Makin Lezat Ketika Disantap, Ini 6 Cara Menghilangkan Rasa Pahit Pada Pare

Jum'at, 25 September 2020 15:55 Penulis: Dita Tamara
Makin Lezat Ketika Disantap, Ini 6 Cara Menghilangkan Rasa Pahit Pada Pare
(credit: dream.co)


Kapanlagi Plus - Pare salah satu jenis sayuran yang mudah ditemukan di Indonesia. Namun, rasanya yang pahit membuat sebagian orang tidak menyukainya. Perlu kalian ketahui jika banyaknya kebaikan pare untuk tubuh, alangkah baiknya untuk mengonsumsi tumbuhan yang merambat ini untuk kalian list ke dalam menu harian.

Selain itu pare juga mengandung banyak vitamin dan mineral, rasanya sayang jika kalian melewatkan sayuran ini hanya karena rasanya. Padahal ada berbagai cara untuk menghilangkan rasa pahit dari pare itu sendiri.

Meski banyak juga yang menyukai pare lantaran rasa pahit yang menjadi ciri khasnya itu, namun juga banyak yang menghindari pare karena timbulnya rasa getir pada saat dikonsumsi. Sayuran lonjong dan memiliki permukaan bergerigi ini juga mempunyai banyak sekali manfaatnya seperti meredakan asma, kesehatan tulang, hingga menurunkan kadar gula darah.

Sebelum mengetahui caranya, pemilihan pare ternyata juga mempengaruhi dari rasa pare itu sendiri. Pilihlah pare yang tidak terlalu besar, sebab semakin besar pare rasanya pun semakin pahit. Selain itu, pilihlah pare yang berwarna hijau tua. Nah, untuk mendapatkan banyaknya manfaat pare tanpa takut merasakan rasa pahit, sederet cara ini bisa membantu kalian untuk menghilangkan rasa pahit pada pare dan makin lezat ketika disantap. Penasaran dengan caranya? Yuk langsung saja simak ulasan lengkap berikut ini.

 

1. Gunakan Garam

Garam menjadi salah satu bahan yang mampu menghilangkan rasa pahit pada pare. Caranya, pertama-tama belah pare menjadi dua bagian. Setelah itu buang bijinya hingga selaput putih yang ikut menempel pada daging buahnya bersih. Lalu, iris tipis-tipis daging parenya, kemudian taburi garam dan remas-remas agar rasa pahit dalam pare hilang hingga lemas atau lunak. Sebelum dimasak, diamkan terlebih dahulu selama 15 menit lalu cuci dengan air yang mengalir.

2. Gunakan Gula Pasir

Rupanya tak hanya garam yang bisa mengatasi rasa pahit dari pare. Namun, gula pasir juga bisa menjadi pilihan kalian untuk membantu menghilangkan rasa pahitnya. Caranya pun juga nggak jauh berbeda dengan menggunakan garam. Setelah dihilangkan biji dan selaput putih yang menempel serta diiris kecil-kecil, selanjutnya kalian hanya perlu menaburkan gula. Kalian bisa meremas pare yang sudah ditaburi gula itu. Meremas pare bertujuan agar cairan asal rasa pahit pare ini bisa hilang dan keluar.

3. Gunakan Tanah Liat

Bukan menjadi rahasia umum dan sudah banyak yang mengetahui jika perebusan dengan tanah liat digunakan untuk menghilangkan rasa pahit. Cara ini sudah banyak digunakan oleh orang-orang jaman dulu. Untuk menghasilkan cita rasa pare yang tidak pahit, kalian bisa memanfaatkan cara ini.

Pertama-tama kalian bisa menyiapkan tanah liat terlebih dahulu, atau kalian bisa mendapatkannya di pasar tradisional. Gunakan tanah liat sedikit saja, kemudian rebus bersama pare yang sudah dibuang bijinya dan selaput putihnya. Kalian bisa merebusnya selama lima menit untuk kemudian angkat dan cuci bersih.

4. Daun Jambu Biji

Jika kalian mempunyai tanaman jambu biji, inilah cara yang pas untuk membantu menghilangkan rasa pahit pada pare. Ya, daun jambu biji terbukti efektif dalam menetralkan rasa pahit dari pare.

Caranya cukup mudah. Tinggal rebus pare yang sudah dibuang biji dan selaput putihnya dengan beberapa lembar daun jambu biji yang sudah diremas-remas selama 5 menit. Setelah dirasa cukup, tiriskan pare dari rebusan daun jambu biji kemudian bilas dengan air yang mengalir.

5. Gunakan Cuka

Cuka menjadi salah satu bahan dapur yang bisa kalian manfaatkan untuk menetralkan rasa pahit pada pare. Caranya pun terbilang sangat mudah. Kalian cukup siapkan secangkir cuka putih, lalu tambahkan 2 sdm garam, dan 2 sdm gula pasir. Setelah itu, rebus semua bahan dan pare yang sudah dibuang biji dan selaput putih selama 2 menit. Setelah direbus, cuci pare dengan air mengalir dan tiriskan. Rasa pahit dalam pare pun akan hilang.

Itulah sederet cara menghilangkan rasa pahit pada pare. Kalian bisa memilih cara mana yang ingin kalian gunakan. Semoga bermanfaat.

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI