12 Manfaat Bekam Bila Dilakukan Rutin, Bisa Atasi Jerawat - Kesuburan

Kamis, 05 November 2020 12:33 Penulis: Dhia Amira
12 Manfaat Bekam Bila Dilakukan Rutin, Bisa Atasi Jerawat - Kesuburan
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Bekam merupakan salah satu metode pengobatan tradisional dengan cara mengeluarkan darah statis yang mengandung toksin dari dalam tubuh. Bekam menjadi salah satu terapi pengobatan alternatif tertua yang pernah ada di dunia dan dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Itulah mengapa banyak sekali manfaat bekam dalam menangani berbagai macam masalah kesehatan tubuh.

Bekam melakukan pengobatan dengan menggunakan sebuah alat khusus yang berbentuk seperti cawan, dan akan menghisap lapisan kulit serta lemak dari otot. Dan ada titik-titik tertentu yang menjadi metode dalam bekam. Biasanya bekam mengambil titik seperti kepala, punggung belakang, hingga perut.

Untuk itu, kira-kira apa saja ya manfaat bekam bagi kesehatan tubuh? Dilansir dari berbagai sumber, yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Melancarkan Peredaran Darah

Manfaat bekam bagi tubuh yang pertama yaitu dapat melancarkan peredaran darah. Saat seseorang melakukan bekam, maka tubuh akan mengeluarkan darah karena melakukan proses penyedotan melalui cup bening.

Dan dalam proses penyedotan tersebutlah dipercaya bahwa darah-darah kotor tersebut keluar yang membuat proses peredaran darah lancar. Bila darah kotor ini dibiarkan begitu saja, maka hal tersebut bisa menyebabkan penyumbatan di pembuluh darah.

 

2. Membuang Racun di Dalam tubuh

Salah satu manfaat bekam yang dipercaya bagi sebagian orang yakni dapat membantu membuang kolesterol jahat dan racun di dalam tubuh. Hal ini lagi-lagi karena keluarnya darah di dalam tubuh kalian. Yup! Keluarnya darah ini dipercaya mampu membuang racun yang bercampur dengan darah-darah kotor.

Dengan terbuangnya racun tersebut, maka tubuh akan merasa lebih baik. Banyak orang yang memilih bekam menjadi alternatif pertama saat tubuh mulai merasakan tidak enak badan. Hal tersebut terbukti jika bekam dapat membantu membuang racun yang berkumpul di darah.

 

3. Mengurangi Kolesterol Jahat

Bukan hanya racun saja, nyatanya bekam juga mampu mengeluarkan kolesterol jahat di dalam tubuh loh KLovers. Kolesterol merupakan salah satu lemak yang bercampur dengan darah. Kolesterol memang sangat dibutuhkan oleh tubuh, tetapi bila berlebihan maka akan menimbulkan masalah bagi kesehatan ya KLovers.

Dan tentu saja kolesterol jahat ini harus segera dibuang, karena bisa menghambat peredaran darah yang menyebabkan penyakit jantung, darah tinggi, hingga stroke. Dan untuk membuang hal tersebut kalian bisa menggunakan manfaat bekam, karena bekam akan mengeluarkan kolesterol bersama dengan darah kotor.

 

4. Meredakan Sakit Kepala

Bukan hal yang asing lagi bila bekam mampu mengatasi sakit kepala atau migrain. Sakit kepala sendiri merupakan salah satu penyakit ringan, namun akan sangat mengganggu aktivitas bila tidak segera diobati.

Dan salah satu pengobatan tradisional yang dipercaya banyak orang yaitu dengan menggunakan metode bekam. Pada area kepala terdapat sekitar 100 titik bekam yang paling baik. Selain itu darah yang keluar saat melakukan bekam kepala ini akan membuat berbagai gangguan di area kepala, salah satunya sakit kepala.

 

5. Mengatasi Asma

Ternyata manfaat bekam juga mampu mengatasi masalah pada pernapasan loh KLovers. Manfaat bekam yang satu ini memang sudah terbukti oleh beberapa penelitian. Bahkan ketika kalian melakukan metode bekam secara tradisional maka, dapat digunakan untuk mengobati gangguan paru-paru seperti batuk, kongesti bronkial, dan asma.

Untuk mendapatkan penyembuhan melalui bekam, kalian harus datang pada yang ahlinya ya KLovers. Dan tidak bisa sembuh hanya dalam sekali melakukan bekam saja, kalian harus melakukan terapi ini beberapa kali secara rutin sesuai anjuran sang ahli bila ingin mendapatkan hasilnya.

 

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

Memiliki tubuh ideal adalah impian setiap orang. Bukan hanya dapat memberikan kesembuhan dan kesehatan saja, namun kalian juga bisa loh mendapatkan berat badan yang ideal dengan menggunakan manfaat bekam. Hal ini karena bekam dapat mengeluarkan jaringan lemak yang berada di bagian pori-pori tubuh.

Selain itu bekam juga bisa menjadi terapi dalam meningkatkan proses metabolisme tubuh. Proses metabolisme yang baik ini bisa menghancurkan lemak lebih banyak dibandingkan orang-orang yang memiliki metabolisme tidak teratur. Oleh sebab itu, jika kalian ingin menurunkan berat badan, bekam bisa menjadi salah satu solusinya.

 

7. Mengatasi Masalah Kesuburan

Tidak hanya itu saja, nyatanya bekam juga mampu mengatasi masalah kesuburan pada wanita loh KLovers. Bagi kalian yang sulit memiliki anak, maka mungkin terapi bekam menjadi salah satu solusinya. Walaupun belum ada peneliti yang menyatakan keberhasilan ini, namun sudah banyak yang berhasil mengatasi masalah kesuburan dengan metode bekam.

Hal ini karena, dengan menggunakan manfaat bekam maka tubuh akan mengeluarkan darah kotor dan darah statis dari dalam tubuh. Hal ini berfungsi untuk mengeluarkan racun, toksin dan sumbatan yang berpotensi untuk menjadi penghambat proses kehamilan.

 

8. Meringankan Gejala Demam

Demam bisa dapat menjadi salah satu penyakit ringan yang sering dialami oleh banyak orang. Biasanya demam terjadi karena tubuh yang kurang fit, pergantian musim, hingga masuk angin. Namun tidak perlu khawatir KLovers, kalian bisa kok menggunakan manfaat bekam dalam penyembuhan penyakit demam ini.

Selain mengeluarkan darah kotor, nyatanya bekam juga mengeluarkan angin melalui pori-pori. Sehingga hal ini dapat mengatasi beberapa masalah dalam demam, yang salah satunya disebabkan oleh masuk angin. Tidak hanya itu saja, dengan melakukan bekam maka tubuh akan merasa lebih ringan dan tidur pun lebih nyenyak. Sehingga kalian bisa beristirahat dengan baik, agar tubuh cepat pulih dari demam.

 

9. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Manfaat bekam yang lainnya yaitu dapat meningkatkan sistem imun di dalam tubuh. Hal ini lantaran racun-racun yang keluar karena bekam bisa membuat paru-paru, jantung, dan hati lebih bersih sehingga sistem kekebalan tubuh pun akan berjalan tanpa hambatan. Selain itu bekam juga bisa menjadi terapi dalam meningkatkan proses metabolisme tubuh. Sehingga tubuh menjadi sehat karena sistem imun meningkat.

 

10. Menghilangkan Depresi

Nyatanya bekam juga mampu membuat seseorang merasa tenang loh KLovers. Dengan memberikan rasa tenang, membuat bekam mampu menghilangkan depresi di dalam tubuh kalian. Bagi yang sering merasa stres dan depresi lantaran berbagai hal, seperti permasalahan kerja dan keluarga, bekam bisa menjadi solusi untuk mengatasi hal tersebut.

Sebab, bekam bisa dikatakan sebagai metode relaksasi yang membuat badan menjadi terasa ringan dan nyaman kembali. Selain itu, bekam juga mampu membuat kalian tidur dengan nyenyak. Dengan tidur nyenyak maka badan lebih segar, dan depresi pun berkurang.

 

11. Menurunkan Darah Tinggi

Kemudian manfaat bekam yang selanjutnya yaitu dapat menurunkan darah tinggi. Yup! Darah tinggi atau hipertensi menjadi salah satu penyakit yang cukup berbahaya, karena dapat mengakibatkan stroke hingga serangan jantung.

Selain mengonsumsi obat darah tinggi, kalian bisa kok mengatasi penyakit darah tinggi dengan menggunakan metode bekam KLovers. Hal ini karena bekam diklaim berperan dalam mengurangi kadar lemak dan kolesterol jahat (LDL) yang mengendap di dinding pembuluh darah. Dengan cara ini diharapkan sumbatan di bagian tubuh tersebut bisa berkurang. Sehingga penyakit yang menyebabkan darah tinggi bisa teratasi dengan baik.

 

12. Mengatasi Jerawat

Dan manfaat bekam yang terakhir yaitu dapat mengatasi jerawat. Bukan hanya mampu mengatasi hal-hal kesehatan tubuh saja, nyatanya bekam juga mampu mengatasi masalah jerawat loh KLovers. Manfaat terapi bekam adalah meningkatkan sirkulasi darah sehingga distribusi oksigen dan nutrisi semakin baik.

Dan dengan begitu, maka membuat kondisi kulit jadi lebih sehat. Sehingga jerawat, eksim, dan selulit bisa berkurang karena terapi bekam. Jadi untuk memberikan kesehatan pada kulit, kalian bisa mengatasi hal itu dengan menggunakan manfaat bekam.

Itulah 12 manfaat terapi bekam yang baik bagi kesehatan tubuh kalian. Bukan hanya dapat mengatasi berbagai macam masalah dalam sakit yang serius saja, nyatanya bekam juga mampu mengatasi masalah kulit wajah karena jerawat.

 

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI