Jaga Kesehatan, Ini 7 Camilan yang Harus Dihindari Penderita Diabetes

Sabtu, 21 November 2020 13:11 Penulis: Puput Saputro
Jaga Kesehatan, Ini 7 Camilan yang Harus Dihindari Penderita Diabetes
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Diabetes jadi salah satu penyakit mematikan yang paling ditakuti. Pasalnya, penyakit yang dipicu kadar gula darah tinggi ini bisa menyebabkan komplikasi. Alhasil, untuk bisa pulih dan tetap sehat penderita diabetes harus menerapkan pola hidup sehat. Bahkan, sejumlah makanan jadi pantangan bagi mereka. Termasuk, beberapa camilan yang harus dihindari penderita diabetes.

Ngemil atau memakan camilan sudah jadi kebiasaan bagi banyak orang. Ngemil paling nikmat jika dilakukan sambil ngobrol, nonton film, atau melakukan kegiatan santai lainnya. Meski ada sejumlah pantangan, bukan berarti penderita diabetes tidak bisa bersantai ngemil. Yang perlu dilakukan hanyalah memilih makanan yang tepat, dengan menghindari jenis camilan tertentu. Camilan apa sajakah itu?

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa jenis camilan yang harus dihindari penderita diabetes.

 

1. Biskuit

Camilan pertama yang harus dihindari penderita diabetes adalah biskuit. Hal ini dikarenakan rata-rata biskuit dibuat dengan bahan pemanis, sehingga mengandung gula yang cukup tinggi. Sehingga, bisa memicu kadar gula darah naik dan membahayakan kondisi kesehatan. Namun, jangan khawatir biskuit gandum masih relatif aman untuk dikonsumsi penderita diabetes.

 

2. Permen

Tentu sudah jadi rahasia umum, bahwa penderita diabetes harus menghindari makanan manis. Oleh karena itu, permen juga tergolong salah satu camilan yang harus dihindari penderita diabetes. Apalagi, permen juga mempunyai serat dan protein yang sangat rendah.

 

3. Yogurt Rasa

Yogurt dikenal sebagai salah satu produk turunan susu yang menyehatkan. Namun ternyata, yogurt kurang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Apalagi yogurt yang sudah ditambahkan perasa. Alasannya, yogurt mempunyai kandungan karbohidrat yang cukup tinggi. Jika tetap ingin mengonsumsinya, sebaiknya pilih jenis geek yogurt tanpa rasa. Jenis ini terbilang lebih aman, karena kandungan karbohidratnya yang relatif lebih rendah.

 

4. Keripik Kentang

Keripik kentang jadi salah satu camilan yang banyak disukai. Sayangnya, keripik kentang juga termasuk camilan yang harus dihindari penderita diabetes. Meski sudah melalui proses pengolahan, nyatanya keripik kentang tetap mengandung zat pati, karbohidrat olahan. Selain itu, tidak adanya kandungan serat juga membuat camilan ini kurang aman dikonsumsi penderita diabetes.

 

5. Buah-buahan Kering

Buah-buahan yang kaya akan vitamin selama ini jadi makanan yang dianjurkan untuk banyak dikonsumsi. Akan tetapi ternyata ada juga beberapa buah-buahan yang perlu dihindari penderita diabetes. Khususnya buah-buahan dalam kondisi dikeringkan. Sebab, buah-buahan kering yang kehilangan kadar air akan cenderung lebih manis. Sehingga, akan berbahaya dikonsumsi penderita diabetes.

 

6. Kerupuk

Selain jadi lauk atau pendamping makanan besar, sesekali kerupuk juga jadi camilan. Sayangnya, mengonsumsi kerupuk juga dipercaya bisa memicu naiknya kadar gula darah seseorang. Jadi, saat ngemil maupun makan sebaiknya perhatikan jumlah konsumsinya.

 

7. Pretzel

Sama seperti kerupuk, mengonsumsi pretzel ternyata juga bisa mengakibatkan kadar gula darah meningkat. Tapi tak perlu khawatir, kalian tetap bisa menikmati sajian yang satu ini. Tipsnya, kalian bisa menikmati pretzel dengan keju atau selai kacang. Hal ini akan menjadi nutrisi tambahan yang membuat pretzel lebih lambat dicerna.

Itulah di antaranya beberapa jenis camilan yang harus dihindari penderita diabetes. Semoga bermanfaat untuk pedoman menjaga kesehatan.

 

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI