Arti Bahasa Jepang Aisatsu dan Contohnya bagi Pemula

Jum'at, 02 Desember 2022 13:22
Arti Bahasa Jepang Aisatsu dan Contohnya bagi Pemula
Ilustrasi (Credit: Unsplash)


Kapanlagi Plus - Bagi seorang pemula, mempelajari arti bahasa Jepang aisatsu merupakan hal yang penting. Materi ini perlu diperhatikan di samping kalian mempelajari tentang huruf yang berbeda dari bahasa Indonesia.

Arti bahasa Jepang aisatsu bisa dipahami sebagai salam atau sapaan. Jepang menjadi negara yang mementingkan norma sehingga hal ini juga perlu diperhatikan secara serius.

Nah, jika kalian tertarik untuk mempelajari arti bahasa Jepang aisatsu dan contohnya bagi pemula. Silakan simak informasi selengkapnya berikut ini.

 

1. Arti Bahasa Jepang Aisatsu

Aisatsu merupakan materi yang penting untuk dipelajari oleh pemula. Arti bahasa Jepang aisatsu adalah salam. Salam menjadi salah satu yang paling penting atau paling diperhatikan di Jepang. Seseorang bahkan dinilai dari caranya mengucapkan salam.

Jika mengucapkan "selamat pagi" atau "selamat tidur" kepada saudara serumah merupakan hal yang tak lazim di Indonesia, di Jepang tidak demikian. Justru hal itu merupakan kebiasaan yang wajar. Aisatsu atau salam dalam bahasa Jepang bukan sekadar ohayou, sayonara, dan sebagainya. Namun, aisatsu merupakan salam yang diucapkan saat kalian bertemu kenalan, keluarga, atau orang yang baru ditemui.

Hal ini juga berkaitan dengan perkenalan diri ketika pertama kali bertemu dengan seseorang. Bisa dikatakan bahwa aisatsu adalah norma-norma yang berlaku di dalam kehidupan bermasyarakat. Norma ini juga berkaitan dengan gerakan membungkuk, mengangguk, bersalam, berpelukan, dan semacamnya. Tak hanya kata-kata, aisatsu adalah seluruh tindakan yang berhubungan dengan cara mengekspresikan suara, gerakan tangan, gerakan tubuh, ekspresi, dan sikap.

 

2. Contoh Bahasa Jepang Aisatsu

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, arti bahasa Jepang aisatsu memiliki banyak jenis. Bahkan tak hanya terbatas pada kata-kata. Nah, materi tentang aisatsu berdasarkan waktu bisa menjadi hal pertama yang dipelajari bagi pemula.

- Ohayou gozaimasu

Arti Ohayou gozaimasu adalah "selamat pagi". Dalam keluarga Jepang, aisatsu ohayou gozaimasu juga diucapkan seorang anak kepada orang tua saat baru bangun tidur.

- Konnichiwa

Arti konnichiwa adalah "selamat siang" yang digunakan saat bertemu dengan seseorang pada siang hari. Aisatsu ini juga sering diartikan sebagai sapaan "halo" atau "hai". Biasanya, salam ini dipakai saat bertemu orang yang belum terlalu dekat.

- Konbanwa

Selanjutnya, ada konbanwa yang berarti "selamat malam". Namun, salam ini hanya bisa diucapkan saat masih ada kegiatan (tidak dapat digunakan sebagai ucapan selamat tidur).

- Oyasuminasai

Arti oyasuminasai adalah "selamat malam" untuk diucapkan saat sudah tidak ada kegiatan. Dengan kata lain, ini menjadi ucapan selamat tidur.

 

3. Contoh Bahasa Jepang Sederhana

Selain arti bahasa Jepang aisatsu seperti yang sudah dijelaskan di atas, masih ada pula salam sapaan sehari-hari. Misalnya, selamat tinggal, sampai jumpa, dan lain sebagainya. Agar lebih jelas, yuk simak informasi selengkapnya berikut ini.

-Selamat tinggal: sayonara.

-Sampai jumpa lagi: atodene.

-Sampai jumpa besok: mata ash'ta.

-Sampai jumpa minggu depan: mata raisu.

-Mengucapkan selamat tinggal kepada rekan kerja: osakini shitsure shimass.

Selanjutnya, ada ucapan lain yang tak kalah penting, yakni terima kasih. Frasa yang kerap digunakan untuk mengucapkan terima kasih adalah "arigato" atau "arigato gozaimasu" untuk mengatakan "terima kasih banyak".

Selain itu, ada pula ucapan terima kasih berbeda di wilayah Jepang. Misalnya, di wilayah Kansai menggunakan "okini". Nah, untuk berterima kasih kepada seseorang atas kebaikan atau bantuannya, silakan gunakan "o-sewani nalimashta".

 

4. Kosakata Lain Bahasa Jepang

Tak hanya ucapan salam seperti di atas, masih ada beberapa kosakata lain bahasa Jepang yang perlu kalian ketahui. Penjelasan selengkapnya, silakan simak informasi berikut ini.

- Kosakata Bahasa Jepang tentang Pekerjaan

Jaanarisuto: Jurnalis

Kisha: Wartawan

Shinbun-kisha: Wartawan koran

Henshuu-sha: Editor

Shashin-ka: Fotografer

Anaunsaa: Penyiar

Repootaa: Reporter

Aatistuo: Artis

Komedian: Komedian

Enjinia: Insinyur

Kenchiku-ka: Arsitek

Shoosetsu-ka: Novelis

Ongaku-ka: Musisi

Kosakata Bahasa Jepang tentang Keluarga

Kazoku: Keluarga

Ryoushin: Kedua orang tua

Chichi: Ayah

Haha: Ibu

Kyoudai: Saudara kandung

Shimai: Saudara perempuan

Ani: Kakak laki-laki

Ane: Kakak perempuan

Otouto: Adik laki-laki

Imouto: Adik perempuan

Fuufu: Suami istri

Otto: Suami

Tsuma: Istri

Oji: Paman

Oba: Bibi

- Kosakata Bahasa Jepang tentang Makanan

Tabemono: Makanan

Shoukhin: Bahan makanan

Gohan: Nasi

Komugiko: Tepung terigu

Pan: Roti

Niku: Daging

Butaniku: Daging babi

Toriniku: Daging ayam

Gyuuniku: Daging sapi

Sakana: Ikan

Gyoniku: Daging ikan

Yasai: Sayur-sayuran

Kudamono: Buah-buahan

Tamago: Telur

Sooseeji: Sosis

- Kosakata Bahasa Jepang yang Populer di Anime

Ohaiyou gozaimasu atau ohayou: Selamat pagi

Nani: Apa

Konnichiwa: Selamat siang

Arigato: Terima kasih

Onii-chan: Kakak laki-laki

Nii-chan: Kakak laki-laki (menunjukkan rasa kasih sayang)

Irasshaimase: Selamat datang

Moshi moshi: Halo

Konbawa: Selamat malam

Itadakimasu: Selamat makan (ungkapan yang diucapkan sebelum makan)

Gochisousama deshita: Itu adalah pekerjaan yang sangat berat untuk menyiapkan makan (ungkapan yang diucapkan sesudah makan)

Souka/soka: Saya mengerti

Hai!: Ya

Hontou/hontou ni: Sungguh-sungguh

Kawaisou/kawaisou ni: kasihan atau menyedihkan

Nah, KLovers itulah penjelasan tentang arti bahasa Jepang aisatsu dan contohnya yang bisa kalian pahami.

 

(kpl/gen/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI