Perkuat Energi, 9 Minuman Ini Cocok Jadi Pendamping Sarapan

Jum'at, 25 September 2020 18:22 Penulis: Nurul Wahida
Perkuat Energi, 9 Minuman Ini Cocok Jadi Pendamping Sarapan
Ilustrasi (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Sarapan menjadi aktivitas yang tidak dapat dilewatkan saat pagi hari. Sebab ada banyak manfaat sarapan bagi kesehatan yang dapat diperoleh. Selain menu utama sarapan yang dapat mengenyangkan tubuh, sejumlah minuman sehat juga cocok dikonsumsi sebagai pendamping sarapan yang bisa memperkuat energi.

Pada umumnya sarapan dilakukan saat pagi hari mulai pukul 066.00 hingga sebelum jam 12 siang. Sejumlah hidangan ramah pencernaan yang cocok dikonsumsi untuk sarapan biasanya cukup ringan mulai dari oatmeal, roti, telur, buah dan lain sebagainya sering menjadi pilihan sebagian orang. Tak heran sarapan cukup banyak menawarkan manfaat bagi kesehatan tubuh seperti menambah energi, mengontrol berat badan, serta meningkatkan sistem kerja otak.

Namun selain menu utama sarapan yang mengenyangkan, ada sederet minuman pendamping sarapan cocok dikonsumsi saat pagi hari. Minuman pendamping sarapan ini tidak hanya penting untuk memenuhi kebutuhan cairan, melainkan juga bisa memperkuat energi hingga meningkatkan metabolisme tubuh.

Lalu apa saja minuman yang cocok untuk pendamping sarapan?

Adapun minuman yang cocok untuk pendamping sarapan terdapat dalam beberapa poin di bawah ini. Sehingga selain penting memenuhi kebutuhan energi tubuh dengan menu hidangan makanan sarapan, perlu juga melengkapi dengan sejumlah minuman sehat pendamping sarapan. Berikut ini 9 minuman pendamping sarapan.

 

1. Air Putih

Air putih menjadi minuman pendamping sarapan yang tidak dapat dilewatkan begitu saja. Sebab ada banyak manfaat air putih bagi kesehatan termasuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh dan mencegah dehidrasi. Dalam hal ini terkait dengan minuman pendamping sarapan, air putih diperlukan untuk membantu tubuh tetap terhidrasi dan membantu proses detoksifikasi atau pengeluaran racun.

Minuman air putih sebelum sarapan ataupun setelah sarapan sangat baik dilakukan ketika pagi hari. Seperti diketahui bagi orang dewasa setidaknya kebutuhan cairan yang diperlukan selama sehari kira-kira sekitar 8 gelas perhari atau 2 liter air.

2. Teh Hijau

Minuman yang cocok untuk pendamping sarapan selanjutnya adalah teh hijau. Teh hijau diketahui mengandung nutrisi sehat bagi tubuh seperti antioksidan tinggi, vitamin B, folat, magnesium dan lain sebagainya. Tak heran jika teh hijau sangat cocok dikonsumsi sebagai pendamping sarapan yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

Seperti mengutip dari healhtline.com, teh hijau dapat membantu meningkatkan proses metabolisme sekaligus dapat membakar lemak penyebab berat badan naik. Namun perlu diketahui agar tidak konsumsi secara berlebihan serta dalam batas wajar.

3. Susu

Minuman yang cocok untuk pendamping sarapan juga dapat memilih susu sebagai pilihan selanjutnya. Pastinya minuman satu ini cukup umum disediakan saat pagi hari sebagai penambah energi yang cukup banyak digemari. Rasanya yang manis dan nikmat, membuat sebagian besar orang menjadikan susu minuman wajib yang disediakan untuk sarapan.

Konsumsi susu kedelai di pagi hari atau susu skim cocok untuk sarapan serta dapat mengontrol berat badan tetap terjaga. Sebab susu kedelai memiliki kalori rendah serta mengandung banyak nutrisi sehat seperti protein dan kalsium tinggi. Sehingga bisa menjadi rekomendasi minuman sehat saat pagi hari.

4. Kopi

Selain teh, kopi juga termasuk minuman yang cocok sebagai pendamping untuk sarapan. Sebab kandungan kafein dalam kopi diyakini bisa meningkatkan metabolisme dan energi. Berdasarkan penelitian sumber terpercaya dilansir dari healthline.com, kopi memiliki efek metabolisme tubuh. Namun perlu diperhatikan agar konsumsi kopi tidak berlebihan yang justru menjadi penyebab munculnya masalah kesehatan tertentu.

5. Smoothie

Kandungan kalsium dan nutrisi sehat dalam smoothie juga menawarkan sejumlah manfaat bagi tubuh. Termasuk cocok dihidangkan sebagai minuman pendamping sarapan di pagi hari. Seperti melansir dari healthyeating.sfgate.com, smoothie mengandung beberapa bahan utama yang menyehatkan tubuh seperti susu skim, yogurt bebas lemak, buah segar yang bisa membuat kenyang lebih lama serta mencegah dehidrasi. Selain menyehatkan tentunya smoothie juga sangat nikmat dikonsumsi sebagai pendamping sarapan atau menu utama sarapan.

6. Jus Sayur

Bagi kalian yang sedang menjalani program diet, jus sayur dapat dikonsumsi sebagai pendamping menu sarapan. Seperti diketahui sayur menawarkan banyak manfaat bagi tubuh karena kandungan nutrisi di dalamnya. Sejumlah sayuran seperti bayam, wortel, ataupun berdaun hijau bisa bermanfaat untuk meningkatkan energi tubuh. Selain itu kandungan zat besi cukup tinggi dalam sayuran berdaun hijau berperan penting membantu tubuh mengurangi rasa lelah healthline.com menambahkan.

7. Teh Jahe

Minuman yang cocok untuk pendamping sarapan selanjutnya adalah teh hijau. Teh hijau tersebut cukup ramah dikonsumsi bagi kalian yang memiliki sistem pencernaan sensitif. Sebab kandungan teh hijau bisa meredakan rasa mual, muntah hingga diare yang berkaitan dengan kesehatan pencernaan. Tak butuh waktu lama, cara membuat teh hijau sangat mudah dipraktikkan hanya dengan menambahkan jahe segar ke dalam air panas yang mendidih.

8. Infused Water Lemon

Infused water lemon juga bisa menjadi minuman pendamping sarapan yang menawarkan banyak manfaat bagi tubuh. Seperti dilansir dari liputan6.com, kandungan vitamin C dalam lemon bisa menjaga daya tahan tubuh tetap baik dan menangkal radikal bebas. Terlebih infused water ini juga dapat digunakan sebagai bahan alami detoks tubuh atau mengeluarkan racun dalam tubuh. Namun perlu diperhatikan agar konsumsi sesuai batas wajar.

9. Air Kelapa

Minuman yang cocok untuk pendamping sarapan lainnya adalah air kelapa. Sebab air kelapa mengandung sumber elektrolit tinggi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Selain itu sejumlah nutrisi dan vitamin juga terdapat dalam air kelapa yang bisa menjadi minuman sehat di pagi hari. Namun pastikan untuk konsumsi air kelapa muda yang masih segar dan mengandung banyak nutrisi sehat di dalamnya.

Nah itulah 9 minuman cocok untuk pendamping sarapan. selain memperkuat energi dan metabolisme, minuman tersebut juga bisa mencukupi kebutuhan cairan tubuh sekaligus mencegah dari dehidrasi.

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI