9 Cara Merawat Wajah Berminyak Supaya Terbebas dari Komedo dan Jerawat

Sabtu, 21 November 2020 10:22 Penulis: Dita Tamara
9 Cara Merawat Wajah Berminyak Supaya Terbebas dari Komedo dan Jerawat
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Cara merawat wajah berminyak memang menjadi solusi untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat, bersih, dan cerah. Baik bagi wanita maupun pria, mempunyai wajah berminyak berlebih tentu sangat mengganggu penampilan. Tak hanya terlihat kusam, kulit wajah berminyak menjadi pemicu munculnya komedo dan jerawat. Hal ini terjadi karena debu maupun kotoran akan mudah menempel. Pada dasarnya, minyak di kulit manusia mempunyai manfaat untuk melindungi kulit. namun, jika keberdaan minyak terlalu banyak, tentu saja hal ini tidak diinginkan.

Perlu kalian ketahui jika penyebab kulit berminyak biasanya disebabkan oleh perubahan hormon, terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak, memakai produk kecantikan yang salah, maupun disebabkan oleh cuaca. Oleh sebab itu, penting bagi kalian mengetahui cara merawat wajah berminyak dengan tepat. Nah, untuk mengetahui lebih lengkap cara merawat wajah berminyak, yuk langsung saja simak ulasan berikut ini.

 

1. Rajin Mencuci Muka

Sering dari kita malas membersihkan wajah setelah beraktivitas sehari-hari. Padahal kebiasaan tersebut memicu produksi minyak di wajah menjadi berlebih. Oleh sebab itu, rajinlah untuk mencuci muka agar terhindar dari wajah berminyak. Kalian bisa mencuci muka pada pagi sebelum tidur, hingga setelah berolahraga.

Caranya, mulailah membilas wajah dengan air hangat. Lalu, gunakan sabun pembersih wajah sembil memijat muka perlahan. Selanjutnya, bilas wajah kembali dengan air hangat.

 

2. Jangan Lupakan Toner

Cara merawat wajah berminyak selanjutnya yaitu dengan menggunakan toner. Penggunaan toner pun kerap disebut sebagai salah satu cara merawat wajah berminyak yang wajib untuk kalian lakukan. Pilih produk toner yang memiliki formula untuk dapat menahan minyak serta mengangkat sel kulit mati. Kalian bisa memilih toner kulit berminyak dengan kandungan alkohol sehingga minyak diwajah dapat teratasi.

 

3. Gunakan Pelembap

Selanjutnya, cara merawat wajah berminyak yang nggak boleh ketinggalan yaitu dengan menggunakan pelembap wajah. Ya, jika selama ini kalian beranggapan menggunakan pelembap justru akan meningkatkan produksi minyak berlebih hal tersebut tidaklah benar.

Sebab, menggunakan pelembap dapat menjadi cara mengatasi wajah berminyak. Oleh sebab itu, pilihlah jenis pelembap tanpa kandungan minyak guna menjaga kulit tetap lembap. Kalian bisa mengaplikasikan pelembap saat pagi hari dan malam hari sebelum tidur.

 

4. Aplikasikan Es Batu Setelah Mencuci Wajah

Meski dengan cara yang sederhana, namun manfaat es batu memang dikenal ampuh untuk merawat wajah berminyak. Bahkan, caranya pun terbilang mudah. Kalian hanya perlu membalurkan es batu ke seluruh wajah.

Suhu dingin yang dihasilkan dari es batu dapat membantu mengurangi minyak berlebih pada wajah, serta dapat mengecilkan tampilan pori-pori wajah sehingga terhindar dari tumbuhnya jerawat atau komedo.

 

 

5. Rajin Menghapus Makeup

Bagi wanita, kebiasaan malas menghapus makeup sebaiknya harus segera ditinggalkan ya. Sebab, setelah beraktivitas seharian dan nggak segera membersihkan wajah dapat menimbulkan masalah yakni wajah menjadi berminyak akibat bahan kimia yang terlalu lama menempel. Maka dari itu setelah menggunakan makeup, kalian harus menghapusnya dari wajah.

 

6. Lakukan Eksfoliasi

Eksfoliasi merupakan salah satu teknik membersihkan sel kulit mati dari permukaan wajah. Cara eksfoliasi wajah dilakukan dengan produk eksfoliasi berupa butiran scrub dan bantuan spons, sikat, atau tangan. Tak hanya mengangkat sel kulit mati, rajin melakukan eksfoliasi juga membantu wajah terhindar dari munculnya jerawat dan membantu mengecilkan pori-pori kulit wajah.

 

7. Rajin Menghapus Makeup

Bagi wanita, kebiasaan malas menghapus makeup sebaiknya harus segera ditinggalkan ya. Sebab, setelah beraktivitas seharian dan nggak segera membersihkan wajah dapat menimbulkan masalah yakni wajah menjadi berminyak akibat bahan kimia yang terlalu lama menempel. Maka dari itu setelah menggunakan makeup, kalian harus menghapusnya dari wajah.

 

8. Sediakan Kertas Minyak atau Blotting Paper

Selanjutnya, cara merawat wajah berminyak yang membandel yaitu untuk membiasakan diri selalu menyediakan kertas berminyak atau blotting paper. Sebab, blotting paper akan berfungsi untuk menyerap minyak dari kulit. Bahkan, saat ini kalian bisa menemukan blotting paper dengan mudah yang dijual di pasaran.

 

9. Perhatikan Makanan

Cara merawat wajah berminyak yang berlu kalian lakukan yaitu dengan selalu memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Hindari makanan yang bisa mendorong produksi minyak berlebih seperti makanan pedas dan minuman beralkohol. Sebaiknya kalian mengonsumsi makanan seperti bayam, wortel, blewah dimana makanan tersebut bisa memperlambat produksi minyak berlebih.

Itulah sederet cara merawat wajah berminyak yang bisa diterapkan untuk keseharian. Dengan begitu, kulit wajah kalian akan terhindar dari minyak yang menyebabkan kulit kusam. Semoga bermanfaat.

 

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI