5 Manfaat Buah Kesemek Bagi Kesehatan Tubuh, Mengurangi Penuaan Dini - Nutrisi mata

Penulis: Dhia Amira

Diperbarui: Diterbitkan:

5 Manfaat Buah Kesemek Bagi Kesehatan Tubuh, Mengurangi Penuaan Dini - Nutrisi mata
Manfaat buah kesemek (credit: Freepik)

Kapanlagi.com - Buah kesemek merupakan sebuah buah yang memiliki warna kuning dan juga jingga, serta menjadi salah satu buah yang unik. Hal ini karena buah kesemek memiliki taburan bubuk berwarna putih di tubuhnya.

Walaupun hal tersebut terlihat unik, tetapi buah kesemek memiliki rasa yang enak banget loh. Bahkan buah ini memiliki manfaat yang baik untuk memberikan nutrisi dan kesehatan untuk tubuh.

Kira-kira apa saja ya manfaat buah kesemek tersebut? Dilansir dari berbagai sumber, inilah 5 manfaat buah kesemek untuk kesehatan tubuh. Yuk langsung saja dicek.

 

 

1. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat buah kesemek yang pertama yaitu dapat menjaga kesehatan pada mata. Hal itu karena buah kesemek memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Di dalam buah kesemek terdapat 55% kandungan vitamin A.

Dan kandungan inilah yang baik untuk memberikan kesehatan serta nutrisi pada mata kalian. Selain itu kandungan vitamin A yang terdapat pada buah kesemek ini merupakan kandungan Lutein dan zeaxanthin yang dapat mengurangi risiko penyakit mata seperti, degenerasi makula.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat buah kesemek yang selanjutnya yaitu dapat meningkatkan sistem kekebalan di dalam tubuh. Hal itu karena di dalam buah kesemek terkandung banyak vitamin C. Dalam buah kesemek terdapat setidaknya 80% kandungan vitamin C yang baik untuk tubuh.

Dan kandungan vitamin C yang tinggi inilah, yang mampu meningkatkan sistem kekebalan di dalam tubuh. Jadi kalian bisa mengonsumsi buah kesemek sebagai nutrisi vitamin alami.

3. Mengurangi Penuaan Dini

Bagi kalian para wanita yang ingin memiliki wajah awet muda, maka kalian bisa memberikan manfaat buah kesemek ini pada kulit kalian. Hal itu karena buah kesemek mengandung sejumlah vitamin dan juga antioksidan yang baik untuk kulit wajah.

Selain itu kandungan vitamin A yang tinggi, beta karoten, lutein, likopen, dan cryptoxanthin akan menjadi senyawa yang penting untuk mencegah kerusakan oksidatif yang menyebabkan penuaan. Jadi bila kalian ingin memiliki kulit wajah yang awet muda, maka kalian dapat menggunakan buah kesemek.

4. Meningkatkan Sel Darah Merah

Manfaat buah kesemek yang selanjutnya yaitu dapat meningkatkan pertumbuhan sel darah merah. Hal ini karena di dalam buah kesemek terdapat kandungan vitamin B kompleks yang berperan penting dalam meningkatkan sel darah merah.

Vitamin B kompleks ini dapat menumbuhkan produksi sel darah merah atau dikenal dengan hemoglobin dengan sangat baik. Dan tentu saja vitamin B kompleks ini juga dapat meningkatkan sistem imun di dalam tubuh.

5. Anti Kanker

Dan manfaat buah kesemek yang terakhir yaitu dapat menjadi anti kanker. Ini karena di dalam buah kesemek terdapat antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas, serta melindungi sel-sel di dalam tubuh.

Selain itu kandungan antioksidan berupa flavonoid dapat membantu menurunkan risiko kanker paru akibat penuaan. Kemudian sebuah study menyatakan bahwa, tingginya beta karoten yang terdapat dalam buah kesemek dapat menurunkan risiko penyakit jantung, kanker paru, kanker usus, dan penyakit metabolik, seperti diabetes melitus tipe 2.

Itulah 5 manfaat buah kesemek bagi nutrisi dan juga kesehatan tubuh. Walaupun memiliki bentuk yang unik, nyatanya buah kesemek sangat enak untuk dikonsumsi, serta sangat baik bagi kesehatan tubuh kalian.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending