Cek Sekarang, 7 Macam Penyakit Ini Bisa Dilihat dari Kondisi Tangan

Selasa, 22 September 2020 09:11 Penulis: Dita Tamara
Cek Sekarang, 7 Macam Penyakit Ini Bisa Dilihat dari Kondisi Tangan
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Banyak dari bagian tubuh manusia yang bisa menunjukkan kondisi kesehatan, salah satunya dilihat dengan kondisi tangan. Jika selama ini kalian hanya mengetahui jika kondisi tubuh hanya bisa dilihat dari mulut, mata, atau kulit. Namun ternyata, kondisi tangan juga dapat menjadi tanda bagaimana kondisi kesehatan kalian saat itu.

Selain itu, kondisi tangan juga sebagai petunjuk dari beberapa perubahan kesehatan yang terjadi di dalam tubuh. Biasanya, sebelum memeriksakan ke dokter, deteksi dini penyakit merupakan hal terbaik yang bisa kalian lakukan untuk mencegah suatu penyakit.

Ya, kalian bisa melihat atau pun merasakan mulai dari telapak tangan, tekstur kulit, kuku jari, kelenjar keringat, dan pigmen, yang dapat membantu kalian memprediksi adanya gangguan kesehatan yang mungkin kalian alami. Meski banyak orang yang menyepelekan perubahan kondisi tangan yang bisa jadi pertanda penyakit berbahaya, mulai sekarang kalian juga harus mulai memperhatikan hal terkecil yang bisa kalian cek sendiri.

Nah, inilah sederet macam penyakit yang bisa kalian lihat dari kondisi tangan. Daripada penasaran, yuk langsung saja simak ulasan lengkap berikut ini.

1. Telapak Tangan Merah

Apabila tiba-tiba kalian menjumpai telapak tangan kalian memerah, bisa jadi hal tersebut menjadi gejala penyakit hati, yaitu sirosis hati. Kondisi memerahnya telapak tangan disebut juga dengan palmar eritrema. Biasanya kemerahan terletak di tepi luar telapak tangan. Alasan telapak tangan merah adalah perubahan keseimbangan hormonal yang menyebabkan pelebaran pembuluh darah.

2. Perubahan Warna Jari

Jika perubahan warna jari kalian menjadi pucat, maka hal tersebut menandakan jika kalian kekurangan darah. namun, apabila jari kalian berwarna ungu atau hitam, berarti kalian merasa kedinginan atau sedang stres. Perubahan suhu atau keadaan emosi yang tiba-tiba dapat memicu kondisi ini, yang menyebabkan hilangnya aliran darah ke jari atau jari kaki sementara.

3. Kuku Pucat

Pasti kalian pernah menjumpai jika kuku tiba-tiba berwarna pucat. Hal tersebut bisa menjadi tanda kalian mengalami anemia. Anemia sendiri merupakan kondisi kekurangan sel darah merah atau sel darah merah yang tidak berfungsi di dalam tubuh. Gejalanya, biasanya kalian akan mengalami kelelahan, sesak napas, pusing, detak jantung cepat.

Nah, salah satu gejala yang bisa kalian ketahui yaitu bisa dilihat dari kondisi tangan dimana kuku menjadi pucat. Untuk itu, rajinlah mengonsumsi makanan yang kaya zat besi seperti daging merah, sayuran hijau, serta kacang-kacangan.

4. Genggaman Tangan Melemah

Selanjutnya, kalian bisa melakukan sendiri apakah ada gangguan kesehatan di tubuh kalian atau tidak. Hal ini dilakukan dengan mempraktekkan sekuat apa genggaman tangan kalian. Apabila genggaman tangan kalian melemah, hal ini bisa jadi pertanda kalian mengalami penyakit jantung. Menurut sebuah penelitian, kekuatan cengkeraman dapat menjadi cara yang baik untuk menilai usia biologis dan kekuatan otot. Sebab, kekuatan cengkeraman tangan inilah yang dapat mengetahui seberapa sehat jantung kalian.

5. Ujung Jari Menggelembung

Kalian pasti pernah menjumpai seseorang yang ujung jarinya menggelembung. Nah, menggelembungnya ujung jari ini umumnya menjadi salah satu gejala gangguan kesehatan seperti penyakit paru-paru maupun jantung. Selain itu, menggelembungnya ujung jari itu sendiri disebabkan oleh kadar oksigen yang rendah dalam darah. Apabila kalian sudah melakukan deteksi dini, ada baiknya kalian juga segera melakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengetahui kondisi kesehatan tubuh kalian.

6. Telapak Tangan Berkeringat

Selain keringat, ada beberapa macam alasan mengapa telapak tangan sering berkeringat yaitu stres, atau tiroid yang terlalu aktif. Aktivitas kelenjar-kelenjar ekrin yang sangat banyak ini merupakan penyebab telapak tangan basah. Cara mengatasinya, kalian bisa mencuci tangan secara teratur, sedia tisu basah, taburi bedak bayi untuk menyerap keringat, serta hindari pemakaian sarung tangan yang menghambat pernapasan kulit.

7. Tangan Gemetar

Meski ada banyak hal yang bisa menyebabkan seseorang mengalami masalah di bagian tangan dan jari-jarinya. Namun jika kalian mengalami tangan gemetaran, ini bisa menjadi tanda penyakit parkinson. Penyakit ini ditandai dengan tangan yang mudah bergoyang ketika sedang beristirahat atau tidak melakukan aktivitas. Selain tangan mudah bergoyang, gejala lainnya yaitu kekakuan otot yang lebih lambat dari biasanya, berkurangnya kemampuan menulis, berbicara menurun dan sulit menjaga keseimbangan tubuh.

Itulah sederet kondisi tangan yang bisa mengetahui kesehatan kalian. Meski dapat membantu mendeteksi penyakit, namun tidak semua masalah kesehatan bisa terlihat pada tangan. Semoga Bermanfaat.

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI