Tak Sekadar Pedas, Ini 8 Manfaat Cabai Rawit untuk Kesehatan yang Bisa Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Kamis, 06 Agustus 2020 20:22 Penulis: Puput Saputro
Tak Sekadar Pedas, Ini 8 Manfaat Cabai Rawit untuk Kesehatan yang Bisa Tingkatkan Daya Tahan Tubuh
Manfaat cabai rawit (credit: flickr)


Kapanlagi Plus - Bagi kalian pecinta makanan pedas, tentu sudah tidak asing dengan cabai rawit. Dalam memasak, cabai rawit berfungsi memberi rasa pedas pada berbagai jenis makanan. Cabai juga sering diolah menjadi sambal, untuk hidangan pelengkap. Terkadang, cabai juga dikonsumsi langsung sebagai teman makan gorengan. Tak sekadar memberi rasa pedas, ternyata terdapat banyak manfaat cabe rawit untuk kesehatan.

Untuk sebagian orang, makanan pedas bisa membangkitkan selera makan. Tak mengherankan jika kemudian, tidak sedikit orang yang menyukai makanan pedas. Bahkan, belakangan makanan pedas juga sempat menjadi tren. Tingginya permintaan, kemudian membuat harga cabai melambung di pasaran. Namun, di balik rasa pedas harga yang kerap melonjak naik, terdapat manfaat yang tak bisa dianggap remeh.

Berikut beberapa manfaat cabai rawit untuk kesehatan, dirangkum dari berbagai sumber.

 

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Cabai rawit yang mempunyai rasa pedas ternyata mempunyai kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Dalam tubuh manusia, vitamin C bisa berfungsi sebagai antioksidan yang bertugas menangkal radikal bebas penyebab penyakit. Dengan begitu, secara tidak langsung mengonsumsi cabai rawit diyakini bisa meningkatkan daya tahan tubuh, serta akan menjauhkan kita dari risiko tertular penyakit dari virus atau bakteri.

2. Melancarkan Sistem Metabolisme Tubuh

Manfaat cabai rawit yang kedua adalah mampu melancarkan sistem metabolisme tubuh. Kemampuan ini didukung kandungan capsaicin yang terdapat dalam cabai. Kandungan capsaicin akan memberikan reaksi panas pada tubuh. Itulah sebabnya orang yang makan cabai atau makanan pedas pada umumnya akan merasa tubuhnya panas, kemudian berkeringat.

Namun perlu diketahui, manfaat cabai rawit yang satu ini tidak akan berlaku pada orang yang tahan pedas. Hal ini dikarenakan tubuh orang tersebut sudah beradaptasi dengan efek kandungan capsaicin pada cabai rawit.

3. Menyehatkan Jantung

Dalam cabai rawit terdapat berbagai kandungan yang baik untuk kesehatan jantung. Kandungan tersebut antara lain, vitamin B6, potasium, asam folat, dan betakaroten. Kandungan-kandungan tersebut diyakini sangat bermanfaat dalam mengendalikan kolesterol dan tekanan darah. Padahal, seperti yang kita tahu, kolesterol dan tekanan darah tinggi menjadi salah satu pemicu dari serangan jantung.

Artinya, mengonsumsi cabai akan menjauhkan kita dari risiko penyakit jantung. Bahkan, konsumsi rutin dalam jangka panjang dipercaya bisa menjaga jantung tetap sehat dan mampu bekerja dengan lancar.

4. Turunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu gangguan kesehatan yang telah diderita banyak orang. Untungnya, seperti yang disinggung sebelumnya, cabai rawit berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah.

Dilansir dari healthline.com, sebuah penelitian pada hewan menunjukkan kandungan capsaicin dalam cabai dipercaya bisa membuat pembuluh darah menjadi mengendur. Berdasarkan asumsi tersebut, cabai rawit diyakini mampu menurunkan tekanan darah yang tinggi. Meski begitu, untuk mengetahui efek pasti terhadap manusia, masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

5. Mengurangi Lapar

Kandungan capsaicin pada cabe ternyata bermanfaat untuk membuat kita lebih cepat merasa kenyang. Hal ini dikarenakan kandungan capsaicin pada cabai diyakini akan menurunkan produksi hormon ghrelin, atau hormon yang membangkitkan rasa lapar.

Dilansir dari healthline.com, sebuah penelitian mengungkap bahwa orang yang mengonsumsi kandungan capsaicin ternyata cenderung mempunyai porsi makan yang sedikit, dibandingkan orang yang tidak mengonsumsinya.

6. Menyehatkan Pencernaan

Selama ini yang kita tahu, mengonsumsi terlalu banyak cabai atau makanan pedas bisa menyebabkan gangguan pencernaan, seperti diare. Padahal, jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat cabai rawit justru akan sangat baik untuk pencernaan. Kandungan dalam cabai rawit dipercaya bisa mendorong kerja lambung dan menjaganya dari ancaman infeksi.

Selain itu, banyak orang yang berpikir bahwa makanan pedas bisa mengakibatkan tukak lambung. Padahal, sebuah studi justru menyebut bahwa kandungan capsaicin dalam cabai rawit sebenarnya berkhasiat dalam mengurangi risiko maag.

7. Menyehatkan Mata

Selama ini kita mengenal wortel sebagai sayuran atau bahan makanan yang bermanfaat untuk kesehatan mata. Dalam cabai rawit ternyata juga terdapat sebuah senyawa yang baik untuk kesehatan mata, yaitu vitamin B2. Bahkan, sebuah sumber menyebut manfaat cabai dalam menjaga kesehatan mata sama ampuhnya dengan wortel. Namun, untuk mendapatkan manfaat ini, kalian harus mengonsumsi dalam takaran yang tepat. 

8. Meredakan Nyeri

Kandungan capsaicin pada cabai ternyata juga berkhasiat sebagai pereda nyeri. Untuk meredakan nyeri, kandungan capsaicin bisa digunakan sebagai obat oles dalam bentuk krim.

Dilansir dari healthline.com, capsaicin akan mengurangi jumlah zat yang diproduksi tubuh untuk menimbulkan rasa sakit atau nyeri. Kandungan capsaicin ini dinilai efektif mengurangi berbagai rasa nyeri, mulai dari nyeri otot hingga nyeri setelah operasi.

Namun, untuk menggunakannya tak bisa sembarangan. Pastikan menggunakan krim capsaicin yang memang sudah teruji dan terpercaya. Selain itu, krim juga tidak boleh diaplikasikan pada kulit yang mengalami luka terbuka.

Itulah di antaranya beberapa manfaat cabai rawit untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI