8 Makanan Pereda Kram Otot, Salah Satunya Air Kelapa

Selasa, 22 September 2020 15:44 Penulis: Nurul Wahida
8 Makanan Pereda Kram Otot, Salah Satunya Air Kelapa
Ilustrasi (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Kram otot menjadi salah satu gangguan kesehatan yang biasanya terjadi secara tiba-tiba. Kondisi tersebut dapat membuat penderitanya mengalami rasa nyeri pada bagian otot di sejumlah tubuh tertentu. Meski tak berlangsung lama, rasa nyeri yang timbul karena kram otot terasa cukup mengganggu. Namun ternyata kondisi ini dapat diredakan dengan makanan pereda kram otot yang bisa dikonsumsi untuk mengurangi gejalanya.

Pada umumnya kram otot sering menyerang pada beberapa bagian tubuh seperti tangan, kaki, paha, leher ataupun perut. Kondisi tersebut dapat terjadi akibat otot yang mengalami kontraksi hingga ketegangan pada otot yang menyebabkan rasa nyeri pada bagian tubuh. Sejumlah penyebab kram otot dapat terjadi karena beberapa faktor seperti aktivitas fisik yang tidak tepat hingga aliran darah tidak lancar.

Kram otot biasa terjadi dalam kurun waktu yang singkat yakni selama beberapa menit. Namun keadaan tersebut cukup mengganggu dan menimbulkan rasa tidak nyaman bagi penderitanya. Gejala nyeri pada bagian tubuh tertentu seperti kaki menjadi salah satu tanda tubuh mengalami kram otot. Menariknya untuk meredakan kram otot tak hanya dapat dilakukan dengan pengobatan medis, melainkan juga bisa dengan konsumsi sejumlah makanan tertentu.

Lalu apa saja makanan pereda kram otot?

Sejumlah makanan pereda kram otot dapat dikonsumsi untuk membantu meringankan gejala kram otot hingga mencegah terjadi gangguan kesehatan tersebut. Adapun makanan pereda kram otot terangkum dalam beberapa poin di bawah ini.

 

1. Air Kelapa

Makanan pereda kram otot yang dapat dikonsumsi untuk meringankan gejala kram salah satunya adalah air kelapa. Seperti diketahui air kelapa memiliki cukup banyak nutrisi baik vitamin ataupun kandungan senyawa lainnya yang memberi manfaat pada tubuh. Kandungan elektrolit tinggi serta beberapa nutrisi lain seperti kalsium, kalium, natrium, magnesium dan fosfor dalam air kelapa menawarkan manfaat untuk membantu mengurangi gejala kram otot.

Melansir dari healthline.com, sebuah penelitian mengungkapkan konsumsi minuman yang mengandung elektrolit pada seorang atlet olahraga memiliki risiko yang lebih sedikit terkena kram otot dibanding konsumsi minuman biasa. Namun manfaat tersebut masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

2. Pepaya

Makanan pereda kram otot selanjutnya adalah buah pepaya. Kandungan vitamin dan nutrisi sehat dalam buah pepaya menawarkan sejumlah manfaat bagi tubuh. Termasuk mengurangi gejala kram otot yang dapat terjadi secara tiba-tiba. Kandungan vitamin seperti vitamin C, vitamin A, kalium dan magnesium diyakini dapat meringankan gejala kram otot.

Sebab kalium diketahui dapat membantu meredakan gejala kram otot berdasarkan penelitian yang diuji pada 230 perempuan. Sejumlah makanan mengandung kalium tinggi lainnya juga menawarkan manfaat serupa.

3. Ikan Salmon

Sudah tidak diragukan lagi ikan salmon mengandung banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh. Salah satunya untuk meringankan gejala kram otot. Sebab ikan salmon diketahui mengandung vitamin D yang berperan penting meringankan gejala kram otot termasuk menyehatkan fungsi otot.

Mengutip dari healthline.com, ikan salmon seberat 100 gram mengandung 8 - 55 mcg vitamin D. Sehingga konsumsi ikan salmon dapat menjadi pilihan tepat mengatasi kram otot yang terjadi secara tiba-tiba sekaligus mencegah terserang gangguan kesehatan tersebut.

4. Kaldu Tulang

Makanan pereda kram otot selanjutnya juga dapat diperoleh dari makanan yang dibuat dari rebusan kaldu tulang. Kaldu tulang tersebut dapat dibuat dengan proses cukup lama yakni 8 jam lebih untuk menghasilkan kaldu yang kental dan memberi manfaat bagi tubuh. Berkaitan dengan gangguan kesehatan yang terjadi karena kram otot, kaldu tulang diketahui mengandung sejumlah nutrisi seperti magnesium, kalsium, dan natrium yang dapat mencegah kram otot.

Sehingga makanan ini dapat dikonsumsi untuk meredakan kram otot bahkan mencegah gangguan kesehatan tersebut. Menambahkan sejumlah bahan lainnya seperti cuka sari apel juga dapat membantu memberi manfaat kesehatan tubuh.

5. Alpukat

Makanan pereda kram otot yang dapat dikonsumsi untuk meringankan gejala nyeri akibat ketegangan otot tersebut selanjutnya bisa diperoleh dari buah alpukat. Dimana buah alpukat mengandung sejumlah nutrisi seperti kalium dan magnesium yang dapat memberi manfaat menjaga kesehatan otot tubuh. Termasuk meringankan gejala kram otot pada bagian tubuh tertentu.

Selain itu buah alpukat juga termasuk makanan yang mengandung elektrolit tinggi sehingga dapat berperan penting mencegah terjadi kram otot pada tubuh. Membuat sejumlah resep tertentu dari buah alpukat seperti jus ataupun smoothies bisa menjadi pilihan tepat konsumsi alpukat agar lebih nikmat.

6. Semangka

Selain buah alpukat, semangka juga termasuk makanan pereda kram otot yang menawarkan manfaat meringankan gejala kram pada tubuh. Sebab semangka menjadi salah satu buah yang memiliki kandungan air cukup tinggi. Dimana kandungan air yang tinggi tersebut bisa mencegah tubuh dehidrasi dan mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Sebab kekurangan cairan dalam tubuh dikaitkan dengan masalah kesehatan otot. Selain kandungan air yang tinggi, semangka juga memiliki nutrisi seperti magnesium serta kalium yang berperan penting menjaga kesehatan otot dan mencegah kram.

7. Ubi Jalar

Makanan pereda kram otot yang dapat dikonsumsi untuk mencegah gejala kram juga dapat diperoleh dari ubi jalar. Sebab ubi jalar mengandung kalium termasuk vitamin A tinggi yang berperan penting menjaga kesehatan otot. Mengutip dari healhtline.com, seberat 200 gram ubi jalar dapat mencukupi kebutuhan kalium sebanyak 20 persen asupan kalium dan 13 persen magnesium. Tentunya masyarakat tanah air sudah tidak asing lagi dengan ubi jalar yang mudah ditemukan di berbagai wilayah.

8. Makanan Fermentasi

Makanan fermentasi seperti tape, kimchi, acar dan lain sebagainya juga menawarkan manfaat sebagai makanan pereda kram otot. Sebab makanan fermentasi termasuk kaya elektrolit yang juga mengandung natrium cukup tinggi hingga bermanfaat pada gangguan kesehatan kram otot. Sehingga dengan konsumsi makanan fermentasi dapat membantu mencegah gejala kram otot sekaligus dapat memberi manfaat lainnya bagi tubuh terutama pencernaan.

Nah itulah 8 makanan pereda kram otot yang dapat dikonsumsi untuk mencegah gejala gangguan kesehatan ini. Apabila kram otot terjadi dalam kurun waktu lama dan berkelanjutan, konsultasi dengan dokter perlu dilakukan untuk mendapat penanganan segera.

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI