Influencer Wannabe Wajib Tahu, Ini Waktu yang Tepat Posting Feed buat Tingkatkan Engagement Kamu

Jum'at, 17 Juli 2020 08:00 Penulis: Wuri Anggarini
Influencer Wannabe Wajib Tahu, Ini Waktu yang Tepat Posting Feed buat Tingkatkan Engagement Kamu
(c) Shutterstock


Kapanlagi Plus - Siapapun bisa kok menjadi influencer. Berawal dari rutin membuat postingan tentang rekomendasi barang-barang favorit, online shop dengan barang berkualitas atau menciptakan tren fashion terbaru, perlahan tapi pasti kamu bisa menjadi populer di berbagai platform media sosial. Tapi, tahu nggak sih kalau ada waktu terbaik buat posting sesuatu di medsos demi meningkatkan engagement kamu?

Yup, Twitter, Instagram, Facebook, YouTube, dan feed lainnya ternyata punya aturan mainnya sendiri. Beda platform, beda kebiasaan user-nya juga. Biar sukses membangun engagement dengan para followers, yuk cari tahu dulu waktu terbaik buat mengunggah konten di medsos kamu!

1. Twitter

Pergerakan di Twitter cenderung lebih cepat ketimbang medsos lainnya. Nggak sedikit user yang menggunakannya lebih dari 2-3 kali dalam jangka waktu 10 menit, mulai dari menulis status, membalas mention, retweet atau quote tweet.

Jika ingin membuat thread yang interaktif dan ramai komentar serta retweet dari user yang lain, posting di hari-hari kerja yang cenderung menghasilkan tingkat engagement yang tinggi, khususnya saat jam istirahat untuk makan siang, antara pukul 12 hingga 1 siang. Begitu juga saat jam pulang kerja sekitar 5-6 sore di mana banyak orang mulai mengecek akun medsosnya. Sebaliknya, hindari posting konten Twitter di hari Jumat di atas pukul 3 sore atau Minggu pukul 8 malam ke atas karena banyak orang mengambil break sejenak dari medsos.

2. Instagram

Fokus pada postingan foto dan video, Instagram kini banyak digunakan untuk berjualan produk dan jasa. Kalau ingin memanfaatkannya sebagai sarana memasarkan bisnismu, ketahui waktu terbaik untuk posting yaitu pada jam makan siang tepatnya pukul 11 hingga 1 siang dan sepulang kerja sekitar pukul 7 hingga 9 malam.

Di jam-jam tersebut, banyak orang beristirahat sambil mengecek media sosialnya, termasuk Instagram. Soal hari yang baik untuk mengunggah konten di Instagram, kamu bisa mencoba untuk posting di hari Senin, Rabu, Kamis dan Jumat. Tapi sebaiknya hindari hari Minggu yang dinilai punya traffic paling sepi, karena banyak orang memilih beristirahat dan menjauh dari ponselnya.

3. Facebook

Dengan pengguna aktif yang mencapai angka 2 miliar, Facebook wajib dilirik sebagai sarana digital marketing yang efektif. Menurut situs Falcon.io, waktu paling baik untuk posting di Facebook adalah antara pukul 12 siang hingga 4 sore yang menjadi waktu istirahat di tengah kesibukan bekerja.

Sedangkan hari terbaik untuk mendapatkan likes dan comment terbanyak jatuh pada hari Rabu, Kamis dan Jumat, khususnya pukul 9 pagi atau 8 malam saat sedang bersantai di rumah. Uniknya, jumlah interaksi per posting tertinggi pada hari Rabu, tapi brand justru jarang posting ke Facebook. Nah, kalau ingin meraih tingkat engagement yang lebih tinggi, nggak ada salahnya mengambil peluang tersebut.

4. YouTube

Kini, makin banyak yang tertarik terjun ke YouTube dengan ciri khas masing-masing, mulai dari unboxing, product review, memasak, vlog liburan, bahkan prank. Selain mengumpulkan keberanian dan kepercayaan diri untuk berbicara di platform video, cari tahu juga hari-hari yang tepat untuk mengunggah videomu biar dapat banyak view.

Kamis dan Jumat menjadi hari terbaik untuk posting, terutama pada pukul 12 siang hingga 4 sore di mana kebanyakan pengguna YouTube akan menontonnya sepulang kerja. Dibandingkan medsos lainnya, akhir pekan justru menjadi hari-hari dengan view terbanyak karena banyak orang yang bersantai sambil menonton YouTube. Jadi nggak ada salahnya untuk mengunggah videomu di hari Sabtu dan Minggu sekitar pukul 9-11 pagi.

5. DANA Feed

Belum sah jadi influencer kalau belum eksis di DANA Feed yang bisa kasih info update aktivitas transaksi apapun yang dilakukan di DANA. Tahu nggak sih, satu update DANA Feed dari kamu bisa kasih banyak informasi berguna buat teman sesama pengguna DANA? Biar kamu dapat engagement yang tinggi di platform ini, bagikan inspirasi merchant makanan apa yang lagi ada promo menarik sebelum jam makan siang dan jam makan malam. Dijamin status kamu bakal makin eksis di DANA Feed!

(c) Instagram/dana.id(c) Instagram/dana.id

Saat kamu bertransaksi menggunakan DANA, secara otomatis DANA Feed kamu akan langsung update dan menampilkan aktivitas tersebut kepada sesama pengguna DANA yang ada di kontakmu. Makin sering bertransaksi, status kamu akan semakin sering muncul di DANA Feed.

Cari tahu lebih banyak tentang DANA Feed di sini dan gunakan terus DANA kamu biar selalu update di DANA Feed.

(adv/eth/wri)

Editor:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI