Bikin Nggak Percaya Diri, Ini 7 Cara Mengatasi Keringat Berlebih dengan Bahan Alami

Kamis, 06 Agustus 2020 18:11 Penulis: Dita Tamara
Bikin Nggak Percaya Diri, Ini 7 Cara Mengatasi Keringat Berlebih dengan Bahan Alami
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Pada dasarnya, ada beberapa tipe orang yang mudah sekali berkeringat. Munculnya keringat berlebih tentu saja membuat seseorang akan merasa terganggu dan bahkan menurunkan tingkat kepercayaan diri. Cara mengatasi keringat berlebih menjadi solusi yang tepat bagi kalian yang mengalami masalah tersebut. Sebab, bisa jadi keringat berlebih menjadi tanda adanya gangguan pada kesehatan kalian.

Umumnya, keringat yang keluar merupakan hal yang wajar, sebab terjadi suatu proses alami tubuh untuk menyesuaikan suhu tubuh dengan lingkungan sekitar. Normalnya, keringat pada seseorang akan keluar jika melakukan kegiatan yang cukup menguras energi, demam, merasakan emosi, hingga mengonsumsi makanan pedas. Namun, lain halnya jika kalian muncul keringat berlebih tanpa adanya suatu pemicu, kondisi tersebut dinamakan dengan hyperhidrosis.

Lalu, bagaimana cara mengatasi keringat berlebih? Daripada penasaran, yuk langsung saja simak ulasan lengkap berikut ini.

 

1. Kentang

Kentang rupanya tak hanya enak ketika dikonsumsi, akan tetapi kentang juga mempunyai khasiat yang tak kalah menarik seperti mengatasi minyak berlebih. Kenyang memang dapat menyerap keringat berlebih dan menjadikan pori-pori menutup.

Caranya, kalian iris tipis-tipis kentang. Setelah itu, gosokkan selembar tipis kentang ke area tubuh yang sering berkeringat selama beberapa menit. Lalu biarkan supaya sari kentang terserap dengan sempurna hingga kering.

2. Lemon

Lemon mempunyai khasiat yang baik untuk menjaga kesehatan kulit. Namun, tidak hanya itu saja, rupanya lemon juga bisa kalian manfaatkan untuk mengatasi keringat berlebih. Selain itu, air lemon juga memiliki manfaat menghilangkan bakteri penyebab bau badan.

Dengan mengoleskan air lemon di area tempat keluarnya keringat, maka keringat berlebihan bisa dikendalikan. Cara ini bisa kalian terapkan dua kali sehari pada sore atau malam hari. Pastikan, ketika menggunakan air lemon jangan sampai terkena sinar matahari ya.

3. Baking Soda

Tidak hanya untuk bahan pengembang pada makanan. Baking soda sudah dikenal sejak dulu mempunyai beragam manfaat yang baik bagi tubuh, salah satunya mengatasi keringat berlebih. Selain itu, baking soda dapat menyeimbangkan PH kulit sehingga keringat cepat kering.

Untuk mengaplikasikannya, pertama-tama taburkan baking soda ke ketiak atau bagian tubuh yang paling banyak mengeluarkan keringat. Lalu, diamkan selama 30 menit, sebelum kalian bilas dengan air bersih. Lakukan hal tersebut secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Tomat

Buah yang menyegarkan ini terbukti mempunyai banyak manfaat, salah satunya mengatasi minyak berlebih. Tomat dikenal sebagai bahan alami yang memiliki antioksidan sehingga dapat mengecilkan pori-pori kulit dan membuat keringat berlebih kalian berhenti. Caranya pun terbilang mudah, kalian hanya perlu mengaplikasikan tomat ke area tubuh yang banyak berkeringat. Setelah itu, diamkan selama 15 menit, dan bilas hingga bersih. Kalian juga bisa mengulang cara ini sebanyak 2 kali sehari.

5. Minyak Kelapa

Cara mengatasi keringat berlebih selanjutnya yaitu bisa menggunakan minyak kelapa. Selain mempunyai wangi yang lembut, kandungan asam laurat dalam kelapa ternyata bisa menghilangkan bakteri yang menimbulkan minyak berlebih. Cara pengaplikasiannya, kalian hanya perlu mengoleskan minyak kelapa ke bagian tubuh yang berkeringat. Setelah itu, biarkan selama 30 menit sebelum kalian membilasnya.

6. Teh Hitam

Cara mengatasi minyak berlebih selanjutnya, bisa kalian atasi dengan mengonsumsi teh hitam. Hal ini lantaran teh hitam mempunyai kandungan antioksidan dan antiperspirant. Caranya, cukup seduh 2 kantung teh hitam dengan air hangat selama 15 menit. Setelah itu, masukkan kain ke teh hitam dan gosokkan ke ketiak kalian. Kalian juga bisa menaruh kantung teh hitam yang sudah di seduh ke ketiak hingga beberapa menit, lalu bilas.

 

7. Jus Lobak

Selanjutnya, lobak salah satu sayuran yang bisa kalian manfaatkan untuk mengatasi minyak berlebih. Selain itu, lobak juga bisa dengan mudah di pasaran untuk kalian buat jus. Sebab, lobak memiliki fungsi alami untuk mengontrol produksi keringat berlebih. Meminumnya atau bahkan mengoleskan jus lobak di area tertentu tempat keringat muncul mampu membuat produksi keringat jadi terkontrol.

Itulah sederet cara mengatasi keringat berlebih secara alami yang bisa kalian coba di rumah. Selain cara di atas kalian juga mengatasinya dengan rajin mencukur bulu ketiak, hindari makanan yang bisa bikin munculnya keringat, pakai pakaian yang longgar, hingga gunakan sabun antibakteri. Semoga bermanfaat.

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI