Arti Tremor: Pengertian, Jenis, Penyebab Hingga Cara Mencegahnya

Penulis: Dhia Amira

Diterbitkan:

Arti Tremor: Pengertian, Jenis, Penyebab Hingga Cara Mencegahnya
Ilustrasi (credit: Pixabay)

Kapanlagi.com - Tremor kerap kali dialami oleh sebagian orang. Tremor merupakan jenis penyakit yang bisa dialami karena berbagai hal. Namun apa sih arti tremor tersebut? Ya, tremor adalah gerakan gemetar tidak terkendali yang terjadi secara berulang, tanpa disadari, dan terjadi di satu atau beberapa bagian tubuh.

Biasanya tremor paling sering terlihat dan terjadi di tangan. Sehingga hal ini bisa menyulitkan untuk beberapa orang, karena sulit untuk melakukan suatu pekerjaan secara fokus. Namun selain di tangan, gerakan gemetar ini juga bisa terjadi di bagian tubuh yang lain, seperti kaki ataupun kepala. Sehingga ini harus dilakukan pengobatan bila serius.

Untuk itu, dilansir dari berbagai sumber inilah arti tremor yang bisa kalian pahami. Beserta dengan pencegahan dalam tremor, jenis tremor, dan penyebab dari tremor. Yuk langsung saja kalian cek KLovers.

1. Pengertian Tremor

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa, arti tremor adalah gerakan gemetar tidak terkendali yang terjadi secara berulang, tanpa disadari, dan terjadi di satu atau beberapa bagian tubuh. Tremor terjadi akibat adanya gangguan di bagian otak yang berfungsi mengatur pergerakan otot.

Tremor dapat dialami sesekali atau terus-menerus. Kondisi ini juga dapat muncul sebagai salah satu gejala dari penyakit lain. Sehingga tremor tidak bisa dianggap remeh ya KLovers. Apalagi bila hal tersebut terjadi karena terus-menerus. Bahkan bila tremor terjadi di bagian tubuh yang lain, seperti kaki dan kepala.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Penyebab Tremor

Tremor bisa terjadi karena berbagai hal. Ya, penyebab tremor bukan datang tanpa alasan ya KLovers. Ada banyak penyebab yang terjadi pada kalian yang sering mengalami gejala tremor. Penyebab tremor terkadang bisa timbul karena mengalami gangguan kesehatan tertentu yang berisiko menyebabkan gemetar. Misalnya saja berkaitan dengan penyakit ginjal, stroke ataupun parkinson. Berikut ini adapun penyebab tremor tersebut:

1. Faktor Genetik

Penyebab tremor yang pertama dapat terjadi karena faktor genetik. Ini terjadi pada tremor esensial yang diketahui berkaitan dengan pengaruh faktor genetik. Melansir dari mayoclinic.org, tremor esensial diturunkan dari riwayat keluarga. Dalam hal ini jika memiliki orang tua dengan mutasi genetik untuk tremor esensial maka kemungkinan besar juga dapat mengalami hal serupa.

2. Gangguan Kecemasan

Penyebab tremor selanjutnya dapat terjadi karena mengalami gangguan kecemasan. Seperti diketahui rasa cemas seringkali timbul karena beragam faktor pemicu seperti rasa takut, marah, emosi ataupun panik. Salah satu pertanda tubuh saat mengalami kecemasan dapat dikenali dengan mudah dengan tangan gemetar.

3. Mengalami Multiple Sclerosis

Penyebab tremor lainnya adalah mengalami multiple sclerosis. Multiple sclerosis adalah kondisi yang dialami karena gangguan saraf pada otak, mata dan tulang belakang. Kondisi ini bisa menimbulkan gangguan gerakan tubuh termasuk tremor. Selain gemetar, gangguan gerakan yang timbul juga meliputi beberapa kondisi yakni ketidakseimbangan tubuh, ataupun mati rasa.

4. Efek Samping Obat

Melansir dari ninds.nih.gov, jenis obat seperti obat asma, amfetamin, kortikosteroid, dan obat untuk gangguan kejiwaan diketahui dapat menimbulkan gejala tremor pada bagian tubuh.

5. Penyakit Parkinson

Penyakit Parkinson biasanya memiliki gejala tremor yang terjadi pada tangan baik salah satu ataupun keduanya. Kondisi ini akan meningkat saat tubuh mengalami stres ataupun tingkat emosi berat. Penyakit Parkinson sendiri merupakan gangguan kesehatan yang menyebabkan kerusakan sel saraf di bagian otak yang berpengaruh terhadap gerakan tubuh.

6. Kurang Vitamin dan Nutrisi

Dalam hal ini apabila vitamin dan nutrisi dalam tubuh tidak terpenuhi, maka tidak menutup kemungkinan dapat menyebabkan tubuh rentan terhadap beragam jenis gangguan kesehatan. Melansir dari hellosehat.com, penyebab tremor juga bisa dialami karena kekurangan vitamin B1 dan magnesium. Sebab vitamin B1 dapat membantu meringankan tangan gemetar dan menenangkan saraf.

7. Stroke

Stroke berkaitan dengan tremor yang dialami karena menyebabkan kerusakan pada neurologis yang memicu terjadinya tremor. Sebab stroke iskemik adalah kondisi yang membuat seseorang mengalami penyumbatan aliran darah mencapai otak.

8. Kafein Berlebih

Kandungan kafein pada minuman tertentu juga bisa menjadi penyebab tremor dialami. Salah satunya yang cukup kuat dengan kandungan kafein yakni seperti kopi ataupun teh yang bisa memicu terjadinya tremor. Kondisi ini dapat dialami ketika tubuh terlalu banyak konsumsi kafein baik ditemukan dalam minuman, makanan bahkan obat tertentu.

3. Jenis Tremor

Selain mengetahui arti tremor dan penyebabnya, kalian juga perlu tahu dengan jenis-jenis pada tremor. Ya, ternyata tremor memiliki banyak sekali jenisnya loh KLovers. Dan dilansir dari alodokter.com, berikut ini beberapa jenis tremor yang bisa kalian ketahui:

1. Tremor Esensial

Tremor esensial adalah jenis tremor yang paling sering terjadi. Belum diketahui secara pasti penyebab dari tremor ini, namun umumnya tremor berkaitan dengan faktor keturunan. Seseorang dengan orang tua yang menderita tremor esensial lebih berisiko mengalami kondisi yang sama.

2. Tremor Parkinson

Tremor ini muncul sebagai bagian dari gejala penyakit Parkinson. Kondisi ini umumnya dialami orang yang berusia di atas 60 tahun. Tremor pada penyakit Parkinson umumnya memiliki tipe resting tremor, yaitu muncul saat istirahat.

3. Tremor Distonik

Tremor distonik terjadi pada orang-orang yang mengalami dystonia. Tremor ini dapat terjadi dibagian tubuh mana pun dan ditandai dengan bagian tubuh yang bergerak secara memutar dan berulang. Kondisi ini biasanya akan berkurang setelah istirahat.

4. Tremor Psikogenik

Tremor ini disebabkan oleh gangguan mental, seperti depresi dan gangguan stress pascatrauma (PTSD). Tremor ini dapat terjadi di bagian tubuh mana pun secara tiba-tiba. Tremor akan terlihat lebih parah ketika penderita sedang tertekan dan membaik setelah stres mereda.

5. Tremor Serebelum

Tremor ini disebabkan oleh kerusakan pada otak kecil (serebelum). Kondisi ini bisa terjadi akibat penyakit stroke, tumor, atau multiple sclerosis.

6. Tremor Ortostatik

Pada jenis tremor satu ini belum diketahui penyebab pasti dari tremor ortostatik. Tremor ini ditandai dengan kontraksi pada otot kaki yang terjadi sesaat setelah berdiri dan akan mereda ketika seseorang mulai mengangkat kaki, berjalan, atau duduk.

7. Tremor Fisiologis

Dan jenis tremor yang terakhir yaitu ada tremor fisiologis. Ya, pada tremor jenis ini umumnya disebabkan oleh adanya penyakit di luar sistem saraf, seperti tirotoksikosis atau hipoglikemia. Tremor jenis ini akan mereda dengan sendirinya setelah penyebabnya diatasi.

4. Pencegah dan Pengobatan Tremor

Tremor bukan sebuah penyakit yang bisa kalian anggap ringan ya KLovers. Karena kita tidak mengetahui ada hal apa dibalik terjadinya tremor pada tubuh. Sehingga kalian bisa melakukan pencegahan dan pengobatan agar tremor pada tubuh bisa berkurang ataupun menghilang. Dan berikut ini pencegahan dan pengobatan yang bisa kalian lakukan pada penyakit tremor tersebut:

1. Pencegahan

Dalam pencegahan ini, kalian bisa melakukan berbagai cara agar tremor bisa menghilang. Kalian bisa melakukan olahraga ringan, misalnya mengangkat barbel untuk memperkuat otot-otot di pergelangan tangan. Selain itu ada pula tidur dan beristirahat yang cukup, sebab kelelahan bisa memicu timbulnya tremor.

Bahkan hal-hal yang lain juga kalian perlu kurangi ya KLovers. Misalnya saja menghindari diri dari pikiran yang membebani agar tidak stres. Mengurangi stres bisa membantu mengurangi risiko tremor. Dan terakhir mengurangi konsumsi minuman yang mengandung kafein dan memperbanyak konsumsi air mineral.

2. Pengobatan

Kalian juga bisa melakukan sebuah pengobatan pada tubuh yang mengalami tremor. Pengobatan yang selama ini dilakukan bertujuan untuk mengurangi tremor dengan cara mengobati kondisi yang menjadi penyebab tremor, sesuai hasil diagnosis dokter. Ada beberapa pengobatan yang bisa kalian lakukan, misalnya saja seperti Fisioterapi, operasi otak, mengonsumsi obat-obatan tertentu, dan melakukan penyuntikan botox.

Itulah arti tremor. Bukan hanya mengetahui arti tremor saja, kalian juga bisa mengetahui tentang pencegahan dalam tremor, jenis tremor, dan penyebab dari tremor.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending