8 Cara Mengatasi Pencemaran Udara Beserta Upaya Pencegahannya

Selasa, 02 Februari 2021 10:11 Penulis: Dita Tamara
8 Cara Mengatasi Pencemaran Udara Beserta Upaya Pencegahannya
(credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Pencemaran udara merupakan kabar buruk yang dapat membahayakan kesehatan manusia, hewan dan tumbuhan. Hal ini lantaran mengakibatkan suatu lingkungan menjadi terkontaminasi karena kegiatan manusia oleh faktor yang berbeda-beda. Sebagai manusia yang masih akan bergantung pada alam sekitarnya, tentu kita harus mencari cara untuk mencegahnya. Jika tidak dikendalikan dengan baik, segala hasil kegiatan manusia akan semakin mencemari udara dan bisa merusak ekosistem dan keanekaragaman hayati.

Belum lagi udara yang tercemar oleh berbagai jenis polutan atau bahan kimia seperti rokok, asap kendaraan, dan pembakaran sampah bisa memicu sejumlah penyakit tertentu seperti terganggunya pernapasan, kanker, hingga gangguan jantung semakin tinggi. Kondisi ini umumnya lebih rentan terjadi di wilayah perkotaan dengan tingkat kehidupan industri yang tinggi hingga memicu menurunnya kualitas udara.

Untuk itulah pentingnya bagi kalian mengetahui cara mengatasi pencemaran udara supaya lebih bijak dalam melakukan solusi akibat pencemaran udara. Dengan begitu, kalian pun dapat membatasi diri untuk tidak melakukan hal-hal yang berdampak buruk bagi bumi. Merangkum dari beberapa sumber, inilah cara mengatasi pencemaran udara yang perlu kalian ketahui. Simak ulasannya berikut ini.

1. Hindari Membakar Sampah Sembarangan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, membakar sampah menjadi sebuah masalah dalam hal pencemaran udara. Oleh sebab itu, cara mengatasi pencemaran udara dengan menghindari membakar sampah sembarangan. Hal ini lantaran gas klorin yang dihasilkan dari pembakaran sampah bisa merusak atmosfer bumi.

Sebab, ketika kalian membakar sampah, biasanya akan meninggalkan debu asap, dan melepaskan karbondioksida ke udara yang tentu saja tidak baik ketika dihirup oleh manusia. Oleh sebabnya, ada baiknya kalian membuang sampah pada tempatnya dan biarkan petugas kebersihan yang melakukan pembakaran secara teknis.

2. Mengurangi Kendaraan Bermotor

Selanjutnya, cara mengatasi pencemaran udara yaitu dapat dilakukan dengan mengurangi kendaraan bermotor. Kita tahu bahwa kendaraan bermotor saat ini menyumbang polusi udara yang paling besar. Ada baiknya, kalian bisa membatasi penggunaan dalam jarak tertentu.

Misalnya, kalian hanya akan membawa kendaraan bermotor sendiri apabila tujuan yang dituju tidak memiliki akses kendaraan umum. Alternatif lainnya yaitu dengan membiasakan mulai berjalan kaki apabila tidak memiliki tujuan jarak jauh. Selain menjaga polusi udara, hal ini tentu saja menyehatkan bagi tubuh.

3. Hemat Energi

Hemat energi menjadi salah satu alternatif yang efektif sebagai cara mengatasi pencemaran udara. Beberapa penelitian mengungkapkan jika banyak masalah kesehatan yang timbul akibat pembakaran bahan bakar fosil yang menimbulkan polutan seperti sulfur dioksida, nitrogen oksida, karbon dioksida dan beberapa polutan lainnya yang berbahaya.

Zat ini tidak hanya berbahaya bagi manusia namun juga terhadap lingkungan. Dengan begitu, cara mengatasinya yang tepat yaitu dengan mengurangi pemakaian listrik di rumah dan tempat kerja.

4. Kurangi Mengonsumsi Daging

Selanjutnya, cara mengatasi pencemaran udara yaitu dengan selalu menghabiskan makanan kalian. Sebab, sampah dari makanan sana dengan kotoran sapi yang melepaskan gas yang berbahaya untuk manusia. Tidak hanya itu, gas-gas tersebut juga berbahaya, jadi salah satu penyebab global warming.

Selain itu, menurut ilmuwan mengungkapkan bahwa daging sapi menghasilkan lima kali lebih banyak emisi gas rumah kaca. Cara mengatasinya yaitu dengan tidak membuang buang makanan dan biasakan untuk menghabiskannya.

5. Menghentikan Kebiasaan Merokok

Penyebab pencemaran udara salah satunya yaitu kebiasaan merokok. Meski terlihat tak sebanyak asap kendaraan bermotor, asap dari rokok tetap menjadi sumber polusi. Apalagi gas residu dari asap rokok tak hanya mengotori udara, tapi juga bisa dengan mudah menempel ke benda-benda sekitar. Oleh sebabnya, salah satu cara mengatasinya yaitu dengan menghentikan kebiasaan merokok.

6. Menggunakan Produk Sustaibable

Salah satu cara mengatasi pencemaran udara yaitu dengan menggunakan produk sustaibable (berkelanjutan). Misalnya saja, kalian bisa menggunakan kemasan yang ramah lingkungan ini untuk mendukung keberlanjutan dari kehidupan banyak orang.

Sebab, polusi udara juga disebabkan oleh negara yang memproduksi barang murah sehingga tidak memiliki batasan emisi. Udara kotor yang berasal dari negara tersebut juga menjadi udara yang digunakan untuk bernapas. Jadi ada baiknya kalian memilih produk baru dengan kualitas udara yang lebih baik.

7. Memelihara Banyak Tanaman

Memelihara banyak tanaman di rumah menjadi salah satu cara mengatasi pencemaran udara yang bisa kalian lakukan. Tak perlu mempunyai halaman yang luas untuk dapat memelihara banyak tanaman, kalian bisa melakukannya menggunakan pot. Jenis tanaman yang cocok untuk dipelihara sekaligus membantu menyerap karbondioksida (CO2) yaitu seperti lidah mertua.

8. Meningkatkan Kesadaran

Terakhir, cara mengatasi pencemaran udara yang sangat penting dan berdampak besar yaitu dengan meningkatkan kesadaran diri maupun mempengaruhi orang-orang di sekitar untuk berkontribusi menjaga kualitas udara. Mulailah dari diri sendiri untuk selalu menjadi contoh yang baik bagi teman, keluarga, dan lingkungan sekitar.

Itulah sederet cara mengatasi pencemaran udara. Oleh sebab itu, mulai jaga bumi dengan tidak melakukan hal-hal yang merugikan bumi. Semoga bermanfaat.

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI