deskripsi

Teks deskripsi bisa digunakan untuk memaparkan atau menggambarkan beragam hal mulai dari peristiwa, tempat, benda, seseorang, dan seterusnya. Di mana pada intinya apa arti deskripsi adalah bisa membuat pembacanya membayangkan apa yang dituliskan dalam teks tersebut.

1. Sementara untuk menyusun teks deskripsi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Karena itulah di bawah ini ulasan tentang cara menyusun teks deskripsi yang perlu kalian ketahui. Langsung saja simak penjelasan tentang cara menyusun teks deskripsi.

2. Tentukan Objek yang akan kalian buat untuk teks deskripsi. Sehingga memudahkan kalian menuliskan, memaparkan, dan menggambarkan objek. Termasuk mengumpulkan informasi dan data-data penting terkait objek.

3. Pastikan tujuan teks yang akan ditulis sehingga pesan dan informasi dapat sampai kepada pembaca secara mudah. Hal ini membantu kalian dalam menulis teks deskripsi secara rinci dan jelas.

4. Kumpulkan data-data penting terkait apa yang akan ditulis. Sehingga memudahkan kalian menuliskan secara rinci, detail, dan jelas terkait objek tersebut.

5. Rangkai kerangka tulisan untuk memudahkan mengembangkan tulisan yang akan kalian buat.

6. Contoh Paragraf Deskripsi

Tak lengkap rasanya kalau hanya memahami apa arti deskripsi tanpa dilengkapi contohnya. Karena itulah berikut ini contoh singkat dari paragraf deskripsi yang memudahkan kalian membuat teks deskripsi. Langsung saja simak contoh paragraf deskripsi sebagai berikut.

Bunga mawar adalah jenis tanaman semak berduri. Tingginya bisa menjulang hingga 5 meter. Selain itu, bunganya biasanya memiliki lima helai daun yang bergerigi di bagian samping. Kelopak bunga mawar memiliki beragam warna yakni merah, kuning, putih, merah jambu. Aromanya sangat wangi dan indah ketika mekar.

Itulah contoh paragraf deskripsi yang singkat. Beberapa ulasan tentang apa arti deskripsi semoga bisa memudahkan kalian memahami makna dan arti dari teks deskripsi.

Sumber: Liputan6.com dan sumber lainnya

(kpl/gen/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI