Jenis-jenis Kebutuhan Manusia Berdasarkan Tingkat Kepentingannya, Kenali Contohnya

Jum'at, 29 Januari 2021 15:22 Penulis: Dita Tamara
Jenis-jenis Kebutuhan Manusia Berdasarkan Tingkat Kepentingannya, Kenali Contohnya
(credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Jenis-jenis kebutuhan manusia memang ada beragam yang perlu kalian ketahui. Ya, pasalnya manusia memang tidak bisa terlepas dari kebutuhan. Bahkan, setiap harinya kebutuhan manusia akan terus bertambah karena karakter manusia itu sendiri dan perbedaan lingkungan tempat manusia menjalankan kehidupannya. Kebutuhan sendiri merupakan suatu hal yang muncul secara naruliah yang dialami oleh manusia untuk mempertahankan hidupnya. Kebutuhan manusia sangat beragam bentuknya, dan berbeda antara satu manusia dengan manusia lainnya. Misalnya saja, kebutuhan hidup seorang guru, tentu saja akan berbeda dengan kebutuhan hidup seorang dokter, maupun petani.

Secara singkatnya, kebutuhan itu sangat penting, dan manusia menjadi ketergantungan dengan kebutuhan itu sendiri. Nah, ternyata, kebutuhan manusia dibagi lagi menjadi 4 bagian berdasarkan tingkat intensitas, berdasarkan sifat, berdasarkan subjek yang membutuhkan, dan berdasarkan waktu. Untuk lebih jelasnya, pada artikel kali ini akan membahas mengenai jenis-jenis kebutuhan manusia yang perlu kalian ketahui. Daripada penasaran, yuk langsung saja simak ulasan berikut ini.

1. Jenis Kebutuhan Berdasarkan Tingkat Intensitas

Jenis kebutuhan manusia yang pertama yaitu dibedakan berdasarkan intensitasnya. Adapun yang tergolong kebutuhan berdasarkan tingkat intensitasnya yaitu kebutuhan primer, sekunder, dan tersier. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

-Kebutuhan primer, merupakan jenis kebutuhan pokok atau utama yang harus dipenuhi untuk bisa bertahan hidup. Umumnya, kebutuhan ini muncul secara alami untuk tetap membuat manusia bertahan hidup. Adapun contoh dari jenis kebutuhan primer seperti minuman, makanan, pakaian, dan lain sebagainya.

-Kebutuhan Sekunder, merupakan jenis kebutuhan setelah kebutuhan primer sudah terpenuhi. Kebutuhan sekunder setiap orang pun tentu saja berbeda-beda. Misalnya, setelah memiliki rumah, timbul keinginan melengkapi rumahnya dengan televisi, kulkas, perangkat musik, dan mesin cuci, kulkas, dan lain sebagaiya. Kebutuhan ini hanya sebagai pelengkap, tidak mendesak untuk dipenuhi.

-Kebutuhan Tersier, kebutuhan tersier atau yang sering disebut kebutuhan mewah manusia. Kebutuhan jenis ini umumnya dipenuhi oleh orang-orang yang memiliki pendapatan tinggi dan untuk meningkatkan kepuasan diri di mata masyarakat. Adapun jenis kebutuhan tersier yaitu mobil mewah, perhiasan, rumah mewah, da lain sebagainya.

Kebutuhan berdasarkan intensitas ini sudah ditentukan oleh masing-masing orang di suatu wilayah. Ada daerah yang masih tertinggal, akan menganggap kebutuhan motor merupakan kebutuhan mewah.

2. Jenis Kebutuhan Berdasarkan Sifat

Jenis kebutuhan manusia yang kedua yaitu dibedakan berdasarkan sifatnya. Adapun yang tergolong kebutuhan berdasarkan sifatnya yaitu kebutuhan jasmani dan rohani. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

-Kebutuhan Jasmani, merupakan jenis kebutuhan yang langsung terkait dengan menjaga badan supaya tetap sehat dan bugar. Bentuk kebutuhannya antara lain berupa kebutuhan akan makanan minuman, pakaian, istirahat cukup dan olahraga. Apabila kebutuhan jasmani tidak terpenuhi, kalian akan menjadi lapar, lelah, bahkan sakit.

-Kebutuhan Rohani, merupkan jenis kebutuhan yang berhubungan dengan jiwa maupun fikiran. Bentuk kebutuhannya antara lain berupa kebutuhan untuk beribadah, mendengarkan ceramah, motivasi, rekreasi, menonton film, mendengarkan musik, membaca buku, dan berteman. Umumnya, apabila kebutuhan ini tidak terpenuhi makan seseorang akan mudah terganggu, malas, hingga stress.

3. Jenis Kebutuhan Berdasarkan Subjek yang Membutuhkan

Jenis kebutuhan manusia yang ketiga yaitu dibedakan berdasarkan subjek yang membutuhkan. Adapun yang tergolong kebutuhan berdasarkan subjek yang membutuhkan yaitu kebutuhan individual dan kebutuhan umum. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

-Kebutuhan Individual, merupakan jenis kebutuhan yang harus dipenuhi oleh setiap individu. Jadi, setiap orang akan mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda. Misalnya, seorang tukang jahit membutuhkan mesin jahit, atau seorang mahasiswa membutuhkan buku, dan lain sebagainya.

-Kebutuhan Umum, merupakan jenis kebutuhan yang bermanfaat untuk memenuhi kepentingan banyak orang. Adapun contoh dari jenis kebutuhan ini yaitu pembangunan jembatan, kebersihan umum, keamanan, dan lain sebagainya.

4. Jenis Kebutuhan Berdasarkan Waktu

Jenis kebutuhan manusia yang keempat yaitu dibedakan berdasarkan waktu. Adapun yang tergolong kebutuhan berdasarkan waktu yaitu kebutuhan sekarang dan kebutuhan yang akan datang. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

-Kebutuhan Sekarang, merupakan jenis kebutuhan yang harus dipenuhi pada waktu saat itu juga. Kebutuhan ini sifatnya tidak bisa ditunda. Contoh dari jenis kebutuhan ini yaitu ketika kalian merasakan lapar, tentu saja kalian membutuhkan makanan pada saat itu juga. Ataupun pada saat sedang sakit, kalian juga akan memerlukan obat pada saat itu pula.

-Kebutuhan yang Akan Datang, merupakan jenis kebutuhan yang bisa ditunda dan tidak harus dipenuhi pada waktu itu juga. Tujuan dari kebutuhan ini bisa digunakan di masa yang akan datang. Contoh dari jenis kebutuhan ini yaitu menabung.

Itulah sederet jenis kebutuhan manusia beserta contohnya yang perlu kalian ketahui. Semoga bermanfaat ya.

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI