8 Manfaat Jambu Kristal untuk Kesehatan, dari Mata - Wajah

Minggu, 28 Juni 2020 09:11 Penulis: Dhia Amira
8 Manfaat Jambu Kristal untuk Kesehatan, dari Mata - Wajah
Manfaat jambu kristal (credit: Shutterstock)


Kapanlagi Plus - Jambu kristal merupakan salah satu keluarga dari jambu biji yang dapat dengan mudah kita temui di Indonesia. Jambu kristal memiliki biji yang lebih sedikit dibanding dengan jambu biji yang memiliki daging berwarna merah. Selain memiliki rasa manis, dan tekstur daging yang renyah ternyata manfaat jambu kristal untuk kesehatan tubuh juga beragam.

Selain memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, jambu kristal juga memiliki kandungan lain seperti, vitamin E, karbohidrat, serat, omega 3 dan 6, zat postassium, mineral, zat besi, dan masih banyak lagi. Penasaran apa saja manfaat jambu kristal bagi kesehatan tubuh? Dilansir dari berbagai sumber, inilah 8 manfaat buah jambu kristal bagi kesehatan tubuh kita.

 

1. Meringankan Flu

Manfaat jambu kristal yang pertama yaitu dapat meringankan flu pada tubuh. Hal tersebut karena, di dalam jambu kristal terdapat kandungan yang sangat baik untuk mengurangi lendir di tenggorokan penyebab flu dan juga batuk. Selain itu jambu kristal juga dapat menghambat aktivitas kuman dan juga mikroba yang dapat menyebabkan flu serta batuk. Itulah mengapa jambu kristal dipercaya dapat meringankan flu.

2. Kesehatan Tulang

Manfaat jambu kristal yang kedua yaitu dapat membantu kesehatan tulang. Bila kita mengonsumsi jambu kristal, maka kandungan di dalam jambu kristal dapat memberikan nutrisi bagi tulang serta pertumbuhan tulang.

Hal ini karena, di dalam jambu kristal terdapat kandungan mineral yang cukup untuk membantu memberikan nutrisi pada tulang di dalam tubuh kita. mineral sangat baik untuk kalsium di dalam tubuh, sehingga kita tidak mudah terkena osteoporosis.

3. Kesehatan Mata

Ternyata selain baik untuk kesehatan tulang, manfaat jambu kristal juga baik loh untuk kesehatan mata kita. Hal itu karena di dalam jambu kristal terdapat kandungan vitamin A yang baik untuk nutrisi mata.

Kita tahu bahwa, vitamin A sangat baik untuk kesehatan mata kita. Itulah mengapa wortel menjadi salah satu sayuran yang baik dikonsumsi untuk membantu memberi nutrisi pada mata. Tetapi selain wortel ternyata jambu kristal juga dapat membantu memberi nutrisi pada mata kita.

4. Kesehatan Otak

Manfaat jambu kristal yang selanjutnya yaitu dapat membantu kesehatan otak serta syaraf. Selain ikan, ternyata di dalam jambu kristal juga terdapat kandungan omega 3 dan juga omega 6 loh KLovers. Kita tahu bahwa kandungan omega 3 dan juga omega 6 baik untuk kesehatan otak dan saraf. Hal ini karena omega 3 dan juga 6 merupakan kandungan lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan serta pertumbuhan otak.

Bagi ibu hamil atau memiliki anak yang mengalami masa pertumbuhan, maka memberikan jambu kristal merupakan salah satu nutrisi alami yang baik. Tetapi bagi ibu hamil tidak untuk dikonsumsi secara berlebihan dan bisa berkonsultasi terlebih dahulu kepada yang ahlinya.

5. Nutrisi Wajah

Selain untuk kesehatan wajah, ternyata jambu kristal juga dapat memberi nutrisi pada wajah dengan baik loh KLovers. Hal ini karena kandungan vitamin E di dalam jambu kristal cukup banyak.

Bila kalian ingin memiliki kulit yang cerah, sehat, dan juga terhindar dari keriput, maka mengonsumsi jambu kristal adalah pilihan yang tepat. Selain dapat memberikan kita kesehatan lain, mengonsumsi jambu kristal merupakan salah satu cara alami yang aman, tanpa perlu mengonsumsi obat yang dapat membahayakan tubuh.

6. Mengobati Sariawan

Manfaat jambu kristal yang selanjutnya yaitu dapat mengobati sariawan. Hal ini karena kandungan vitamin C yang cukup banyak dalam jambu kristal, sehingga dapat mencegah dan mengatasi sariawan yang tidak kunjung sembuh. Kalian bisa mengonsumsinya secara langsung atau bisa juga di jus bila sulit untuk mengonsumsinya secara langsung.

7. Daya Tahan Tubuh

Ternyata jambu kristal juga bisa memberikan daya tahan tubuh lebih loh KLovers. Hal ini karena di dalam jambu kristal terdapat kandungan vitamin C dan juga antioksidan, yang keduanya merupakan untuk meningkatkan metabolisme di dalam tubuh secara baik.

Bukan hanya itu saja, kandungan antioksidan juga dapat melindungi sel-sel di dalam tubuh dari serangan radikal bebas, sehingga tubuh akan terhindar dari berbagai macam penyakit. Antioksidan juga baik untuk melindungi sel tubuh dari zat berbahaya penyebab penyakit kanker. Untuk itulah mengonsumsi jambu kristal dapat memberikan kita kesehatan yang baik untuk tubuh.

8. Anemia

Dan manfaat jambu kristal yang terakhir yaitu dapat mencegah anemia. Hal ini karena zat besi yang terdapat dalam jambu kristal dapat mencegah dan menangani anemia. Karena anemia terjadi akibat kekurangan zat besi di dalam tubuh. Maka dari itu mengonsumsi jambu kristal untuk penderita anemia merupakan salah satu pencegahan secara alami yang baik.

Itulah 8 manfaat jambu kristal untuk kesehatan tubuh. Selain memiliki rasa yang manis dan juga renyah, nyatanya jambu kristal juga baik dalam memberikan nutrisi ke dalam tubuh.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI