Jadi Minuman Sehat, Ini 10 Manfaat Jus Seledri yang Jarang Diketahui

Kamis, 26 November 2020 10:22 Penulis: Dhia Amira
Jadi Minuman Sehat, Ini 10 Manfaat Jus Seledri yang Jarang Diketahui
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Seledri merupakan jenis sayuran yang sering digunakan sebagai bumbu masakan, untuk melengkapi cita rasa makanan. Seledri sangat mudah ditemukan di beberapa olahan makanan bahkan jus. Minuman yang satu ini begitu populer loh di kalangan orang-orang yang menerapkan pola hidup sehat. Memiliki kandungan rendah kalori, membuat manfaat jus seledri bahkan sering dijadikan sebagai minuman rutin saat orang sedang diet.

Selain itu jus seledri juga memiliki kandungan asam fenolik, flavonol, dihydrostilbenoids, furanocoumarin, dan pitosterol sebagai antioksidan. Itulah mengapa manfaat jus seledri untuk kesehatan tak perlu diragukan lagi. Bukan hanya kesehatan tubuh saja, namun juga kecantikan kulit kalian.

Selain itu jus seledri juga kaya akan vitamin K, vitamin A, vitamin C, Potasium, dan Folat. Dengan banyak kandungan di dalamnya, tidak heran bila jus seledri menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Kira-kira apa saja ya manfaat tersebut? Dilansir dari berbagai sumber, yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Meringankan Peradangan

Manfaat jus seledri yang pertama yaitu dapat mengurangi peradangan. Daun dan biji seledri memiliki sekitar 25 senyawa anti radang, yang mampu melindungi tubuh dari peradangan di dalam tubuh kalian.

Peradangan sebetulnya merupakan mekanisme tubuh dalam melindungi diri dari virus, bakteri, dan jamur. Namun terkadang peradangan justru terjadi ketika kekebalan tubuh yang seharusnya melindungi diri dari serangan virus, bakteri, dan jamur, malah menyerang tubuh sendiri.

Namun tenang KLovers, kalian bisa kok mengatasi masalah peradangan dengan menggunakan manfaat jus seledri. Hal itu karena seledri memiliki kandungan berupa luteolin yang bisa mengatasi masalah peradangan hingga alergi.

 

2. Mencegah Kanker

Manfaat jus seledri yang selanjutnya yaitu untuk mencegah kanker. Memiliki kandungan flavonoid yang disebut luteolin, nyatanya mengonsumsi jus seledri dapat memberikan manfaat anti kanker dan membuat sel-sel kanker lebih rentan terhadap serangan bahan kimia yang digunakan di dalam terapi. Lalu kandungan fenolik yang terdapat dalam seledri ini juga memiliki sifat antioksidan, sehingga mampu melawan radikal bebas.

Jika bosan dengan olahan jus seledri yang biasa-biasa saja, KLovers bisa loh mengolah daun seledri menjadi minuman segar. Caranya cukup mudah, kalian hanya perlu memasukkan daun seledri, daun ketumbar, serta gula cair ke dalam gelas. Tambahkan air perasan lemon, soda, es batu, dan blender. Selesai, kalian bisa mengonsumsi minuman ini secara rutin.

 

3. Menyehatkan Jantung

Jantung memang menjadi salah satu organ dalam yang wajib kalian jaga kesehatannya. Tetapi nggak perlu khawatir KLovers, kalian bisa kok menjaga kesehatan jantung dengan mengonsumsi jus seledri. Hal ini karena kandungan luteolin dalam jus seledri dapat mencegah kerusakan pada jantung.

Sehingga orang yang rutin mengonsumsi jus seledri akan berisiko lebih kecil mengalami serangan jantung, dan masalah yang berhubungan dengan kerusakan jantung lainnya. Dan menjadikan minuman ini sebagai salah satu minuman kesehatan yang aman untuk kesehatan jantung kalian.

 

4. Menstabilkan Tekanan Darah

Hipertensi atau darah tinggi memang sangat berbahaya untuk tubuh. Bila tidak di atasi dengan baik, maka akan mengakibatkan stroke hingga penyakit jantung. Namun tenang KLovers, kalian bisa kok mengatasi risiko hipertensi dengan menggunakan manfaat jus seledri.

Itu karena kandungan ekstrak heksana yang ada pada daun seledri berperan banyak dalam menurunkan tekanan darah. Selain itu, seledri juga memiliki kandungan berupa metanol. Dan ekstrak metanol inilah yang dapat meningkatkan sirkulasi dalam darah, mengurangi peradangan, dan membantu menurunkan tekanan darah. Sehingga dengan mengonsumsi secara rutin, daun seledri mampu mengatasi permasalahan hipertensi kalian.

 

5. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kemudian manfaat jus seledri yang lainnya yaitu dapat menjaga kesehatan pencernaan. Senyawa di dalam seledri yang dikenal dengan apiuman terbukti mengurangi rasa sakit saat maag dan mampu memperbaiki lapisan lambung. Selain itu kandungan air dan serat di dalam seledri juga dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Kalian bisa menambahkan daun seledri di setiap hidangan yang kalian makan. Seperti nasi goreng, tumis cumi, dan sup ayam. Bahkan kalian juga bisa mengolah seledri menjadi keripik, selain rasanya enak makanan tersebut juga menyehatkan.

 

6. Menurunkan Gula Darah

Bagi kalian yang menderita diabetes, maka kalian bisa loh menjadikan jus seledri sebagai salah satu menu minuman sehat. Hal ini karena, daun seledri dipercaya dapat dengan baik menurunkan gula darah di dalam tubuh.

Karena pada seledri terdapat kandungan vitamin A, vitamin C dan mineral. Selain itu seledri memiliki indeks glikemik rendah yang dapat memperlambat kenaikan gula darah. Sehingga jus seledri menjadi salah satu minuman aman yang sangat baik dikonsumsi kalian penderita diabetes.

 

7. Membuang Racun Di Tubuh

Setiap orang memiliki racun di tubuh mereka, sehingga hal ini membuat kita wajib mengeluarkan racun di dalam tubuh. Racun di dalam tubuh terjadi karena pola hidup tidak sehat, hingga polusi udara yang kita hirup setiap hari. Selain berolahraga, kalian juga bisa kok mengonsumsi jus seledri dalam membuang racun di dalam tubuh.

Hal ini karena seledri merupakan salah satu jenis sayuran yang banyak mengandung kalium, antioksidan, dan air. Berkat kandungan tersebut yang cukup tinggi, seledri bisa membuat tubuh lebih banyak membuang zat sisa dan racun melalui urine. Efek ini menjadikan seledri baik dikonsumsi untuk proses detoksifikasi sekaligus mencegah batu ginjal.

 

8. Meningkatkan Kesuburan

Manfaat jus seledri yang selanjutnya yaitu dapat meningkatkan kesuburan di dalam tubuh. Yup! Bagi kalian yang sulit dalam mendapatkan keturunan, kalian bisa loh menggunakan manfaat jus seledri dalam meningkatkan kesuburan kalian. Dan jus ini khusus untuk meningkatkan kesuburan bagi para kaum pria.

Dengan mengonsumsi jus seledri secara rutin, maka dapat meningkatkan kesuburan dengan mencegah kerusakan pada produksi sel sperma. Namun, jus seledri tidak boleh dikonsumsi berlebihan ya KLovers karena justru dianggap dapat menyebabkan infertilitas. Sebab pada seledri terdapat apigenin yang dapat menyebabkan penurunan kesuburan.

 

9. Menurunkan Berat Badan

Memiliki tubuh yang ideal memang menjadi idaman setiap orang. Selain berolahraga dan melakukan kegiatan diet, kalian juga bisa loh memasukkan jus seledri sebagai salah satu daftar menu diet yang wajib kalian konsumsi secara rutin. Dengan mengonsumsi jus seledri setiap hari sebelum sarapan, dengan ukuran sekitar 475 ml atau setara sembilan tangkai, diyakini dapat menurunkan berat badan kalian.

Hal itu karena, di dalam jus seledri terkandung multivitamin seperti, kalium, mangan, kalsium, magnesium, fosfor, vitamin seperti B6, A, C dan K, lalu folat yang dapat menurunkan berat badan secara maksimal. Jadi dengan begitu kalian dapat mengatasi berat badan secara berlebih dengan menggunakan jus seledri.

 

10. Atasi Penyebab Jerawat

Dan manfaat jus seledri yang terakhir yaitu dapat mengatasi penyebab jerawat. Kulit berminyak seringkali menyebabkan munculnya jerawat yang mengganggu kepercayaan diri seseorang. Sehingga mengatasi kulit berminyak menjadi salah satu hal penting dalam mengatasi penyebab jerawat berlebih.

Hal ini karena seledri kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh, khususnya kesehatan kulit. Sayuran yang satu ini sangat direkomendasikan bagi mereka yang memiliki masalah jerawat. Mengonsumsinya bisa membantu membersihkan kulit dan menghilangkan kotoran. Jadi bila kalian memiliki masalah kulit berjerawat bisa mengonsumsi jus seledri secara rutin.

Itulah 10 manfaat jus seledri untuk kesehatan tubuh yang jarang diketahui. Kalian bisa menjadikan jus seledri sebagai obat herbal untuk kesehatan tubuh kalian dengan mengonsumsinya secara rutin dan dengan kadar yang sesuai.

 

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI