Lama Terpapar Terik Matahari? Ini 7 Dampaknya Bagi Tubuh

Senin, 28 September 2020 19:22 Penulis: Nurul Wahida
Lama Terpapar Terik Matahari? Ini 7 Dampaknya Bagi Tubuh
Ilustrasi (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Meski menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan, namun lama terpapar sinar matahari justru dapat menimbulkan sejumlah dampak buruk bagi tubuh. Dampak terpapar sinar matahari terlalu lama tersebut bisa dirasakan tubuh dengan berbagai gejala yang mengikuti. Mulai dari pusing hingga ruam di kulit menjadi salah satu efek paling umum yang terjadi saat terpapar sinar matahari terlalu lama.

Seperti diketahui sinar matahari memiliki beberapa jenis yang kita kenal. Diantaranya yakni sinar UVA, UVB, dan UVC. Ketiga jenis kandungan sinar matahari tersebut masing-masing dapat memberikan efek bagi tubuh baik efek positif ataupun sebaliknya. Namun diantara jenis tersebut, sinar UVB diyakini dapat memberikan manfaat baik bagi tubuh sebab mampu membantu meningkatkan vitamin D pada kulit.

Akan tetapi lama terpapar terik matahari juga dapat menimbulkan efek buruk bagi tubuh. Dampak paling umum yang terjadi akibat paparan sinar matahari tersebut yakni terjadi pada tubuh bagian luar seperti kulit. Namun dampak lama terpapar terik matahari juga dapat memengaruhi kesehatan tubuh bagian dalam salah satunya demam hingga flu.

Lalu apa saja dampak lama terpapar terik matahari?

Adapun dampak lama terpapar terik matahari terdapat dalam beberapa poin di bawah ini. Sehingga dengan mengetahui dampak lama terpapar terik matahari tersebut bisa menjadi cara mengantisipasi efek samping apabila terpapar lama sinar matahari. Berikut 7 dampak bagi tubuh apabila lama terpapar terik matahari.

 

1. Sunburn

Dampak bagi tubuh lama terpapar terik matahari salah satunya yang paling umum terjadi adalah mengalami sunburn. Seperti diketahui sunburn merupakan kondisi yang terjadi pada kulit dengan timbul gejala seperti kulit terbakar. Gejala tersebut ditandai dengan beberapa hal seperti ruam, kemerahan, dan nyeri.

Sunburn tersebut dapat terjadi akibat lama terpapar terik matahari terutama disebabkan oleh sinar ultraviolet (UV).  Melansir dari unitypoint.org, Dr. Bligard mengatakan jika gejala maksimal sunburn biasanya tidak muncul sekitar empat hingga lima jam setelah tubuh lama terpapar terik matahari.

2. Muncul Gejala Flu

Dampak bagi tubuh lama terpapar terik matahari selanjutnya adalah mengalami gejala flu. Gejala flu tersebut bisa dirasakan akibat efek samping sinar ultraviolet yang memengaruhi sistem kekebalan tubuh. Seperti mengutip dari liputan6.com, seorang ahli penyakit kulit bernama john anthony mengatakan zat kimia ultraviolet tersebut bisa berdampak pada sistem imunitas termasuk membuat tubuh lebih rentan terkena bakteri dan virus seperti flu.

Seperti diketahui sistem imunitas tubuh sangat penting membantu tubuh agar kebal terhadap paparan radikal bebas termasuk bakteri dan virus. Untuk itu membatasi waktu agar tak lama terpapar sinar matahari sebaiknya dilakukan untuk mencegah munculnya gejala flu.

3. Penuaan Dini

Dampak bagi tubuh lama terpapar terik  matahari lainnya yakni terjadi penuaan dini. Penuaan dini merupakan kondisi yang terjadi saat kulit mengalami sejumlah tanda-tanda penuaan seperti keriput, muncul garis-garis halus di kulit, serta kulit kendur.

Sebab sinar UV diketahui dapat merusak kolagen pada kulit yang berperan penting menjaga kesehatan kulit. Sebab kolagen memiliki fungsi sebagai protein alami tubuh yang memberikan manfaat seperti menjaga elastisitas kulit.

4. Dehidrasi

Dehidrasi menjadi dampak bagi tubuh lama terpapar terik matahari yang umum terjadi. Sebab saat tubuh terpapar sinar matahari, tubuh akan merasakan panas hingga membuat cairan tubuh keluar lebih banyak dari biasanya. Terlebih jika kalian tidak mencukupi kebutuhan cairan tubuh maka dehidrasi lebih rentan terjadi. Sejumlah gejala dehidrasi tersebut diantaranya yakni merasa lemas, pusing, tenggorokan kering dan kehausan, serta mulut kering.

5. Merasakan Demam

Lama terpapar terik matahari juga bisa berdampak pada tubuh yakni merasakan efek seperti merasakan demam. Melansir dari unitypoint.org, paparan terlalu lama terik matahari berdampak buruk bagi tubuh mengalami kehilangan air dan garam berlebihan. Sehingga sebabkan keringat berlebih hingga mengalami dehidrasi termasuk suhu badan yang meningkat. Tak hanya merasakan seperti demam, tubuh juga mengalami beberapa gejala lainnya yakni sakit kepala, mual, lemah, serta muncul keringat.

6. Kesehatan Mata Terganggu

Selain berdampak pada kulit, lama terpapar terik matahari juga dapat memengaruhi kesehatan mata. sinar UV menjadi salah satu faktor yang berpengaruh pada mata. Dampak buruk tersebut dapat dirasakan dalam jangka waktu panjang lama terpapar sinar matahari.

Seperti melansir dari unitypoint.org, efek buruknya retina pada mata dapat mengalami kerusakan hingga muncul benjolan keruh di area sekitar kornea. Kondisi tersebut bisa menyebabkan gangguan penglihatan.

7. Hati-Hati Rentan Kanker Kulit

Dampak bagi tubuh lama terpapar sinar matahari yang juga rentan berisiko terjadi adalah mengalami kanker kulit. Dampak buruk ini juga dapat dirasakan dalam jangka panjang apabila lama terpapar sinar matahari. Gangguan kesehatan pada kulit seperti karsinoma dan melanoma menjadi salah satu jenis kanker kulit yang berisiko terjadi. Sehingga apabila mengalami sejumlah gejala pada kulit setelah lama terpapar sinar matahari, melakukan konsultasi dengan dokter kesehatan sedini mungkin perlu dilakukan.

Nah itulah 7 dampak bagi tubuh lama terpapar terik matahari. Jika mengalami sejumlah kondisi di atas, konsultasi dengan dokter disarankan apabila lama terpapar terik matahari. Sehingga dengan sedini mungkin mengenali dampak terpapar terik matahari, dapat meminimalkan risiko kesehatan yang mungkin terjadi.

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI