Tak Sekedar Enak, Ini 8 Manfaat Ikan Lele Bagi Kesehatan Tubuh

Selasa, 08 Desember 2020 10:33 Penulis: Dhia Amira
Tak Sekedar Enak, Ini 8 Manfaat Ikan Lele Bagi Kesehatan Tubuh
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang biasanya ada di danau, kali, hingga rawa. Ikan lele sangat mudah dikenali, dengan bentuk fisik berwarna hitam, pipih memanjang, memiliki kumis, dan juga memiliki kulit yang licin. Walaupun ada yang tidak menyukai lele karena bentuknya dan kulitnya yang berlendir, nyatanya manfaat ikan lele juga sangat banyak loh untuk kesehatan tubuh.

Lele menjadi salah satu ikan yang juga dibudidaya, karena banyak yang menyukai ikan jenis ini. Ikan lele sangat mudah untuk kita temui di rumah makan hingga warung pinggir jalan. Harganya yang terjangkau, membuat lele memiliki banyak sekali olahan makanan yang enak. Dari goreng, bakar, bumbu kuning, hingga balado pedas.

Menjadi salah satu ikan yang dikonsumsi sehari-hari, kira-kira apa saja ya manfaat ikan lele bagi kesehatan tubuh? Dilansir dari berbagai sumber, ini 8 manfaat ikan lele yang wajib kalian ketahui. Yuk langsung saja dicek KLovers.

 

 

1. Membangun Kesehatan Otot

Manfaat ikan lele yang pertama yaitu, dapat membangun kesehatan otot di dalam tubuh. Otot membuat bagian tubuh bergerak dengan melakukan kontraksi dan relaksasi. Karenanya, bagian tubuh ini disebut anggota gerak aktif. Kontraksi adalah saat otot menjadi kencang dan relaksasi adalah saat otot menjadi kendur.

Dan untuk membangun kesehatan pada otot kalian bisa mengonsumsi ikan lele. Hal ini karena kandungan protein yang tinggi dalam ikan lele mampu membuat otot menjadi lebih sehat. Dengan mengonsumsi makanan yang tinggi akan protein dalam jumlah yang cukup membantu mempertahankan massa otot dan meningkatkan pertumbuhan otot saat jika diimbangi dengan olahraga rutin.

Menjaga asupan protein tetap tinggi juga dapat membantu mencegah kehilangan otot selama penurunan berat badan. Sehingga tubuh tidak mudah terlihat kendur dan tetap memiliki badan yang kencang dan juga sehat.

 

 

2. Menutrisi Tulang

Tidak hanya memberikan kesehatan pada otot saja, nyatanya manfaat ikan lele juga sangat baik dalam menutrisi tulang. Hal ini karena, ikan lele mengandung vitamin dan mineral yang menguatkan tulang. Semua jenis ikan, termasuk ikan lele tinggi akan kandungan vitamin D yang penting untuk menyerap kalsium pembentuk tulang.

Lele juga mengandung fosfor yang lebih tinggi dari telur. Fosfor berperan mendukung kesehatan tulang, gusi dan gigi. Protein dalam lele juga memiliki manfaat besar bagi kesehatan tulang. Orang yang makan lebih banyak protein cenderung mempertahankan massa tulang lebih baik seiring bertambahnya usia, dan memiliki risiko osteoporosis dan patah tulang yang jauh lebih rendah.

Bahkan kandungan vitamin B12 pada ikan lele juga memainkan peran penting dalam kesehatan tulang. Karena kadar vitamin B12 yang rendah dalam darah ini telah dikaitkan dengan peningkatan risiko osteoporosis. Sehingga mengonsumsi makanan yang tinggi vitamin B12 juga mampu dengan baik dalam menutrisi tulang.

 

 

3. Mengatasi Anemia

Bila kalian memiliki masalah anemia, maka kalian bisa kok mengatasi masalah hal tersebut dengan menggunakan manfaat ikan lele. Anemia sendiri merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh kurangnya sel darah merah, atau sel darah merah yang tidak berfungsi di dalam tubuh.

Karena hal tersebut menyebabkan aliran oksigen berkurang ke organ tubuh. Sehingga hal ini membuat seseorang mudah kelelahan, terlihat pucat, sesak napas, pusing, limbung, atau detak jantung cepat. Dan untuk mengatasi hal ini kalian bisa mengatasinya dengan mengonsumsi ikan lele. Ikan lele merupakan sumber vitamin B12 yang baik. Vitamin B12 berperan penting dalam membantu tubuh memproduksi sel darah merah.

Kadar vitamin B12 yang rendah menyebabkan pengurangan pembentukan sel darah merah. Sehingga dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin B12 dapat mencegah anemia serta meringankan gejalanya. Dan kalian bisa mendapatkan manfaat ini dengan mengonsumsi ikan lele dengan takaran yang baik.

 

 

4. Baik untuk Kesehatan Jantung

Sering dianggap sepele, nyatanya manfaat ikan lele sangat baik dalam kesehatan jantung loh KLovers. Hal ini karena di dalam ikan lele terdapat kandungan berupa asam lemak omega 3. Kandungan asam lemak omega 3 ini memang sering dikaitkan dengan kesehatan jantung. Hal itu karena omega 3 dapat menyebabkan pengurangan besar dalam trigliserida dan tekanan darah.

Bahkan kandungan omega 3 ini dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL baik di dalam tubuh. Mengonsumsi makanan kaya akan omega-3 dapat mencegah trombosit darah menggumpal yang berbahaya bagi kesehatan jantung. Beberapa penelitian mencatat bahwa asupan protein tinggi juga dapat menurunkan tekanan darah.

 

 

5. Memberikan Kesehatan Otak

Tidak hanya memberikan kesehatan otak saja, nyatanya manfaat ikan lele juga mampu memberikan kesehatan pada otak kalian loh KLovers. Otak merupakan salah satu organ tubuh yang tidak kalah penting dengan jantung. Karena otak juga harus selalu diberikan nutrisi dengan baik, agar saat bertambahnya usia otak masih mampu bekerja dengan baik. Dan untuk menutrisi otak kalian bisa mengonsumsi ikan lele.

Hal ini karena, di dalam ikan lele terdapat kandungan berupa vitamin B12 yang berperan dalam mencegah atrofi otak atau hilangnya neuron di otak. Hal ini sering sekali dikaitkan dengan kehilangan memori atau demensia. Kombinasi vitamin B12 dengan asam lemak omega 3 dapat memperlambat penurunan daya ingat. Bahkan asupan omega 3 yang lebih tinggi dapat menurunkan mental terkait usia dan penurunan risiko penyakit Alzheimer.

 

 

6. Baik untuk Ibu Hamil

Tidak perlu diragukan lagi bagaimana kehebatan dari manfaat ikan lele. Bagaimana tidak, ikan ini juga sangat baik loh bila dikonsumsi ibu hamil. Hal ini lagi-lagi karena kandungan asam lemak omega 3 di dalam ikan lele. Omega 3 sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otak pada bayi. Kandungan omega 3 ini terdiri dari DHA yang menyumbang 40% dari asam lemak tak jenuh ganda di otak dan 60% di retina mata.

Mendapatkan cukup omega 3 selama kehamilan dikaitkan dengan banyak manfaat untuk anak termasuk kecerdasan, keterampilan komunikasi dan sosial yang lebih baik, risiko penurunan keterlambatan perkembangan, hingga mengurangi risiko ADHD, autisme dan cerebral palsy.

Tak hanya itu saja kadar vitamin B12 dalam lele juga sangat penting untuk kehamilan yang sehat. Sebuah studi menunjukkan bahwa, otak dan sistem saraf janin membutuhkan kadar B12 yang cukup dari ibu untuk berkembang dengan baik. Vitamin D pada lele juga bisa mencegah risiko preeklampsia dan melahirkan prematur.

 

 

7. Cocok untuk Menu Diet

Manfaat ikan lele yang selanjutnya yaitu sangat cocok untuk menu diet. Bagi kalian yang sedang melakukan program diet, maka kalian bisa loh menggunakan manfaat ikan lele ini. Kaya akan kandungan protein membuat lele sangat cocok untuk menu diet harian kalian. Protein adalah makanan yang paling mengenyangkan. Mengonsumsi makanan yang tinggi protein dapat mengurangi rasa lapar, membantu kalian makan lebih sedikit kalori. Dengan begitu ini akan menyebabkan peningkatan fungsi hormon pengatur berat badan.

 

 

8. Memberikan Kesehatan Kulit

Dan manfaat ikan lele yang terakhir yaitu dapat memberikan kesehatan pada kulit kalian. Sudah sejak lama dipercaya bahwa banyak ikan air tawar yang memiliki kandungan dapat dengan baik memberikan nutrisi pada kulit, dan salah satunya yaitu ikan lele. Hal ini lagi-lagi karena kandungan vitamin B12 di dalam ikan lele.

Kadar vitamin B12 yang rendah di dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai gejala dermatologis, termasuk hiperpigmentasi, perubahan warna kuku, perubahan rambut, vitiligo, dan sudut mulut meradang dan pecah. Namun dengan mengonsumsi ikan lele hal itu dapat mencegah kekurangan vitamin B12 ini.

Asam lemak omega 3 dalam ikan lele dapat menghasilkan DHA yang merupakan komponen struktural kulit. DHA bertanggung jawab untuk kesehatan selaput sel, yang membentuk sebagian besar kulit. Membran sel yang sehat menghasilkan kulit yang lembut, lembab, kenyal, dan bebas kerut.

Itulah 8 manfaat ikan lele yang baik untuk kesehatan tubuh, dan jarang diketahui. Sering dianggap sepele, nyatanya manfaat ikan lele juga sangat banyak dalam menutrisi dan memberikan kesembuhan pada tubuh.

 

 

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI