Enak dan Berkhasiat Ini 7 Manfaat Kacang Mete untuk Kesehatan, Sehatkan Mata - Kulit

Jum'at, 07 Agustus 2020 10:11 Penulis: Nurul Wahida
Enak dan Berkhasiat Ini 7 Manfaat Kacang Mete untuk Kesehatan, Sehatkan Mata - Kulit
Manfaat kacang mete (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Bagi para penikmat makanan, kacang mete menjadi salah satu jenis kacang yang cukup banyak digemari masyarakat. Rasa gurih, renyah dan aroma yang nikmat membuat kacang mete jadi camilan favorit berbagai kalangan. Dibalik rasanya yang enak tersebut ada sejumlah manfaat kacang mete untuk kesehatan karena kandungan nutrisi di dalamnya.

Kacang mete sendiri berasal dari biji jambu monyet yang cukup populer jadi camilan serta konsumsi masyarakat. Kacang ini juga miliki sejumlah sebutan lain seperti kacang mede dan kacang mente. Tak hanya dikonsumsi jadi camilan, berbagai olahan makanan seperti cake dan roti cukup sering menggunakan kacang mete sebagai bahan tambahannya.

Diantara jenis kacang-kacangan lainnya kacang mete termasuk salah satu kacang yang berada pada kisaran harga terjangkau namun memberikan manfaat yang banyak bagi tubuh. Manfaat kacang mete tersebut berasal dari kandungan nutrisi di dalamnya yang bisa atasi sejumlah masalah kesehatan.

Lalu apa saja manfaat kacang mete untuk kesehatan?

Adapun manfaat kacang mete untuk kesehatan terangkum di beberapa ulasan di bawah ini. Setidaknya ada beberapa masalah kesehatan yang bisa diatasi dengan konsumsi kacang mete. Sebut saja seperti dapat sehatkan mata serta kulit. Berikut ini 7 manfaat kacang mete untuk kesehatan yang bersumber dari food.ndtv.com dan tarladalal.com.

 

1. Sehatkan Mata

Manfaat kacang mete untuk kesehatan yang pertama adalah dapat menyehatkan mata. Manfaat tersebut berasal dari kandungan nutrisi dalam kacang mete yang baik bagi indra penglihatan manusia. seperti diketahui sejumlah organ tubuh seiring berjalannya usia dapat mengalami tingkat penurunan yang cukup drastis.

Sehingga diperlukan berbagai upaya untuk menjaga kesehatan tubuh tersebut sedini mungkin. Salah satunya dapat diperoleh dari manfaat kacang mete dengan kandungan antioksidan cukup tinggi. Dimana antioksidan tersebut diketahui bernama Zea Xanthin yang bisa melindungi retina mata dari paparan sinar UV berbahaya. Mengutip dari food.ndtv.com senyawa antioksidan jenis ini dapat mencegah degenerasi makula yang bisa dialami seiring bertambahnya usia.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Tak hanya dapat sehatkan mata, manfaat kacang mete selanjutnya juga bisa menjaga kesehatan jantung dan mencegah sakit jantung. Dimana penyakit jantung termasuk salah satu jenis penyakit cukup berisiko tinggi menyebabkan kematian. Namun kondisi tersebut bisa diatasi dengan konsumsi makanan sehat yang baik bagi kesehatan jantung salah satunya kacang mete.

Mengutip dari  food.ndtv.com bersumber dari The National Centre for Biotechnology Informastion (NCBI) mengungkapkan bahwa kacang mete dapat membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. Dimana HDL sendiri berperan besar menyerap kolesterol dari jantung dan membawanya ke hati untuk di pecah. Penelitian lain juga mengungkapkan bahwa konsumsi kacang-kacangan bisa mengurangi risiko sakit jantung dan sejumlah penyakit berbahaya lainnya seperti kanker dan penyakit pernapasan.

3. Bantu Turunkan Berat Badan

Manfaat kacang mete untuk kesehatan rupanya juga efektif untuk membantu menurunkan berat badan. Tentunya sangat cocok untuk kalian yang tengah menjalankan program diet atau penurunan berat badan dengan konsumsi kacang mete. Sebab kandungan protein, serat, serta asam lemak omega 3 dapat membantu menurunkan berat badan berlebih. Kandungan nutrisi tersebut dapat membuat tubuh kenyang lebih lama hingga dapat bantu turunkan berat badan.

Sehingga selain enak dikonsumsi tentunya bisa menjaga kesehatan tubuh tetap stabil serta berat badan yang seimbang. Konsumsi 3-4 kacang mete sehari diklaim dapat membantu penurunan berat badan.

4. Menjaga Kesehatan Rambut

Manfaat kacang mete untuk kesehatan lainnya juga sangat cocok untuk merawat kesehatan rambut. Tentunya setiap orang ingin miliki rambut sehat dan indah untuk menunjang penampilan agar menawan. Salah satunya bisa diperoleh dari kandungan nutrisi kacang mete yang baik menjaga kesehatan rambut tersebut.

Diantaranya adalah dapat membuat rambut lembut, bercahaya hingga atasi kerontokan yang cukup banyak dialami sebagian orang. Selain dikonsumsi kacang mete untuk menjaga kesehatan rambut, ekstrak minyak kacang mete juga dapat diaplikasikan langsung pada kulit kepala.

5. Baik untuk Kulit

Kulit yang sehat dan cantik juga dapat diperoleh dari manfaat kacang mete untuk kesehatan. Sebab kandungan nutrisi dari kacang mete seperti protein dan antioksidan dapat berperan besar membuat kulit sehat dan cantik. Mulai dari cegah penuaan dini, menjaga elastisitas kulit dapat diatasi dengan konsumsi serta aplikasi kacang mete tersebut. Bahkan kacang mete juga mengandung selenium yang diketahui dapat membantu mencegah kanker kulit.

6. Sumber Serat

Makanan sumber serat memang sangat baik bagi tubuh terutama sistem pencernaan. Salah satunya kandungan nutrisi kacang mete yang miliki kandungan serat tinggi hingga dapat melancarkan sistem pencernaan dan mencegah sejumlah penyakit seperti yang erat kaitannya dengan pencernaan manusia. Namun perlu diketahui bahwa konsumsi kacang mete disarankan tidak berlebihan karena dapat menyebabkan kembung serta produksi gas berlebih.

7. Mencegah Kanker

Manfaat kacang mete juga diketahui dapat mencegah risiko kanker dalam tubuh. Sebab kacang mete mengandung proanthocyanidin sejenis senyawa yang dapat menghentikan pertumbuhan sel tumor. Sehingga dapat membantu menurunkan risiko kanker dalam tubuh bahkan mencegahnya kanker tersebut. Selain itu kandungan nutrisi lainnya seperti antioksidan, zat besi, tembaga dan seng bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah terserang penyakit.

Nah itulah 7 manfaat kacang mete untuk kesehatan bisa sehatkan mata hingga Kulit. Namun perlu diperhatikan untuk konsumsi kacang mete secara tidak berlebihan agar tidak menimbulkan masalah kesehatan lainnya. Selain itu agar kesehatan tubuh tetap terjaga diperlukan asupan sehat, olahraga serta gaya hidup sehat yang bisa membuat tubuh fit dan terbebas dari penyakit.

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI