Jenis Kucing Peliharaan Nabi Muhammad SAW Beserta Keistimewaannya

Senin, 28 Desember 2020 12:11 Penulis: Dita Tamara
Jenis Kucing Peliharaan Nabi Muhammad SAW Beserta Keistimewaannya
(credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Kucing menjadi salah satu hewan istimewa dalam Islam. Bahkan, hewan berbulu dan menggemaskan ini menjadi salah satu hewan kesukaan Nabi Muhammad SAW. Hal ini lantaran kucing menjadi salah satu hewan yang jauh dari najis. Air bekas minum kucing pun tetap suci dan bisa digunakan untuk berwudhu. Itulah yang menyebabkan kucing banyak menjadi hewan peliharaan yang dicari banyak orang.

Nabi Muhammad SAW sendiri memiliki kucing bernama Muezza. Nabi begitu menyayangi dan mengasihi kucing peliharaannya. Dalam Islam sendiri, kucing menjadi salah satu makhluk hidup yang harus diperlakukan sama dan membiarkannya hidup dengan makhluk hidup lainnya. Kucing peliharaan Nabi Muhammad SAW ini pun memiliki keistimewaan yang unik dan luar biasa. Tentu saja kalian pasti penasaran jenis kuning apakah yang menjadi peliharaan Nabi Muhammad SAW?

Jenis kucing nabi Muhammad SAW hingga kini pun masih bisa ditemukan. Supaya kalian mengetahui jenis kucing peliharaan Nabi, simak ulasan lengkap berikut ini mengenai jenis kucing Nabi beserta dengan keistimewaaanya menurut Islam. Yuk langsung saja simak.

 

 

1. Kisah Nabi Muhammad SAW dengan Kucing

Kisah Nabi Muhammad beserta kucing kesayangannya patut dijadikan panutan. Kisah Nabi Muhammad SAW dengan kucing kesayangannya itu berawal ketika Nabi hendak berangkat sholat dan mempersiapkan diri serta berpakaian. Namun, ketika Nabi hendak mengambil jubahnya, ia mendapati Mueeza terlihat tertidur lelap di atas jubah yang hendak dikenakannya. Tanpa maksud ingin mengganggu kucing kesayangannya, Nabi Muhammad SAW pun harus memotong belahan lengan jubah yang ditiduri Mueeza untuk tetap menjaga ketenangan kucing tersebut tanpa membangunkannya.

Lalu, sepulangnya dari sholat, Nabi mendapati Muezza sudah terbangun dan bersujud padanya. Ia lalu membalas dengan mengelus tubuh sang kucing sebanyak tiga kali. Bahkan, ada kisah lainnya dimana Nabi selalu memangku kucing kesayangannya tersebut ketika memberikan ceramah. Nabi juga menggunakan air wudhu yang sudah digunakan oleh Muezza untuk minum. Bahkan, kucing Nabi Muhammad SAW juga selalu mengeong ketika mendengar suara azan. Tak heran jika Nabi selalu menyayangi kucing yang menjadi salah satu hewan peliharaannya.

 

 

2. Arti Nama Muezza

Tentu saja kalian penasaran apa arti nama Muezza yang menjadi hewan kesayangan nabi. Mueza sendiri merupakan nama yang berasal dari bahasa Arab yang dibaca Mu’izza. Meski begitu, nama kucing Nabi secara verbal sedikit diplesetkan menjadi Muezza. Adapun arti nama kucing Nabi seperti berikut ini.

Ma'azz a : di dalam forum disebutkan arti Ma’azza adalah "peduli terhadap seseorang"

Ma'azzah : "begitu berharga dan begitu disayang"

 

 

3. Jenis Kucing Nabi Muhammad SAW

Tentu saja kalian penasaran jenis kucing apakah yang menjadi peliharaan Nabi. Diketahui, Muezza merupakan jenis kucing domestik angora. Kucing ini berasal dari Turki yang sering disebut Angora Turki. Menjadi salah satu jenis ras tertua di dunia, rupanya jenis kucing kesukaan nabi ini masih banyak ditemukan dan banyak pula yang memeliharanya.

Adapun ciri khas dari kucing peliharaan Nabi ini seperti memiliki bulu yang panjang, tubuh panjang, ramping, langsing dan elegan. Angora sendiri memiliki hidung yang panjang, kepala yang berbentuk segitiga, serta telinga yang panjang, lebar, dan berbentuk segitiga.

 

 

4. Keistimewaan Kucing Dalam Islam

Kucing memang menjadi salah satu hewan kesukaan Nabi yang paling istimewa. Pernyataan tersebut sudah dijelaskan mengenai keistimewaan kucing berdasarkan hadist-hadist berikut ini.

“Kucing itu tidaklah najis. Sesungguhnya kucing merupakan hewan yang sering kita jumpai dan berada di sekeliling kita." (HR. Tirmidzi).

Tak hanya itu, air bekas minum kucing juga tetap suci dan bisa tetap digunakan untuk berwudhu. Ini sesuai dengan hadis riwayat Muslim:

"Ketika Nabi Muhammad akan berwudhu dihampiri oleh seekor kucing dan kucing tersebut minum di bejana tempat beliau wudhu. Nabi berhenti hingga kucing tersebut selesai minum lalu berwudhu." (HR Muslim).

Kecuali jika kucing tersebut terlihat ada darah, air kencingnya, kotoran (BAB) dan sebagainya, maka jadi najis. Imam Nawawi pun menjelaskan:

"Jika kucing ini pergi kemudian datang dan meminum air, maka kita yakin bahwa air tersebut adalah suci dan kita meragukan najisnya mulut kucing, maka sisa air yang dijilat oleh kucing tersebut tidak najis. (Kecuali) bila kucing yang mulutnya masih ada darahnya tadi tidak pergi dan menjilat air maka dihukumi najis secara pasti.” (Al-Majmu' 1/171).

Kucing juga termasuk hewan yang suci, ini tertuang dalam hadis:

"Kucing termasuk perhiasan rumah tangga, ia tidak dikotori sesuatu". (HR Muslim).

Kucing adalah binatang yang badan, keringat, bekas sisa makanan, serta air lirnya adalah suci. Air lirnya bahkan bersifat membersihkan. Hidupnya lebih bersih dari manusia. (HR Malik).

Sebagai makhluk hidup, kucing juga harus diperlakukan dengan baik.

Dari ibnu Umar RA Nabi Muhammad SAW bersabda “Seorang wanita dimasukkan ke dalam neraka karena seekor kucing yang dia ikat dan tidak diberikan makan bahkan tidak diperkenankan makan binatang binatang kecil yang ada di lantai." (HR Bukhari).

Itulah jenis kucing peliharaan nabi beserta keistimewaanya yang perlu kalian ketahui. Itulah mengapa ketika kalian memutuskan untuk memelihara kucing, perlakukannya kucing tersebut dengan baik dan sayangi kucing kalian seperti yang sudah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Semoga bermanfaat.

 

 

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI