Manajemen Adalah Ilmu Mengatur Potensi Perusahaan, Pahami Tujuan dan Unsur-Unsurnya

Selasa, 08 Desember 2020 12:33 Penulis: Puput Saputro
Manajemen Adalah Ilmu Mengatur Potensi Perusahaan, Pahami Tujuan dan Unsur-Unsurnya
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Manajemen jadi salah satu bidang ilmu yang tak pernah sepi peminat. Wajar saja, sebab manajemen memang termasuk bidang ilmu yang bisa diterapkan di berbagai bidang. Mulai dari perusahaan, pendidikan, hingga pemerintahan semua memerlukan keahlian manajemen. Pasalnya, manajemen mengajarkan keterampilan dalam mengatur segala hal, untuk tercapainya suatu tujuan.

Itulah sebabnya selain dipandang sebagai ilmu pengetahuan, manajemen juga kerap dinilai sebagai suatu keterampilan. Manajemen adalah satu hal yang harus dikuasai suatu perusahaan atau organisasi lain agar bisa mencapai tujuannya. Dengan menerapkan manajemen, tujuan-tujuan tersebut akan dapat dicapai melalui cara-cara yang efektif dan efisien.

Manajemen adalah ilmu yang penting untuk dipelajari siapapun. Nah agar lebih paham apa itu manajemen, simak beberapa ulasan berikut yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

 

1. Pengertian Manajemen Adalah

Seperti yang sudah disinggung di awal, manajemen adalah ilmu sekaligus keterampilan yang akan memudahkan perusahaan atau organisasi mencapai tujuan. Dalam proses mencapai tujuan tersebut, manajemen berperan mengatur setiap sumber daya yang ada. Sehingga, setiap sumber daya dapat bersinergi secara efisien dan efektif.

Dalam praktik mencapai tujuan, manajemen terdiri atas serangkaian proses yang meliputi perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pengarahan (actuating), kepegawaian (staffing), dan pengawasan (controling). Kelima proses tersebut saling berkaitan. Artinya, harus dilakukan secara berurutan dan dengan teliti. Selain itu, kelimanya juga termasuk fungsi dari ilmu manajemen.

 

2. Tujuan Manajemen

Bagi suatu perusahaan atau organisasi manajemen menjadi hal yang sangat penting untuk diterapkan. Pasalnya, penerapan manajemen mengandung tujuan-tujuan penting. Berikut di antaranya tujuan-tujuan manajemen tersebut.

1. Meningkatkan Efisiensi
Penerapan manajemen akan membuat sumber daya yang dimiliki perusahaan atau organisasi menjadi lebih bersinergi. Sehingga, tujuan dari perusahaan atau organisasi tersebut akan bisa dicapai dengan tahapan yang lebih terarah. Pada tataran produksi, manajemen juga akan mengurangi risiko pemborosan biaya, tenaga, dan waktu. Artinya, kegiatan utama perusahaan akan berjalan efisien.

2. Mendapatkan Hasil Maksimal
Berkaitan dengan tujuan pertama, saat perusahaan atau organisasi sudah menjalankan kegiatannya secara efisien, maka hasil atau keuntungan juga akan meningkat. Bahkan, ada yang menyebut hal ini merupakan tujuan dari manajemen yang paling utama.

3. Meningkatkan Kesejahteraan Pegawai
Dalam jangka panjang, manajemen tidak hanya akan memberi dampak pada perusahaan. Kegiatan yang berjalan efisien, serta keuntungan atau hasil yang maksimal juga akan mensejahterakan pegawai. Apalagi, manajemen juga dapat di aplikasikan pada sistem pemberian upah yang sesuai dan insentif.

 

3. Unsur-Unsur Manajemen

Mempelajari manajemen memang tidak bisa membutuhkan waktu yang sebentar. Ada banyak hal yang harus dipelajari agar bisa menguasai ilmu dan keterampilan dalam manajemen. Salah satunya, terkait unsur-unsur manajemen. Unsur-unsur manajemen adalah hal penting yang akan sangat berperan dalam keberhasilan suatu perusahaan atau organisasi mencapai tujuan.

Berikut beberapa unsur-unsur dalam manajemen.

1. Manusia
Manusia jadi unsur penting dalam manajemen. Sebagai pelaku, semakin baik sumber daya manusia yang ada, maka semakin baik pula hasil yang akan didapatkan.

2. Dana
Dana atau uang juga tak kalah penting dalam manajemen. Sebab, adanya dana atau uang menjadi salah satu unsur penting untuk kelangsungan perusahaan.

3. Mesin
Keberadaan mesin akan membuat pekerjaan jadi lebih mudah dan cepat. Artinya, keberadaan mesin juga akan melancarkan kegiatan manajemen dalam mencapai tujuan.

4. Material
Unsur material merupakan unsur penting dalam manajemen, khususnya di bidang usaha. Pasalnya, hasil yang baik hanya bisa dicapai bila terdapat material yang baik pula.

5. Metode
Menerapkan manajemen juga perlu memilih metode yang tepat. Dengan metode yang tepat, pekerjaan akan lebih efisien dan efektif. Sebagai catatan, dalam menentukan metode sebaiknya juga mempertimbangkan sasaran, fasilitas, waktu, uang, dan kegiatan bisnis.

6. Pasar
Unsur manajemen yang terakhir adalah pasar. Unsur ini akan dipengaruhi unsur material, sebab seperti yang kita tahu produk yang diterima pasar harus berkualitas baik.

 

4. Fungsi Manajemen

Sudah sempat disinggung sebelumnya, kegiatan manajemen memiliki 5 fungsi mendasar. Kelima fungsi tersebut antara lain sebagai berikut.

1. Perencanaan
Perencanaan adalah fungsi paling mendasar dari manajemen. Pada tahap ini, akan ditentukan setiap tahapan atau langkah-langkah yang akan ditempuh demi mencapai tujuan secara sistematis dan terarah dengan memanfaatkan potensi-potensi atau sumber daya yang ada.

2. Pengorganisasian
Fungsi manajemen yang kedua untuk menjalankan pengorganisasian. Dalam hal ini, pengorganisasian yang dimaksud adalah proses yang menyatukan potensi atau sumber daya fisik, keuangan, dan manusia.

3. Kepegawaian
Fungsi kepegawaian manajemen berguna untuk menjaga struktur organisasi, agar suatu posisi dalam struktur organisasi bisa diisi oleh orang yang benar-benar sesuai dan berkompeten.

4. Pengarahan
Fungsi pengarahan berisi kegiatan-kegiatan yang perlu dilakukan. Kegiatan ini bertujuan mengarahkan atau mengendalikan agar efektivitas dan efisiensi kerja.

5. Pengawasan
Pengawasan dilakukan untuk menilai dan memberikan evaluasi pekerjaan-pekerjaan atau usaha-usaha yang telah dilakukan. Dengan begitu, performa organisasi atau perusahaan juga akan lebih terkontrol.

Itulah di antaranya penjelasan mengenai manajemen adalah ilmu yang penting untuk dipelajari saat ini. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan.

 

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI