10 Penyebab Kolesterol Tinggi, Bisa Berasal dari Makanan dan Pahami Juga Cara Mencegahnya

Sabtu, 21 November 2020 12:22 Penulis: Nurul Wahida
10 Penyebab Kolesterol Tinggi, Bisa Berasal dari Makanan dan Pahami Juga Cara Mencegahnya
Penyebab kolesterol tinggi (credit: frepeik.com)


Kapanlagi Plus - Penyebab kolesterol tinggi dapat berasal dari berbagai faktor. Namun umumnya kolesterol tinggi memang bisa meningkat akibat konsumsi makanan tertentu. Meski begitu sejumlah kebiasaan sederhana lainnya juga bisa memicu kolesterol berada pada ambang batas normal.

Kolesterol dapat bermasalah apabila berada pada kisaran angka lebih dari 200 mg/dL. Sebab pada jumlah normalnya kolesterol hanya berkisar pada angka kurang dari 200 mg/dL. Kondisi ini biasa dikenal dengan istilah kolesterol tinggi yang tidak dapat dianggap sepele. Seperti diketahui kolesterol dibagi dalam dua jenis yakni Low Density Lipoprotein (LDL) dan High Density Lipoprotein (HDL).

LDL sendiri juga dapat dikenal dengan kolesterol jahat sedangkan HDL sebagai kolesterol baik. Dalam hal ini LDL dengan jumlah tinggi dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan seperti tekanan darah, stroke, bahkan jantung. Ada beragam penyebab kolesterol tinggi yang bisa dialami setiap orang tanpa batas usia.

Sebagian besar meningkatnya kadar kolesterol tersebut dapat terjadi karena berasal dari konsumsi makanan tertentu. Gaya hidup tidak sehat juga berisiko tinggi terhadap peningkatan kadar kolesterol jahat. Untuk itu penting memahami penyebab kolesterol tinggi agar dapat mencegah sedini mungkin gangguan kesehatan tersebut.

Lalu apa saja penyebab kolesterol tinggi?

Adapun penyebab kolesterol tinggi terdapat dalam beberapa poin di bawah ini. Untuk lebih lengkapnya simak ulasan berikut terkait dengan penyebab kolesterol tinggi yang dirangkum dari berbagai sumber.

 

 

1. Penyebab Kolesterol Tinggi Karena Makanan Berlemak

Penyebab kolesterol tinggi yang pertama dapat terjadi pada setiap karena konsumsi makanan yang mengandung banyak lemak. Lemak yang dimaksudkan disini adalah lemak jenuh dan lemak trans yang menyebabkan meningkatnya kadar kolesterol dalam darah.

Sejumlah makanan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol diantaranya yakni gorengan, jeroan, kulit hewan, sosis, dan makanan cepat saji. Membatasi jumlah konsumsi makanan tersebut bisa kalian pertimbangkan untuk mencegah kolesterol tinggi.

2. Kolesterol Tinggi Karena Genetika

Penyebab kolesterol tinggi juga dapat terjadi karena faktor genetika. Faktor genetika tersebut dapat diturunkan dari orang tua pada anak-anak mereka. Genetika diketahui mungkin memiliki peluang berpengaruh terhadap kolesterol tinggi. Sehingga apabila orang tua memiliki riwayat kolesterol tinggi mungkin juga berpeluang pada kalian mengalami hal serupa. Melansir dari healthline.com, kolesterol tinggi juga dapat terjadi karena kelainan genetik disebabkan oleh hiperkolesterolemia familial. Kelainan genetik tersebut bisa mencegah tubuh menghilangkan LDL yang biasanya menyebabkan kadar kolesterol total berada pada kisaran angka 300 mg/dl dengan kadar LDL di atas 200 mg/dl.

3. Kolesterol Tinggi Karena Obesitas

Obesitas atau berat badan berlebih juga dapat memicu kolesterol tinggi yang menyebabkan sejumlah masalah kesehatan tertentu. Obesitas tersebut menyebabkan penumpukan lemak berlebih yang membuat tubuh mengalami kenaikan berat badan. Tak dapat dianggap sepele, obesitas bisa memicu masalah kesehatan seperti diabetes, jantung serta tekanan darah tinggi. Dalam hal ini obesitas juga dapat berisiko meningkatkan kolesterol tinggi.

4. Kolesterol Tinggi Jarang Olahraga

Penyebab kolesterol tinggi juga dapat terjadi karena kurangnya aktivitas fisik. Jarang melakukan olahraga bisa berdampak pada kondisi kesehatan tertentu termasuk berkaitan dengan meningkatnya kadar kolesterol dalam darah. Sebab olahraga ternyata dapat membantu meningkatkan HDL yang tak lain kolesterol baik. Kondisi tersebut akan berbalik apabila kalian jarang melakukan olahraga hingga berpotensi meningkatkan kadar LDL.

5. Kolesterol Tinggi Karena Merokok

Merokok juga dapat memicu kolesterol tinggi. Sebab rokok mengandung sejumlah senyawa yang ternyata dapat merusak organ tubuh tertentu seperti dinding pembuluh darah. Rusaknya dinding pembuluh darah tersebut membuat tubuh rentan mengalami penumpukan lemak. Sehingga merokok mungkin dapat memicu peningkatan kolesterol jahat atau LDL.

 

 

6. Kolesterol Tinggi Karena Usia

Usia juga cukup berpengaruh terhadap meningkatnya kolesterol tinggi dalam tubuh. Dimana seiring bertambahnya usia, risiko mengalami kolesterol tinggi juga akan meningkat. Sebab sejumlah organ tubuh mungkin mengalami penurunan fungsi hingga sebabkan beberapa masalah kesehatan tertentu termasuk meningkatnya kolesterol tinggi atau LDL dalam darah.

7. Kolesterol Tinggi Karena Diabetes

Penyakit diabetes juga dapat menyebabkan tubuh mengalami kenaikan kolesterol tinggi. Sebab diabetes erat kaitannya dengan gangguan kesehatan yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah. Tingginya kadar gula darah tersebut juga dapat memicu peningkatan kolesterol tinggi atau LDL. Dalam kaitannya dengan diabetes kolesterol tersebut disebut dengan lipoprotein densitas sangat rendah atau VLDL. Bahkan kolesterol baik atau HDL dapat menurun karena diabetes.

 

 

8. Kolesterol Tinggi Karena Makanan Manis

Sejumlah makanan manis juga dapat memicu tubuh meningkatkan kadar kolesterol. Sejumlah makanan manis seperti manisan dan minuman bersoda termasuk bisa berpeluang menyebabkan tingginya kadar kolesterol. Untuk itu konsultasi dengan dokter kesehatan dapat dipertimbangkan sebelum konsumsi makanan manis tersebut agar tak berdampak buruk pada kondisi tubuh.

9. Kolesterol Tinggi Karena Alkohol

Penyebab kolesterol tinggi juga dapat terjadi karena dampak buruk dari konsumsi alkohol. Alkohol dalam hal ini bisa meningkatkan sejumlah masalah kesehatan seperti berat badan berlebih, diabetes, kerusakan paru-paru, gangguan hati dan ginjal. Dimana sejumlah penyakit tersebut juga bisa memicu peningkatan kolesterol tinggi. Untuk itu membatasi konsumsi alkohol dapat dipertimbangkan agar tak berdampak buruk bagi kesehatan.

 

 

10. Kolesterol Tinggi Karena Penyakit Jantung

Penyakit jantung juga dikaitkan dengan kolesterol tinggi, dalam hal ini penyakit jantung koroner bisa memicu peningkatan kolesterol karena menumpuknya plak pada dinding arteri. Kondisi ini menyebabkan pengerasan pada arteri hingga sebabkan sumbatan pada aliran darah pada otot jantung seperti melansir dari webmd.com.

 

 

11. Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi

Setelah mengetahui penyebab kolesterol tinggi di atas, ada baiknya kalian juga memahami cara mengatasi kolesterol tinggi. Adapun cara mengatasi kolesterol tinggi sebagai berikut melansir dari berbagai sumber.

-Konsumsi air jeruk nipis dan jus anggur.

-Konsumsi kulit manggis yang memiliki khasiat menurunkan kolesterol tinggi.

-Konsumsi biji-bijian utuh yang mengandung nutrisi dan vitamin.

-Konsumsi buah alpukat secukupnya.

-Manfaatkan pepaya yang bisa menghambat oksidasi kolesterol dalam darah.

-Hindari makanan tinggi lemak.

-Rajin berolahraga serta menerapkan pola hidup sehat.

Nah itulah 10 penyebab kolesterol tinggi yang dapat kalian ketahui untuk mencegah kolesterol naik. Konsultasi dengan dokter diperlukan untuk mendapat penanganan tepat dan pencegahan sedini mungkin terkait kolesterol tinggi.

 

 

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI