Buzzer Adalah Orang Berpengaruh di Media Sosial, Ketahui Ciri-Ciri Hingga Cara Kerjanya

Rabu, 25 November 2020 18:44 Penulis: Puput Saputro
Buzzer Adalah Orang Berpengaruh di Media Sosial, Ketahui Ciri-Ciri Hingga Cara Kerjanya
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Perkembangan penggunaan media sosial sudah terjadi sejak beberapa tahun belakangan ini. Pemakaian media sosial yang sedemikian masif akhirnya juga membawa sejumlah dampak. Salah satu dampaknya, muncul berbagai profesi baru, buzzer jadi salah satu contohnya. Buzzer adalah sebutan untuk orang yang punya pengaruh di media sosial.

Dengan kekuatan atau pengaruh yang dipunya buzzer sering dimanfaatkan untuk mempromosikan suatu produk hingga pergerakan. Belakangan istilah buzzer sangat lekat dengan dunia politik. Buzzer sering disebut-sebut jadi penyebar berbagai isu terkait pemerintahan dan politik. Namun sebenarnya apa itu buzzer dan bagaimana cara mereka bekerja?

Dirangkum dari berbagai sumber, simak berikut ulasannya.

 

1. Pengertian Buzzer

Dalam bahasa Inggris, 'buzzer' berarti bel atau lonceng atau alarm. Jadi berdasarkan asal kata, buzzer adalah seperti lonceng dan alarm yang berfungsi untuk memanggil, mengumpulkan orang banyak untuk memberitahu sebuah pengumuman. Hal ini sesuai dengan kondisi saat ini, di mana buzzer yang biasa menyebarluaskan informasi di media sosial.

Berdasarkan asal kata dan kebiasaan tersebut, maka bisa disimpulkan bahwa buzzer adalah orang atau pengguna media sosial yang punya pengaruh. Buzzer biasa melayangkan tugasnya menyebarkan informasi melalui media sosial seperti Twitter, Facebook, dan Instagram.

Lewat media sosial, informasi, produk, atau gerakan yang dipromosikan buzzer bisa dengan cepat menyebar. Terlebih, di media sosial buzzer mempunyai jumlah pengikut yang banyak. Dengan begitu menyebarluaskan atau memviralkan tokoh, produk, isu bisa dilakukan secara masif dan cepat.

 

2. Ciri-Ciri Buzzer

Saat ini ada banyak sekali pengguna media sosial. Namun sebenarnya membedakan pengguna media sosial biasa dan buzzer bukanlah hal yang sulit. Pasalnya, ada sejumlah ciri-ciri yang bisa ditemukan pada akun-akun buzzer. Dilansir dari dream.co.id, berikut ini beberapa ciri-ciri dari buzzer.

1. Buzzer mempunyai cukup banyak pengikut atau followers. Banyaknya jumlah followers dan pengikut ini akan mempermudah tugas buzzer untuk menyebarkan informasi atau mempromosikan sesuatu.

2. Buzzer terbilang sangat aktif di media sosial. Mulai dari memposting, berkomentar, membagikan sebuah konten unik dan menarik kepada pengikut dilakukan oleh buzzer secara konsisten.

3. Seorang buzzer dibekali pengetahuan yang luas. Pengetahuan yang luas dari buzzer adalah hal penting. Pengetahuan luas diperlukan buzzer untuk memproduksi konten dengan bingkai informasi yang menarik.

4. Sering membuat konten menarik dan unik. Buzzer juga mempunyai kemampuan mengemas konten yang menarik dan unik. Hal ini berguna untuk mendapatkan banyak followers dan mempengaruhinya.

 

3. Tujuan Buzzer

Tujuan seorang buzzer adalah meyakinkan publik terhadap topik, produk dan tokoh yang dikampanyekan bisa lebih mudah tercapai. Namun di media sosial, buzzer tidak sembarang melempar isu. Buzzer yang punya pengetahuan luas pasti sudah mempersiapkan berbagai argumen pendukung yang kuat.

Karena tingkat keberhasilan buzzer yang tinggi dalam mengangkat topik isu, produk, dan tokoh membuat banyak pihak yang akhirnya mengajaknya bekerja sama. Banyak buzzer yang kemudian dibidik oleh tokoh, perusahaan atau lembaga untuk mengampanyekan kepentingan mereka di media sosial.

 

4. Cara Kerja Buzzer

Tugas utama dari buzzer adalah melakukan kampanye atau promosi. Entah itu untuk topik isu, produk, gerakan, atau bahkan untuk mengangkat popularitas seorang tokoh. Namun tak jarang pula, buzzer melakukan kampanye atau promosi untuk kebutuhan pribadi. Misalnya melakukan kampanye melek literasi dan lain sebagainya. Jadi, sebenarnya buzzer punya cakupan yang cukup luas dan tidak melulu di ranah politik.

Cara kerja buzzer sebenarnya bisa dibilang tak jauh beda dengan cara menggunakan media sosial pada umumnya. Hanya saja, mereka sangat fokus untuk bisa menyebarluaskan informasi. Bahkan, untuk mencapai hal itu para buzzer tak jarang sampai membuat ratusan akun palsu. Dengan begitu, informasi akan lebih mudah disebarluaskan.

 

5. Dampak Buzzer di Media Sosial

Keberadaan buzzer di media sosial tentu memberikan warna tersendiri di dunia maya. Bahkan tak saja di dunia maya, keberadaan buzzer juga sering menimbulkan keramaian di kehidupan nyata. Pasalnya, tak jarang topik isu yang disebarkan buzzer di media sosial termakan oleh masyarakat, hingga akhirnya menimbulkan kericuhan.

Terlebih, isu-isu yang berkaitan dengan politik pemerintahan. Buzzer tak segan menyebarkan propaganda untuk menyudutkan suatu pihak demi mengangkat pihak lainnya. Bahkan tak jarang, informasi penting bisa tertutup oleh informasi yang disebarkan buzzer. Tentu, hal ini sangat berdampak pada terhalangnya hak masyarakat untuk menerima informasi yang jernih dan terpercaya.

Itulah di antaranya sedikit ulasan mengenai buzzer adalah orang berpengaruh di media sosial. Semoga ulasan ini bisa memberi manfaat dan menambah pengetahuan.

 

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI