Selalu Overthinking? Ini 6 Cara Mengatasi Gangguan Kecemasan

Sabtu, 26 September 2020 10:22 Penulis: Dita Tamara
Selalu Overthinking? Ini 6 Cara Mengatasi Gangguan Kecemasan
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Gangguan kecemasan bisa terjadi lantaran seseorang memikirkan sesuatu secara berlebihan. Tentu saja hal tersebut wajar terjadi apabila kalian mempunyai masalah yang sedang dialami. Namun, kecemasan tersebut bisa menjadi tidak sehat ketika muncul secara berlebihan, sulit dikontrol, hingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Gangguan kecemasan sendiri dapat disebabkan oleh adanya masalah pada fungsi otak yang mengatur rasa takut dan emosi.

Nah, kalian juga harus mengetahui gejala apa saja yang muncul pada seseorang saat mengalami gangguan kecemasan seperti merasa uring-uringan, merasa resah dan tidak tenang, merasa ketakutan, sulit konsentrasi, merasakan sakit kepala, detak jantung berdetak lebih cepat, hingga badan merasa gemetar. Kebanyakan orang yang tidak mengetahui cara mengatasinya, mereka akan terjebak dalam rasa cemas dan hal tersebut tentu saja hanya membuang waktu dan menguras energi.

Selain itu, gangguan kecemasan yang berlebihan tentu saja memerlukan penanganan oleh seorang dokter. Bahkan, rasa cemas berlebih pun dapat bisa saja bertambah parah seiring bertambahnya waktu apabila tidak segera ditangani. Alangkah lebih baiknya, kalian dapat mengatasi gangguan kecemasan berikut ini secara mandiri terlebih dulu. Penasaran? Yuk langsung saja simak ulasan lengkap berikut ini.

 

1. Yoga

Apabila kalian mengalami gangguan kecemasan, solusi yang paling efektif yaitu melakukan olahraga. Cobalah untuk memilih olahraga yoga yang bisa kalian praktekkan sendiri di rumah. Nah, melakukan olahraga yoga sendiri dapat membantu melepaskan endorphin yang penting untuk mengatasi cemas dan menurunkan tingkat stres. Ada baiknya, kalian bisa melakukan yoga empat kali dalam seminggu.

2. Kurangi Menggunakan Media Sosial

Di jaman yang serba modern ini, tentunya semua orang akan mengakses media sosial dan menjadi makanan sehari-hari yang tidak bisa dijauhkan. Namun ternyata, penggunaan media sosial justru akan berdampak buruk pada gangguan kecemasan lho. Mengapa? Sebab seseorang cenderung membandingkan diri sendiri dengan orang lain yang semakin menimbulkan rasa cemas. Sebaiknya, kalian bisa mulai mengurangi penggunaan media sosial. Kalian bisa menghabiskan waktu dengan cara lain misalnya beristirahat.

3. Konsumsi Makanan Sehat

Ternyata mengonsumsi makanan sehat sangat berpengaruh terhadap gangguan kecemasan. Oleh sebab itu, kalian bisa mengonsumsi makanan sehat bergizi dan seimbang. Dalam mengatasi rasa cemas atau depresi, kalian dapat meminimalisir konsumsi gula dan karbohidrat olahan. Perbanyak asupan vitamin B dalam tubuh. Depresi dapat dipicu karena kurangnya kandungan vitamin B pada tubuh.

4. Kurangi Konsumsi Kafein

Cara lainnya yang dapat kalian lakukan untuk menekan rasa cemas yang mungkin timbul adalah dengan mengurangi konsumsi kafein. Hal ini lantaran kandungan kafein dengan dosis tinggi juga dapat meningkatkan kecemasan. Meskipun setiap orang itu memiliki batas yang berbeda-beda terhadap kandungan kafein pada tubuhnya. Tapi, jika kalian merasa gelisah atau cemas yang berlebih, cobalah untuk mengurangi konsumsi minuman-minuman tersebut. Kopi dapat membuat tubuh lebih sehat, tetapi juga dapat meningkatkan rasa cemas.

5. Berendam Air Hangat

Berendam air hangat bisa kalian lakukan guna merelaksasikan otot-otot yang tegang penyebab cemas. Selain itu, bila kalian merasa dalam kondisi cemas berlebih dengan suatu masalah, cobalah untuk menenangkan pikiran dengan cara mandi air hangat yang dapat mengatasi rasa cemas yang melanda. Mandi air hangat juga bisa membantu merangsang kinerja otak untuk memproduksi hormon oksitosin. Hormon inilah yang nantinya akan membuat perasaan hati Anda menjadi tenang, senang, dan terhindar dari pikiran negatif.

6. Fokus Pada Penyelesaian Masalah

Rasa cemas yang berlebih tentu dapat mengganggu kalian. Semakin terus membiarkan overthinking menghantui kalian hal tersebut dapat menyebabkan kalian makin stress. Mulai dari sekarang, fokuslah pada penyelesaian masalah. Daripada kalian terus menanyakan mengapa sesuatu terjadi pada kalian, ubahlah pemikiran tersebut dengan tanyakan pada diri sendiri apa yang dapat kalian lakukan untuk mengatasi solusi tersebut.

Itulah sederet cara mengatasi gangguan kecemasan supaya hidup lebih tenang. Semoga bermanfaat.

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI