Awas, Momo Challenge Ajak Anak-Anak Bunuh Diri Lewat Pesan WhatsApp!

Sabtu, 04 Agustus 2018 14:18 Penulis: Natanael Sepaya
Awas, Momo Challenge Ajak Anak-Anak Bunuh Diri Lewat Pesan WhatsApp!
Momo Challenge © twitter.com/guardiacivil

Kapanlagi Plus - Akrabnya hubungan anak-anak dengan gadget saat ini sudah menjadi hal yang sangat biasa. Hanya saja, pengawasan dari pihak orang tua pun tetap jadi hal yang patut diperhatikam, mengingat akses informasi dan berbagai konten yang tidak sesuai dengan usia anak-anak semakin mudah menyebar.

Seperti Momo Challenge yang sekarang ini tengah menyita perhatian banyak orang karena persebarannya melalui platform WhatsApp dan ditujukan untuk anak-anak perempuan di usia 12 tahun. Seperti dilansir dari Fox News, Momo Challenge meminta setiap calon korbannya untuk menambah kontak di WhatsApp dan mengajak mereka untuk menyakiti diri sendiri atau bunuh diri.

Cukup mirip dengan Blue Whale Challenge, di mana tantangan tersebut jadi penyebab utama banyaknya laporan bunuh diri di Russia dan Amerika. Menurut laporan dari The Buenos Aires Times, Kepolisian di Argentina tengah menyelidiki apakah Momo Challenge memang terkait dengan kasus bunuh diri seorang anak perempuan berusia 12 tahun di kawasan Escobar atau tidak.

© twitter.com/UIDIFGETabasco© twitter.com/UIDIFGETabasco

Gadis perempuan itu merekam aksinya gantung diri dari sebuah pohon di halaman belakan rumahnya. Pihak berwajib mencurigai kalau ada seseorang yang mendorongnya untuk melakukan tindakan bunuh diri. Bahkan menurut Kepolisian di Meksiko, Momo Challenge pertama kali dimulai di grup Facebook, di mana orang-orang diajak untuk berkomunikasi dengan nomor telepon asing.

Selain itu Unit Investigasi Kejahatan Komputer di negara bagian Meksiko, Tabasco, mereka yang berkomunikasi dengan nomor asing itu akan mendapat panggilan dengan gambar kekerasan yang disusul perintah. Kalau penerima tantangan ini menolak mengikuti perintah permainan, dirinya akan mendapat ancaman.

Avatar yang digunakan dalam permainan ini juga adalah gambar seorang perempuan dengan bentuk wajah yang aneh dan memiliki mata melotot. Hanya saja potret creepy tersebut sebenarnya hanya karya Midori Hayashi yang merupakan seorang seniman asal Jepang dan digunakan oleh oknum tidak bertanggung jawab. Beberapa laporan mencatat kalau Momo Challenge banyak terjadi di Meksiko, Argentina, Amerika Serikat, Perancis dan Jerman.

Polisi Nasional Spanyol sendiri saat ini memperingatkan agar masyarakat, khususnya anak-anak, untuk mengabaikan tantangan asing yang menyebar melalui WhatsApp. "WhatsApp sangat peduli dengan keamanan setiap penggunanya. Caranya mudah untuk memblokir nomor telepon di WhatsApp dan kami menghimbau para pengguna untuk melaporkan pesan asing agar kami bisa melakukan tindakan," ujar salah satu juru bicara WhatsApp dalam sebuah statement yang dikirim pada Fox News.

(fox/ntn)

Editor:

Natanael Sepaya



MORE STORIES




REKOMENDASI