Nambah Nafsu Makan, Ini 5 Tips Bekal Makan Siang Disukai Anak

Minggu, 27 September 2020 12:33 Penulis: Dhia Amira
Nambah Nafsu Makan, Ini 5 Tips Bekal Makan Siang Disukai Anak
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Anak memang sulit makan dan pemilih dalam makanan untuk dimakan, itulah mengapa memperhatikan makanan anak sangat penting. Dan bekal makan siang unik bisa menjadi cara untuk menambah nafsu makan anak.

Selain kita harus memperhatikan makanan yang akan dimakan oleh anak, kita juga wajib memperhatikan gizi yang terdapat pada makanan anak tersebut. Kira-kira apa saja ya makanan tersebut? Dilansir dari berbagai sumber, ini 5 cara membuat bekal makan siang unik yang bisa menambah nafsu makan anak. Yuk langsung saja dicek.

 

 

1. Anak Pilih Makanan Sendiri

Untuk membuat nafsu makan anak kembali dengan baik, maka kalian harus melibatkan anak dalam memilih makanan mereka sendiri. Karena saat anak tahu apa yang mereka ingin konsumsi, maka dapat meningkatkan makan si anak.

Kalian bisa mengajak anak pergi berbelanja untuk bekal makan mereka, dengan memberikan kebebasan memilih lauk serta sayuran yang akan mereka makan. Dengan begitu anak akan merasa senang, dan makanan akan dikonsumsi dengan baik.

2. Kombinasikan makanan

Tips selanjutnya agar menambah nafsu makan anak yaitu dengan mengkombinasikan makanan. Yup! Agar anak mendapatkan makanan bergizi, kalian harus pandai dalam memberikan kombinasi makanan.

Kalian bisa membuat olahan nugget dengan sayuran, atau rollade daging dengan jamur. Sehingga tidak hanya dapat memberikan rasa yang enak untuk dikonsumsi, tetapi juga dapat memberikan nutrisi lebih pada anak.

3. Tampilan Unik

Selain makanan yang enak untuk dikonsumsi, kalian juga bisa loh membuat tampilan unik pada bekal makanan anak. Dengan memberikan tampilan unik pada bekal makanan anak, maka anak akan senang melihat tampilan tersebut.

Tampilan yang lucu atau karakter yang mereka sukai, akan membuat anak lebih semangat untuk makan. Bahkan mereka akan mengonsumsi makanan tersebut walaupun makanan itu bukan makanan favorit mereka. Walaupun sedikit sulit, namun hal ini nyatanya berpengaruh bagi nafsu makan anak.

4. Makanan yang Mudah Dilahap

Selain bentuk yang unik, kalian juga harus memperhatikan juga loh ukuran dari makanan tersebut. Apakah makanan itu mudah untuk dikonsumsi atau tidak. Hal ini karena makanan yang mudah untuk dimakan, dapat mempermudah anak untuk makan dengan banyak.

Selain itu takaran makan anak juga harus di perhatikan ya KLovers. Karena makanan yang diberikan terlalu berlebihan juga akan membuat anak sulit untuk menghabiskan makanan tersebut dengan baik.

5. Perhatikan Gizi Seimbang

Dan yang terakhir yaitu, kalian harus memperhatikan gizi untuk bekal makanan tersebut ya KLovers. Dengan memperhatikan gizi dari bekal makanan anak, maka nutrisi pada anak juga akan terpenuhi.

Kalian bisa menambahkan sayuran, daging, dan juga buah pada bekal makan anak. Tapi perlu diingat bahwa makanan tersebut harus dengan kondisi yang terlihat baik, sehingga nafsu makan anak bertambah dan nutrisi yang diterima pun baik.

Itulah cara membuat bekal makanan anak yang unik dan baik, sehingga nafsu makan anak kembali normal. Sudah banyak sekali kreasi makanan yang dapat kalian pelajari dengan mudah di buku ataupun internet. Selamat mencoba.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI