Kenali 7 Kebiasaan Sederhana Ini Bisa Jadi Penyebab Perut Buncit yang Jarang Disadari

Penulis: Nurul Wahida

Diterbitkan:

Kenali 7 Kebiasaan Sederhana Ini Bisa Jadi Penyebab Perut Buncit yang Jarang Disadari
Ilustrasi (credit: freepik.com)

Kapanlagi.com - Perut buncit termasuk salah satu masalah tubuh yang cukup banyak berpengaruh pada penampilan hingga menurunkan rasa percaya diri. Sebab sebagian orang menginginkan perut langsing yang mampu menunjang penampilan lebih menawan dan memesona. Namun ternyata ada sejumlah kebiasaan sederhana penyebab perut buncit yang jarang disadari.

Tak hanya perempuan yang menginginkan penampilan maksimal dan menawan dengan badan ideal serta langsing. Sederet kaum laki-laki juga turut serta mengharapkan hal yang sama agar tubuh mereka tetap menawan dan ideal terbebas dari perut buncit.

Nggak heran jika banyak diantaranya melakukan cara mengatasi perut buncit dengan membatasi konsumsi makanan atau diet serta melakukan berbagai aktivitas olahraga. Namun perlu diketahui juga bahwa perut buncit bukan saja bisa mengganggu penampilan melainkan ada sejumlah masalah kesehatan yang dapat muncul akibat kondisi ini. Sehingga diperlukan perhatian khusus untuk mencegah perut buncit agar tak berpengaruh pada kesehatan tubuh.

Kondisi ini juga bisa disebabkan oleh sederet kebiasaan sederhana yang jarang disadari setiap orang. berbagai pencegahan cara mengatasi perut buncit ini tampak menjadi sia-sia jika masih melakukan kebiasaan ini yang dapat memicu kembali kondisi perut jadi buncit.

Lalu apa saja kebiasaan sederhana penyebab perut buncit?

Adapun kebiasaan sederhana penyebab perut buncit terangkum dalam sejumlah poin di bawah ini. sehingga dengan mengetahui kebiasaan ini dapat menjadi bentuk kewaspadaan dan kehati-hatian agar tak kembali memicu perut jadi buncit. Berikut 7 kebiasaan sederhana penyebab perut buncit bersumber dari merdeka.com, liputan6.com, dan webmd.com.

 

1. Stres

Kebiasaan sederhana penyebab perut buncit salah satunya diakibatkan oleh tubuh yang mengalami stres. Stres sendiri berkaitan erat dengan kondisi psikologis seseorang yang juga memengaruhi kondisi fisik. Meski terbilang sederhana, namun kebiasaan ini jangan dianggap sepele, sebab ada sejumlah risiko kesehatan yang bisa muncul akibat mengalami stres berlebih.

Termasuk dapat menjadi penyebab perut menjadi buncit karena stres juga terkait dengan perubahan hormon hingga terkadang membuat penderitanya mengalami nafsu makan tinggi. Selain itu saat stres tubuh terdapat hormon kortisol yang bisa meningkatkan jumlah lemak terutama pada perut hingga sebabkan perut jadi buncit. Untuk itu dianjurkan menghindari stres ini dengan melakukan kegiatan menyenangkan bagi diri sendiri.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Konsumsi Camilan Berlebih

Kebiasaan sederhana penyebab perut buncit selanjutnya adalah dikarenakan terlalu banyak mengonsumsi camilan. Terutama camilan dengan kandungan lemak serta kalori tinggi yang bisa membuat tubuh alami obesitas atau kenaikan berat badan. Terlebih jika tanpa diimbangi dengan aktivitas seperti olahraga yang dapat sebabkan lemak menumpuk.

Apalagi jika tubuh tak diimbangi dengan gerak yang bisa memicu penumpukan lemak di perut hingga sebabkan perut buncit. Untuk itu disarankan agar dapat mengatur asupan makanan dalam tubuh untuk menghindari perut buncit tersebut.

3. Faktor Usia

Tidak bisa dipungkiri bahwa seiring bertambahnya usia tubuh manusia mengalami penurunan hingga sebagian besar tidak dapat berfungsi normal seperti saat muda. Faktor usia ini juga bisa menjadi salah satu penyebab perut buncit yang jarang disadari tiap orang.

Meski menopause merupakan keadaan alamiah, namun mengetahui beberapa risiko kesehatan yang bisa muncul perlu dilakukan agar dapat mencegah sedini mungkin. Salah satu alasan faktor usia atau menopause jadi penyebab perut buncit lantaran pada usia tersebut seseorang akan mengalami penurunan kadar estrogen yang bisa sebabkan penumpukan lemak di perut.

Sehingga perut menjadi terlihat besar dan buncit akibat lemak tersebut. Untuk itu melakukan olahraga dan aktivitas gerak perlu jadi gaya hidup agar saat terjadi menopause tubuh tetap bugar dan terhindar dari perut buncit.

4. Konsumsi Soda dan Alkohol

Jika kalian termasuk salah satu penikmat soda, sebaiknya mulai dibatasi jumlah konsumsinya agar tak menjadi penyebab perut buncit. Sebab soda dan alkohol ini dapat membuat perut memproduksi gas berlebih hingga bisa sebabkan perut jadi buncit.

Bukan hanya itu saja, kandungan kadar gula yang cukup tinggi juga berkaitan erat dengan kenaikan berat badan yang berisiko sebabkan perut buncit. Sehingga tubuh akan mengalami penumpukan lemak pada beberapa bagian terutama perut yang terlihat lebih besar.

5. Kembung

Penyebab perut buncit lainnya juga dapat disebabkan oleh kembung. Kembung sendiri merupakan kondisi saat perut mengalami penumpukan gas yang bisa akibatkan perut terlihat besar dan begah. Sejumlah faktor penyebab kembung dapat terjadi dikarenakan beberapa hal diantaranya terlalu banyak karbohidrat, minuman bersoda, makan makanan berlemak, gangguan pencernaan dan lain sebagainya. Sehingga perlu menghindari sejumlah makanan yang disinyalir bisa sebabkan perut kembung hingga membuat perut terlihat buncit.

6. Kurang Aktivitas Fisik

Kebiasaan sederhana penyebab perut buncit juga dapat disebabkan oleh kurangnya aktivitas fisik. Aktivitas fisik berolahraga ini memang sangat penting dilakukan agar tubuh tetap bugar dan sehat. Termasuk mencegah perut buncit yang diakibatkan penumpukan lemak di perut jika tidak diimbangi aktivitas fisik seperti olahraga rutin.

Sehingga melakukan kebiasaan olahraga sangat dianjurkan agar terhindar dari kondisi perut buncit tersebut. Namun perlu juga memperhatikan keadaan dan kekuatan tubuh saat berolahraga agar tak membuat kesehatan justru malah menurun.

7. Jarang Konsumsi Sayur Buah

Sayur dan buah memang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Kandungan serat dalam buah serta sayur ini bisa menjaga kesehatan pencernaan hingga mencegah perut buncit. Tak hanya kaya serat, buah dan sayur juga mengandung nutrisi dan vitamin bermanfaat bagi tubuh sehingga mampu mencegah berbagai penyakit.

Nah itulah 7 kebiasaan sederhana penyebab perut buncit yang jarang disadari. Untuk itu diperlukan memberi asupan sehat serta diimbangi dengan aktivitas olahraga agar mencegah perut buncit. Apabila kondisi perut buncit cukup mengganggu aktivitas harian, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter kesehatan agar mendapat penanganan tepat.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending