Biogas Adalah Gas Hasil Fermentasi Bahan Organik, Ketahui Sumber, Komposisi Hingga Manfaatnya Bagi Kehidupan

Rabu, 08 September 2021 15:22 Penulis: Dhia Amira
Biogas Adalah Gas Hasil Fermentasi Bahan Organik, Ketahui Sumber, Komposisi Hingga Manfaatnya Bagi Kehidupan
Ilustrasi (credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Biogas adalah sumber energi alternatif berupa gas, yang dihasilkan dari fermentasi bahan organik atau limbah organik, seperti kotoran manusia atau kotoran hewan. Saat ini biogas memang menjadi sebuah sumber alternatif murah dan lebih ramah lingkungan. Bahkan biogas ini bisa menjadi sebuah sumber energi baru untuk kegiatan rumahan.

Ya, bahkan biogas ini mulai dikembangkan di beberapa negara, termasuk negara maju yang menggunakan biogas sebagai energi alternatif untuk listrik. Sehingga tidak ada salahnya bagi kita mengetahui dan mengembangkan sumber energi ini bagi kehidupan sehari-hari. Bahkan untuk biaya, tentu saja biogas sangat murah. Sehingga cocok digunakan dalam kegiatan sehari-hari.

Bagi kalian yang ingin mencari tahu tentang biogas lebih lagi, maka berikut ini ada beberapa hal yang perlu kalian ketahui seperti pengertian, sumber biogas, dan manfaatnya. Yuk langsung saja dicek KLovers.

 

 

1. Pengertian Biogas

Untuk pembahasan pertama, kita bisa mulai dari pengertian biogas. Ya, biogas adalah sumber energi alternatif berupa gas, yang dihasilkan dari fermentasi bahan organik atau limbah organik, seperti kotoran manusia atau kotoran hewan.

Hal ini karena, bahan organik yang digunakan mengalami pembusukan karena bakteri anaerob, atau bakteri yang hidupnya tanpa oksigen. Gas yang dihasilkan dari biogas yang berasal dari bahan organik, yang dekomposisi bahan organik secara tertutup dari udara bebas.

Tanpa adanya oksigen, yaitu berupa gas metana (CH4) dan karbondioksida (CO2). Berbeda dengan gas alam, biogas adalah sumber energi terbarukan, yang bisa diproduksi secara biologis melalui sistem pencernaan anaerobik. Sedangkan gas alam berasal dari bahan bakar fosil yang berasal dari proses geologi.

 

 

2. Sumber Biogas

Sumber biogas adalah bahan-bahan yang dapat dengan mudah kita temui di kehidupan sehari-hari. Bahan organik atau limbah organik, seperti kotoran manusia atau kotoran hewan bisa menjadi bahan utama dalam pembuatan biogas.

Kalian bisa menggunakan limbah rumah tangga seperti sisa makanan, kertas yang tidak terpakai atau kulit buah. Selain itu kalian bisa menggunakan sisa tumbuhan, rerumputan atau limbah pembuatan tahu, tempe, gula dan semacamnya. Kemudian kalian juga bisa membuatnya dengan menggunakan kotoran ternak.

Biogas bisa dibuat dengan menggunakan kotoran hewan ternak seperti sapi, kambing, kerbau, unggas dan ternak lainnya. Selain kotoran hewan, kalian juga bisa menggunakan kotoran manusia dalam pembuatan biogas ini. Kalian bisa ambil beberapa sampel feses untuk diproses, lalu dijadikan sebagai bahan membuat biogas.

 

 

3. Komposisi Biogas

Setelah mengetahui dari mana saja sumber yang dapat kalian gunakan dalam membuat biogas, kali ini kalian juga harus mengetahui komposisi dari biogas itu sendiri. Melansir dari jurnal UNDIP, komposisi biogas adalah pada jenis bahan baku yang akan digunakan. Paling umum terdapat gas metana (CH4) dan gas karbon dioksida (CO2) dengan sedikit hidrogen sulfida (H2S).

Komponen lain yang ditemukan dalam biogas, hanya kisaran konsentrasi kecil, di antaranya senyawa sulfur organik, senyawa hidrokarbon terhalogenasi, gas hidrogen (H2), gas nitrogen (N2), gas karbon monoksida (CO) dan gas oksigen (O2). Sehingga semua tergantung dari jenis bahan yang kita gunakan.

 

 

4. Manfaat Biogas

Selanjutnya ada pula manfaat biogas. Ya, tidak hanya memiliki manfaat berupa ramah lingkungan saja, nyatanya biogas memiliki banyak sekali manfaat lain. Dan berikut ini beberapa manfaat biogas:

1. Pembakaran biogas menghasilkan pengurangan bersih emisi gas rumah kaca.

2. Produksi biogas di peternakan mampu mengurangi polusi bau, serangga, dan patogen yang berasal dari timbunan kotoran tradisional.

3. Limbah hewan dan tumbuhan bisa digunakan untuk menghasilkan biogas.

4. Bahan bakar memasak atau penerangan listrik di rumah juga bisa menggunakan biogas.

5. Biogas dapat diproduksi dengan berbagai jenis bahan organik. Seperti air limbah kota, air limbah industri, limbah padat kota, dan limbah pertanian.

6. Biogas yang dihasilkan bisa digunakan sebagai bahan bakar transportasi. Ini telah banyak dipraktikan di Swedia.

Biogas adalah bahan bahar fermentasi yang sangat membantu kelangsungan hidup manusia. Baik itu dalam kegiatan sehari-hari, hingga untuk membantu pencemaran lingkungan agar lingkungan bisa lebih asri.

 

 

(kpl/gen/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI