Arti Platform dari Pengertian hingga Jenisnya, Ketahui Juga Platform Digital yang Sedang Populer Saat Ini

Sabtu, 03 Desember 2022 11:11 Penulis: Dhia Amira
Arti Platform dari Pengertian hingga Jenisnya, Ketahui Juga Platform Digital yang Sedang Populer Saat Ini
(credit: pexels.com)


Kapanlagi Plus - Di era digital saat ini, ungkapan platform menjadi sebuah hal yang tidak asing lagi tentunya. Namun, apakah kalian sudah mengetahui apa sih arti platform itu sebenarnya?

Ya, tentu bagi kalian yang penasaran nih dengan apa arti platform, maka artikel berikut ini akan menjelaskannya. Beserta dengan jenis-jenis platform, hingga platform apa saja yang saat ini populer.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini penjelasan tentang arti platform, beserta jenis-jenis platform, dan platform yang sedang populer saat ini.

 

1. Arti Platform secara Umum

Secara umum, arti platform adalah sekelompok teknologi yang digunakan sebagai dasar di mana aplikasi, proses, atau teknologi lain dikembangkan. Platform mendefinisikan standar di mana suatu sistem dapat dikembangkan.

Setelah platform ditentukan, pengembang perangkat lunak dapat menghasilkan perangkat lunak yang sesuai dan manajer dapat membeli perangkat keras dan aplikasi yang sesuai. Istilah ini sering digunakan sebagai sinonim dari sistem operasi.

Dan secara bahasa, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) pengertian platform adalah sebuah program, rencana kerja, sebuah pernyataan dari kelompok partai tentang program kebijakan, sampai dengan mimbar, pentas, atau panggung.

 

2. Jenis-Jenis Platform

Nah, setelah mengetahui apa sih arti platform, kalian juga perlu tahu jenis-jenis platform beserta dengan pengertiannya. Dan berikut ini jenis-jenis platform yang bisa KLovers ketahui beserta pengertiannya.

1. Platform Komputasi

Platform komputasi atau disebut platform digital atau platform komputer adalah sistem operasi dan perangkat keras komputer. Contoh platform komputasi adalah laptop modern yang menjalankan Windows sebagai sistem operasi.

Istilah platform sering digunakan ketika mengacu pada jenis sistem komputer apa yang akan menjalankan program perangkat lunak tertentu. Misalnya, komputer Dell yang menjalankan Windows XP. Sebaliknya, iMac berjalan pada platform Macintosh.

2. Platform Standar Komputasi

Platform standar komputasi adalah seperangkat standar yang memungkinkan pengembang perangkat lunak untuk mengembangkan aplikasi perangkat lunak untuk platform. Standar yang sama memungkinkan pemilik dan manajer untuk membeli aplikasi dan perangkat keras yang sesuai.

Jadi, untuk menjalankan program pembukuan di komputer, seseorang harus membeli aplikasi perangkat lunak pembukuan yang dikembangkan untuk platform yang akan digunakannya.

3. Platform Lintas

Istilah platform lintas mengacu pada aplikasi, format, atau perangkat yang bekerja pada platform yang berbeda. Misalnya, lingkungan pemrograman lintas platform memungkinkan pemrogram mengembangkan program untuk banyak platform sekaligus.

4. Platform Browser

Platform browser merupakan sebuah pihak ketiga yang dijalankan sebagai bagian dari peramban. Sehingga, beberapa browser sekarang disebut sebagai platform karena mereka digunakan sebagai basis untuk menjalankan program perangkat lunak aplikasi lain.

5. Platform Mobile

Platform Mobile pada dasarnya adalah platform yang memungkinkan perangkat lunak dan layanan dijalankan pada perangkat. Contoh platform seluler tersebut seperti Palm, BlackBerry, iPhone, Android dan Windows Mobile.

Sistem operasi seluler menyediakan alat yang memungkinkan aplikasi berbagi data dan layanan. Saat ini, perangkat seluler baru seperti smartphone dan tablet memiliki perangkat lunak dan perangkat kerasnya sendiri.

Sehingga, mereka beroperasi secara independen dari sistem lain dan mampu menjalankan aplikasi, alat, dan perangkat lunak mereka sendiri. Dan hal ini dapat dianggap sebagai platform secara efektif.

6. Platform Digital

Dan jenis platform yang terakhir ada platform digital. Jenis platform ini merupakan kumpulan perangkat lunak dan beberapa aplikasi juga terkadang disebut sebagai platform digital. Misalnya, SQL adalah aplikasi database yang sering digunakan sebagai lingkungan untuk menjalankan alat lain untuk CRM, analitik, dan manajemen log. Selain itu, kumpulan aplikasi tiga sumber terbuka Elasticsearch, Logstash, dan Kibana membentuk ELK Stack, platform yang digunakan untuk tujuan pencatatan.

 

3. Platform Paling Populer

Nah, setelah mengetahui apa arti platform dan jenis-jenis platform, kalian perlu tahu nih platform apa saja sih yang saat ini sedang populer. Ya, Indonesia sendiri ada loh beberapa platform media sosial yang begitu populer dan berikut ini daftarnya.

1. YouTube

YouTube adalah sebuah situs atau platform yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan, menonton, dan membagikan video secara publik. YouTube menjadi tempat terbaik untuk berbagi video pada penonton ke seluruh dunia. Dan menjadi sebuah hiburan paling populer saat ini.

2. WhatsApp

WhatsApp Messenger adalah aplikasi pesan untuk ponsel cerdas. WhatsApp Messenger merupakan aplikasi pesan lintas platform yang memungkinkan kita bertukar pesan tanpa pulsa, karena WhatsApp menggunakan paket data internet. Baik itu memberikan pesan teks, suara, file dokumen, foto, atau video.

3. Facebook

Facebook merupakan layanan jejaring sosial media yang memungkinkan pengguna untuk saling terhubung dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia. Melalui Facebook, pengguna dapat saling berinteraksi dengan pengguna lain seperti membuat status, membagikan foto dan video, menambahkan teman, membuat halaman pribadi (fanspage), membuat grup atau komunitas, hingga berkirim pesan melalui fitur messenger.

4. Instagram

Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto dan video yang memungkinkan pengguna mengambil foto, mengambil video, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri.

5. Twitter

Twitter adalah layanan jejaring sosial dan mikroblog daring yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks. Dan untuk saat ini Twitter banyak dimanfaatkan sebagai media kampanye politik, dijadikan sebagai sarana protes, sarana pembelajaran, hingga media komunikasi darurat.

Itulah penjelasan tentang arti platform yang bisa KLovers ketahui dan pahami. Bukan hanya penjelasan tentang arti platform saja, namun juga ada jenis-jenis hingga platform yang saat ini begitu populer di Indonesia.

 

(kpl/gen/dhm)



MORE STORIES




REKOMENDASI