10 Penyebab Perut Buncit, Bisa Karena Stres

Sabtu, 21 November 2020 11:33 Penulis: Nurul Wahida
10 Penyebab Perut Buncit, Bisa Karena Stres
Penyebab perut buncit (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Perut buncit menjadi salah satu kondisi yang tak diinginkan setiap orang. Penyebab perut buncit sendiri dapat terjadi karena beberapa faktor umum baik gaya hidup hingga kebiasaan sehari-hari. Beragam kejadian perut buncit bahkan membuat sejumlah orang resah lantaran kesulitan mengenakan model pakaian.

Perut buncit merupakan keadaan dimana perut terlihat lebih besar atau buncit karena adanya penumpukan lemak. Penumpukan lemak inilah yang menyebabkan perut terlihat besar dan buncit. Lemak tersebut dapat berada di bawah kulit hingga membuat bagian tubuh tertentu terlihat buncit.

Mengalami perut buncit tentunya bukan keadaan yang diharapkan setiap orang. Pasalnya sebagian besar dari mereka menginginkan tubuh ideal yang mendukung penampilan makin menawan. Tak hanya membuat penampilan makin memesona, tubuh ideal juga bisa memberi dampak bagi kesehatan tubuh.

Sayangnya ada sejumlah orang yang mengalami perut buncit karena beberapa faktor tertentu. Namun umumnya penyebab perut buncit dapat terjadi karena penerapan gaya hidup yang salah. Tak dapat dianggap sepele, perut buncit bisa menimbulkan risiko penyakit seperti tekanan darah tinggi, jantung serta kolesterol tinggi.

Lalu apa saja penyebab perut buncit?

Adapun penyebab perut buncit terdapat dalam beberapa poin di bawah ini. Untuk lebih lengkapnya mengenai penyebab perut buncit simak ulasannya sebagai berikut dirangkum dari berbagai sumber.

 

1. Penyebab Perut Buncit Karena Penumpukan Lemak

Penyebab perut buncit yang pertama adalah terjadi karena penumpukan lemak. Penumpukan lemak pada bagian perut ini menyebabkan perut terlihat besar atau membuncit. Dalam hal ini lemak yang dapat menyebabkan perut buncit yakni lemak trans. Lemak trans tersebut dapat dijumpai dalam sejumlah makanan kemasan, kue, ataupun gorengan. Melansir dari healthline.com, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa lemak trans bisa berpotensi menyebabkan kelebihan lemak pada perut yang diuji coba pada hewan.

 

2. Perut Buncit Karena Alkohol

Penyebab perut buncit juga dapat terjadi karena konsumsi alkohol. Konsumsi alkohol secara berlebihan dapat menimbulkan dampak negatif bagi tubuh salah satunya menyebabkan perut menjadi buncit. Sejumlah penelitian bahkan mengungkapkan bahwa alkohol bisa menekan pembakaran lemak dan kelebihan kalori dari alkohol yang disimpan sebagai lemak perut. Selain itu alkohol juga memiliki dampak cukup besar terhadap risiko berat badan berlebih termasuk menyebabkan perut buncit.

 

3. Perut Buncit Karena Makanan Manis

Sejumlah makanan dan minuman manis juga dapat menjadi penyebab perut buncit. Terlebih jika kalian konsumsi makanan manis tersebut dalam jangka waktu panjang. Melansir dari healthline.com, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa terdapat keterkaitan antara asupan gula tinggi dan lemak perut berlebih. Kandungan frukstosa dalam makanan sebagai gula tambahan berperan besar dalam mempengaruhi perut buncit.

Sejenis makanan dan minuman manis tersebut diantaranya yakni kue, permen bahkan minuman bersoda juga dapat berpotensi menyebabkan perut buncit. Untuk itu mempertimbangkan kembali jumlah tepat konsumsi gula bahkan membatasinya perlu dilakukan untuk mencegah perut buncit.

4. Perut Buncit Karena Jarang Olahraga

Penyebab perut buncit juga dapat terjadi karena jarang melakukan aktivitas fisik seperti olahraga. Jarang melakukan olahraga tersebut juga termasuk gaya hidup tidak sehat yang sebaiknya dihindari. Sebuah survey yang dilakukan dari di AS seperti melansir dari healhtline.com mengungkapkan adanya peningkatan yang signifikan jarang melakukan aktivitas fisik dengan berat badan termasuk perut buncit.

Jarang melakukan olahraga tersebut menyebabkan menumpuknya lemak di perut yang akibatkan perut  buncit. Untuk itu menerapkan aktivitas fisik ringan dalam beberapa menit perlu dilakukan agar mencegah perut buncit.

 

5. Perut Buncit Karena Menopause

Penyebab perut buncit selanjutnya dapat terjadi karena memasuki masa menopause. Menopause menjadi salah satu kondisi alamiah yang dialami setiap perempuan. Saat memasuki masa menopause ini sejumlah fungsi dan sistem tubuh mengalami penurunan termasuk berkaitan dengan perut buncit.

Salah satu penurunan fungsi tubuh yang dialami setiap perempuan setelah masuk masa menopause adalah terjadi penurunan kadar estrogen. Keadaan ini bisa menyebabkan lemak di perut tetap tersimpan hingga menyebabkan perut buncit.

 

6. Perut Buncit Karena Stres

Bukan hal yang bisa dianggap sepele, stres dapat berdampak pada kondisi tubuh baik psikis dan fisik. Salah satunya berkaitan dengan stres yang ternyata bisa menjadi penyebab perut buncit. Sebab saat mengalami stres tubuh akan melepaskan hormon kortisol yang bisa berpengaruh pada metabolisme.

Hormon kortisol ini bisa menyebabkan seseorang mengalami kenaikan berat badan termasuk perut buncit. Mencoba melakukan aktivitas yang menyenangkan bisa kalian lakukan untuk mencegah parut  buncit.

 

7. Perut Buncit Karena Genetika

Penyebab perut  buncit juga dapat terjadi karena faktor genetika. Melansir dari healhtline.com. Genetika memiliki pengaruh besar terhadap risiko obesitas atau kenaikan berat badan. Sebuah penelitian bahkan mengungkapkan genetika mungkin bisa berpengaruh pada metabolisme tubuh termasuk berkaitan dengan obesitas.

 

8. Perut Buncit Karena Kurang Tidur

Penyebab perut buncit juga dapat terjadi karena tubuh kurang beristirahat. Tak dapat dianggap sepele kurangnya istirahat bisa memicu gangguan kesehatan tertentu seperti penuaan dini, stres, serta , meningkatkan berat badan. Dalam hal ini umumnya orang dewasa membutuhkan waktu tidur minimal 7 jam dalam sehari. Sebuah penelitian bahkan mengungkapkan kurang tidur atau hanya tidur selama 5 jam bahkan kurang dapat meningkatkan berat badan berlebih atau obesitas. Obesitas ini juga dikaitkan dengan terjadinya perut buncit.

 

9. Perut Buncit Karena Merokok

Merokok juga dapat sebabkan seseorang mengalami perut buncit. Meski belum diketahui pasti merokok dapat menyebabkan perut buncit, namun sebuah studi tahun 2012 menerbitkan dalam jurnal PloS one yang menunjukkan perokok memiliki lebih banyak lemak perut dan visceral daripada mereka yang bukan perokok. Mempertimbangkan kembali aktivitas merokok juga perlu dilakukan agar tak berdampak pada kesehatan tubuh lainnya.

10. Perut Buncit Karena Bakteri

Sejumlah bakteri dalam sistem pencernaan memang memiliki banyak manfaat. Namun sayangnya ada bakteri yang justru bisa mengakibatkan masalah termasuk perut buncit. Sejumlah penelitian bahkan menunjukkan ketidakseimbangan bakteri usus yang tidak sehat dapat berpotensi meningkatkan berat badan termasuk perut buncit.

Melansir dari healhtline.com, peneliti mengungkapkan bahwa orang dengan berat badan berlebih cenderung memiliki lebih banyak bakteri firmicutes daripada mereka dengan berat badan normal. Penelitian lain juga mengungkapkan jenis bakteri ini bisa meningkatkan jumlah kalori yang diserap dari makanan.

Nah itulah 10 penyebab perut  buncit yang bikin sulit untuk kenakan model pakaian. Konsultasi dengan dokter kesehatan bisa dipertimbangkan apabila mengalami perut buncit yang cukup mengganggu kesehatan kalian.

 

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI