8 Penyebab Cantengan dan Cara Mengatasinya, Mudah Dipraktikkan

Minggu, 17 Januari 2021 09:33 Penulis: Nurul Wahida
8 Penyebab Cantengan dan Cara Mengatasinya, Mudah Dipraktikkan
Penyebab cantengan (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Istilah cantengan cukup populer untuk menyebut kondisi kuku yang tumbuh ke dalam daging menyebabkan area sisi jari bengkak ataupun memerah. Penyebab cantengan dapat dialami karena faktor pemicu yang sederhana namun bisa sebabkan keluhan kesehatan tersebut terjadi.

Cukup banyak orang memperhatikan perawatan kuku mereka agar tetap sehat dan cantik. Misalnya saja tren manicure pedicure yang dapat menyempurnakan penampilan kuku makin menawan. Namun perawatan kuku yang paling mudah dilakukan adalah dengan memotong kuku panjang untuk mencegah penumpukan kotoran atau bakteri.

Sayangnya kebiasaan memotong kuku yang tidak tepat justru bisa menimbulkan masalah. Salah satunya adalah cantengan yang dapat menyerang area jari baik tangan ataupun kaki. Umumnya kondisi tersebut dialami karena kebiasaan memotong kuku yang tidak tepat misalnya terlalu pendek hingga memicu tumbuhnya kuku ke dalam. Kuku tersebut dapat menancap pada daging yang mengakibatkan sisi jari mengalami bengkak, nyeri, serta kemerahan.

Penyebab cantengan seringkali terjadi pada orang dengan tingkat usia lebih tua akibat pertumbuhan kuku yang semakin menebal. Namun cantengan dapat dialami siapa saja yang berisiko mengembangkan keluhan kesehatan ini. Untuk itu mengetahui penyebab cantengan perlu dipahami untuk mencegah risiko lebih lanjut. Adapun penyebab cantengan dan cara mengatasinya sebagai berikut telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1. Kesalahan Saat Memotong Kuku

Penyebab cantengan yang pertama dapat terjadi karena kesalahan saat memotong kuku. Seperti ulasan sebelumnya, cantengan adalah kondisi yang dialami seseorang saat pertumbuhan kuku justru ke dalam dan menancap pada daging. Ini terjadi pada sisi area jari yang seringkali mengalami masalah cantengan.

Melansir dari liputan6.com, kesalahan memotong kuku terlalu pendek dapat menyebabkan pertumbuhan kuku ke dalam. Akibatnya kuku dapat menancap pada daging terutama terjadi area sisi-sisi jari. Baik pada tangan ataupun kaki, cantengan sama-sama dapat menyebabkan pertumbuhan kuku yang tidak normal. Untuk mencegahnya kalian dapat memotong kuku dengan bentuk lurus. Sehingga pertumbuhan kuku nantinya dapat normal tidak menancap pada daging.

2. Cedera Kuku

Penyebab cantengan selanjutnya dapat terjadi karena mengalami cedera kuku. Cedera pada kuku dapat dialami karena beberapa faktor seperti benturan, terluka, ataupun terjatuh. Kondisi ini sering terjadi pada kuku jari kaki yang rentan mengalami benturan.

Melansir dari healthline.com, kuku jari kaki yang terbentur suatu benda secara tidak sengaja dapat memicu pertumbuhan kuku abnormal yakni kuku ke dalam. Akibatnya risiko cantengan mungkin dapat kalian alami saat mengalami cedera kuku. Pemeriksaan lebih lanjut dapat dipertimbangkan untuk membantu mengatasi masalah kesehatan ini.

3. Kaus Kaki atau Sepatu Ketat

Menggunakan kaus kaki dapat melindungi area kaki dari cedera kulit karena gesekan sepatu. Hal ini juga mencegah masalah bau kaki yang muncul akibat kelembaban saat menggunakan sepatu. Namun kalian perlu memperhatikan kaus kaki yang digunakan. Sebab menggunakan jenis kaus kaki yang terlalu ketat atau sempit justru dapat memicu masalah cantengan.

Ini terjadi karena kaus kaki ketat dapat menyebabkan tekanan pada jempol yang memicu risiko cantengan. Sehingga kalian perlu menghindari penggunaan kaus kaki terlalu ketat atau sempit. Begitu pula dengan sepatu yang kalian pakai agar tidak terlalu sempit.

4. Kurang Memperhatikan Kebersihan Kaki

Penyebab cantengan selanjutnya adalah karena kurang menjaga kebersihan kaki. Seperti diketahui apabila kebersihan kaki tidak diperhatikan, maka tidak menutup kemungkinan dapat menimbulkan beragam masalah. Diantaranya yakni bau kaki ataupun cantengan. Berkaitan dengan cantengan, kurangnya memperhatikan kebersihan kaki bisa memicu area tersebut mudah berkeringat. Akibatnya menyebabkan kuku pada jari kaki mudah lunak dan rentan rusak. Sehingga kebersihan area kaki perlu diperhatikan dengan baik untuk mencegah cantengan.

5. Faktor Genetik

Tidak dipungkiri bahwa faktor genetik cukup berpengaruh terhadap kondisi kesehatan seseorang termasuk berkaitan dengan cantengan. Selain itu genetik juga berkontribusi terhadap bentuk jari kaki kalian. Sedangkan melansir dari liputan6.com, risiko cantengan rentan terjadi apabila memiliki anggota keluarga yang sebelumnya mengalami hal serupa. Sehingga kalian mungkin cenderung dapat berisiko mengalami cantengan.

6. Bentuk Kuku Kaki Tidak Beraturan

Penyebab cantengan lebih rentan dialami apabila memiliki bentuk kaki yang tidak beraturan. Bentuk kaki yang tidak beraturan tersebut misalnya saja seperti ukuran kuku yang lebih besar dari jari sehingga menyebabkan risiko pertumbuhan kuku menjadi tidak normal. Akibatnya kuku mungkin bisa tumbuh tidak simetris atau tidak beraturan. Sehingga pertumbuhan kuku yang tidak normal tersebut rentan memicu masalah cantengan.

7. Aktivitas Tertentu

Sejumlah aktivitas tertentu juga dapat memicu cantengan terjadi. Misalnya beberapa aktivitas harian yang kalian lakukan dapat menyebabkan area jari kuku lebih rentan cedera ataupun rusak maka risiko cantengan tidak dapat terhindarkan. Beberapa aktivitas yang dapat meningkatkan risiko cantengan diantaranya yakni bermain sepak bola ataupun balet. Jenis aktivitas fisik tersebut bisa menyebabkan tekanan pada area jari kaki yang akhirnya memicu cantengan.

8. Kaki Berkeringat

Seperti ulasan sebelumnya, apabila kaki berkeringat dapat memicu masalah cantengan yang terjadi karena menyebabkan kuku menjadi lebih lunak. Akibatnya kondisi tersebut rentan terhadap kerusakan dan berpengaruh pada pertumbuhan kuku. Untuk mencegahnya kalian dapat menjaga kelembaban area kaki seperti rutin mengganti kaus kaki, membersihkan kaki, ataupun hindari mengenakan sepatu sempit.

9. Gejala Cantengan

Adapun gejala cantengan yang dapat dikenali jika mengalami cantengan terdapat pada ulasan di bawah ini. Berikut gejala cantengan yang penting untuk kalian pahami sedini mungkin sehingga pencegahan dapat segera dilakukan. Berikut gejala cantengan yang perlu kalian kenali:

- Nyeri pada area sisi jari kuku.

- Timbul kemerahan pada area kuku.

- Bengkak pada area sekitar kuku.

- Infeksi pada area jari akibat cantengan.

10. Cara Mengatasi Cantengan

Adapun cara mengatasi cantengan dapat kalian dipraktikkan sendiri di rumah dengan mudah. Berikut ini cara mengatasi cantengan:

- Memotong kuku lurus atau sesuaikan dengan bentuk ibu jari.

- Selalu perhatikan kuku agar tidak terlalu panjang yang berisiko tumbuh ke dalam dan memicu cantengan.

- Pakai sepatu nyaman dan tidak sempit.

- Merendam kaki dengan air hangat selama 15 hingga 20 menit. Lakukan tiga hingga empat kali, lalu keringkan sampai benar-benar kering.

- Mengoleskan minyak zaitun pada sisi jari kuku.

- Mengoleskan antibiotik untuk mencegah infeksi, konsultasikan dengan dokter.

Nah itulah 8 penyebab cantengan dan cara mengatasinya, mudah dipraktikkan di rumah. Pemeriksaan lebih lanjut dapat dilakukan untuk mengatasi cantengan.

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI