Arti Spoiler Bocoran dalam Suatu Cerita, Ketahui Jenis-Jenis dan Hukum yang Bisa Menjeratnya

Jum'at, 19 November 2021 19:22 Penulis: Puput Saputro
Arti Spoiler Bocoran dalam Suatu Cerita, Ketahui Jenis-Jenis dan Hukum yang Bisa Menjeratnya
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Bagi pengguna media sosial, kata atau istilah spoiler tentu sudah tidak asing lagi. Pasalnya, di media sosial seperti twitter hingga instagram kata ini sering kali seliweran. Istilah spoiler sering kali disematkan pada postingan yang menampilkan foto atau potongan video berisi adegan dalam sebuah film atau drama series. Lantas, apa sebenarnya arti spoiler?

Spoiler mungkin memang sudah jadi satu kata yang cukup familiar belakangan ini. Istilah spoiler sebenarnya sangat lekat dengan dunia perfilman. Namun, istilah ini kini tak saja dikenal di kancah perfilman, kata spoiler justru populer lewat media sosial. Meski sudah tergolong sebagai kata yang populer, tetap tak bisa dipungkiri, arti spoiler masih asing bagi sebagian orang khususnya mereka yang tidak aktif di media sosial.

Nah, untuk tahu lebih lanjut apa arti spoiler, simak ulasan berikut yang telah kapanlagi.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Arti Spoiler

Spoiler merupakan kata bahasa Inggris yang belakangan populer dan biasa dipakai oleh masyarakat Indonesia, baik secara langsung maupun di media sosial. Dilansir dari situs oxfordlearnersdictionaries.com, kata spoiler mempunyai beberapa arti mulai dari yang berkaitan dengan dunia otomotif, penerbangan, hingga media. Namun, secara khusus arti spoiler yang dikenal publik adalah yang berhubungan dengan suatu cerita.

Masih menurut situs oxfordlearnersdictionaries.com, arti spoiler yang berhubungan dengan cerita adalah informasi yang diberikan atau dibocorkan seseorang, tentang apa yang akan terjadi dalam film, serial televisi, dan sebagainya. Spoiler dalam film atau serial televisi tersebut bisa muncul bahkan sebelum jadwal penayangan resmi.

Selain itu, spoiler juga bisa dengan mudah menyebar. Spoiler dapat muncul dalam wujud apapun, baik secara tulisan, gambar atau foto, potongan video, atau bahkan mulut ke mulut. Oleh karena itu, saat ini spoiler suatu film atau series bisa dengan mudah dijumpai di berbagai platform media sosial.

2. Dampak Spoiler dalam Cerita

Bagi sebagian orang spoiler bisa menjadi hal yang menyebalkan karena akan mengurangi antusiasme dan kesenangan dalam mengikuti jalan suatu cerita. Tak jarang orang yang menerima spoiler akan menjadi malas menonton film maupun membaca suatu cerita secara utuh. Sebab bagi orang tersebut, keseluruhan jalan cerita telah mereka dapatkan dari pihak yang memberikan spoiler.

Tapi sebaliknya, ada pula orang merasa diuntungkan dengan adanya arti spoiler. Bagi sebagian orang spoiler justru bisa jadi cara untuk menjawab rasa penasaran akan kelanjutan suatu cerita dalam film atau series. Spoiler juga sering kali membuat seseorang merasa bisa menghemat waktu. Lantaran, penikmat spoiler merasa tidak perlu dan harus mengikuti suatu jalan cerita dari awal sampai akhir.

3. Jenis-Jenis Spoiler

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, spoiler bisa ditemukan dalam beragam bentuk. Mulai dari mulut ke mulut, tulisan, hingga postingan potongan video di media sosial. Oleh karena itu, di keseharian hampir setiap orang pasti pernah menjumpai spoiler, bahkan sekalipun belum memahami arti spoiler yang sebenarnya.

Jika diklasifikasikan berdasarkan jenis dan tingkatan, ternyata ada beberapa jenis spoiler yang bisa kita jumpai di keseharian. Berikut jenis-jenis spoiler tersebut.

1) Spoiler Tanpa Sengaja

Ada beberapa orang yang memberikan bocoran suatu cerita atau spoiler tanpa sengaja. Biasanya, hal ini terjadi ketika seseorang tersebut mempunyai antusiasme yang tinggi tentang suatu cerita dalam film atau buku. Sehingga tanpa sadar, dari yang semula hanya menyarankan buku, film akhirnya justru kecepelosan dan menceritakan isinya secara lengkap.

2) Spoiler Akut

Spoiler akut merupakan sebutan untuk orang yang dengan sengaja membocorkan isi cerita atau jalan cerita demi kesenangan dan kepuasan pribadi. Biasanya spoiler akut akan mencari momen menonton rilis film pertama kali. Dengan memberikan spoiler, seorang yang tergolong spoiler akut akan merasa bahwa dirinya adalah orang yang serba tahu segala informasi secara detail terkait cerita dalam film tersebut.

3) Spoiler Karena Tuntutan Pekerjaan

Ada juga jenis spoiler yang dengan sengaja membocorkan isi cerita dikarenakan tuntutan pekerjaan. Contoh pekerjaan yang menggeluti yang kerap jadi spoiler jenis ini ialah kritikus. Biasanya, spoiler jenis ini akan ditandai dengan label "Spoiler Alert!". Sehingga, orang-orang yang tidak berkeinginan mendapati spoiler bisa menghindarinya.

4. Jerat Hukum Penyebar Spoiler

Setelah mengetahui arti spoiler dan jenis-jenisnya, kita bisa pahami bahwa spoiler merupakan suatu hal yang bisa saja ilegal atau melanggar hukum. Sehingga, tentu ada aturan hukum yang bisa saja menjerat pelaku penyebar spoiler.

Salah satu undang-undang yang bisa menjerat penyebar spoiler ialah Undang-Undang Hak Cipta. Dalam Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2009 tentang Perfilman: Pasal 40 ayat (1), yang bunyinya: "Barang siapa dengan sengaja mengedarkan, mengekspor, mempertunjukkan dana atau menayangkan film sebagaimana dimaksud dalam pasal 33 ayat 6 dipidana penjara paling lama 5 tahun dana tau denda paling banyak Rp50.000.000.00, (lima puluh juta rupiah)."

Sementara jika spoiler disebarkan melalui media sosial, pelaku juga bisa dijerat dengan Undang-Undang ITE. Berdasarkan hukum undang-undang tersebut, setiap orang yang melakukan hal tersebut, dapat diancam pidana 10 tahun dan/atau denda Rp 4 Miliar.

Itulah di antaranya ulasan tentang arti spoiler, berikut jenis-jenisnya dan jerat hukum bagi yang menyebarkannya. Semoga bermanfaat, bisa menambah wawasan, dan dapat membuat kita menjadi lebih bijaksana!

 

(kpl/gen/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI