Mengenal 9 Unsur-Unsur Iklan, Pahami Juga Ciri-Ciri dan Jenis-Jenisnya

Penulis: Puput Saputro

Diperbarui: Diterbitkan:

Mengenal 9 Unsur-Unsur Iklan, Pahami Juga Ciri-Ciri dan Jenis-Jenisnya
Ilustrasi (credit: freepik)

Kapanlagi.com - Iklan adalah salah satu cara untuk mempromosikan suatu produk, program, atau kegiatan. Di keseharian, kita sering menjumpai iklan dalam berbagai macam bentuk dan media penyampaian, mulai dari televisi, radio, koran, media online, papan reklame, dan sebagainya. Iklan tidak saja harus informatif, tapi juga harus menarik. Untuk itu, unsur-unsur iklan harus terpenuhi.

Iklan memang harus dibuat semenarik dan sekreatif mungkin. Sebab, dengan begitu, audiens akan menarik perhatian audiens sebagai calon konsumen. Iklan yang menarik akan membuat produk atau program kegiatan yang dipromosikan jadi lebih mudah dikenal dan diterima luas. Oleh karena itu, unsur-unsur iklan tidak boleh diabaikan.

Belakangan, dengan kemajuan teknologi dunia periklanan terus berkembang. Hal ini membuat berbagai hal tentang iklan semakin menarik untuk dipelajari. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ulasan mengenai unsur-unsur iklan dan seluk-beluknya.

 

1. Apa Itu Iklan?

Sebelum mendalami apa saja unsur-unsur iklan, terlebih dahulu penting untuk memahami pengertiannya. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), iklan diartikan sebagai suatu pemberitahuan pada khalayak umum yang dipasang di media massa atau tempat umum, tentang suatu produk barang atau jasa yang dijual.

Berdasarkan pengertian tersebut, iklan dibuat untuk memperkenalkan suatu produk atau jasa. Tujuan akhir dari iklan yaitu untuk mempengaruhi audiens sebagai calon pembeli untuk membeli atau menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan.

Oleh karena itu, iklan harus dibuat menarik dengan memenuhi unsur-unsur iklan. Sebab dengan begitu, audiens atau calon pembeli akan tertarik dan percaya untuk membeli dan menggunakan produk atau jasa tersebut.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Ciri-Ciri Iklan

Selain pengertian dan unsur-unsur iklan, tak kalah penting juga mengenali ciri-cirinya. Sebab, iklan sering kali muncul dalam berbagai bentuk dan jenis. Bahkan, sering kali iklan muncul secara implisit sehingga sering tidak dikenali sebagai iklan. Berikut beberapa ciri-ciri iklan.

1. Iklan bersifat mengajak atau persuasif, khususnya mengajak audiens agar mau membeli dan menggunakan produk atau jasa yang diiklankan.

2. Iklan bersifat informatif, memberikan penjelasan mengenai produk atau jasa yang ditawarkan.

3. Iklan mempunyai isi yang jelas, singkat, jujur, menarik, objektif dan tidak menyinggung salah satu pihak.

4. Iklan dikemas dengan menarik.

5. Bahasa yang digunakan dalam iklan sederhana dan mudah dipahami.

 

3. Jenis-Jenis Iklan berdasarkan Isi

Seperti yang disinggung sebelumnya, iklan sering kali muncul dalam berbagai jenis bentuk. Secara garis besar iklan bisa dibedakan menjadi beberapa macam berdasarkan isi dan media yang digunakan. Berikut ini uraian mengenai jenis-jenis iklan berdasarkan isinya.

1. Iklan niaga yaitu jenis iklan yang dibuat dengan tujuan untuk menawarkan produk barang atau jasa kepada konsumennya.

2. Iklan layanan masyarakat yaitu jenis iklan yang dibuat dengan tujuan untuk menyampaikan informasi, imbauan, atau edukasi pada masyarakat mengenai sebuah isu tertentu. Biasanya, iklan jenis ini dibuat oleh instansi pemerintah atau organisasi nirlaba.

3. Iklan pengumuman atau pemberitahuan yaitu jenis iklan yang dibuat dengan tujuan untuk menarik perhatian masyarakat mengenai suatu informasi tertentu. Misalnya, iklan acara reuni, konser, dan sebagainya.

 

4. Jenis Iklan berdasarkan Media yang Digunakan

Selain berdasarkan isinya, iklan juga bisa dibedakan berdasarkan media yang digunakan. Terkait dengan jenis media yang digunakan, iklan dibedakan menjadi dua macam, yaitu:

1. Iklan media cetak yaitu iklan yang dipasang di media cetak seperti koran, majalah, tabloid, reklame, dan sebagainya.

2. Iklan media elektronik yaitu jenis iklan yang dipasang pada media berbasis elektronik atau digital. Sebagai contoh, iklan di televisi, radio, internet. youtube, dan sebagainya.

 

5. Unsur-Unsur Iklan

Unsur-unsur iklan menjadi salah satu bagian yang penting untuk diketahui. Pasalnya, jika unsur-unsur tersebut tidak terpenuhi iklan bisa jadi gagal karena tidak bisa menarik perhatian dan minat audiens. Berikut ini beberapa unsur-unsur iklan.

1. Gambar Tampilan Produk
Tampilan produk merupakan hal pokok yang harus dimunculkan dalam iklan. Dengan keberadaan gambar tampilan produk, audiens lebih mudah mengenali dan mengingat produk. Terlebih, jika produk mempunyai tampilan yang menarik maka akan lebih memungkinkan audiens untuk tertarik dan berminat.

2. Deskripsi Produk
Untuk melengkapi gambar tampilan produk, pengiklan juga harus mencantumkan deskripsi produk. Deskripsi ini bisa ditampilkan dalam bentuk teks maupun secara audio atau visual, tergantung pada jenis media yang digunakan untuk memasang iklan.

3. Kalimat Bersifat Persuasif
Selain deskripsi mengenai produk, sebaiknya pengiklan juga menyisipkan kalimat-kalimat yang lebih bersifat persuasif atau mengajak. Dengan begitu, audiens akan terpengaruh untuk membeli produk yang ditawarkan.

4. Keunikan Produk
Agar pembaca lebih tertarik pada produk yang ada di iklan, sebaiknya sertakan keunikan dari produk. Pasalnya, produk yang unik tentu akan lebih mudah diingat dan berkesan.

5. Keunggulan Produk
Di samping keunikan, tentu saja keunggulan dari produk juga jadi unsur-unsur iklan yang tidak boleh dilewatkan. Dengan menunjukkan keunggulan produk, audiens akan lebih mengetahui keunggulan produk yang dipromosikan dibanding produk lain. Sehingga, audien akan semakin yakin untuk membeli.

6. Upaya Membangun Kepercayaan
Iklan yang berhasil adalah iklan yang bisa mempengaruhi audiens untuk membeli dan menggunakan produk yang diiklankan. Oleh karena itu, upaya membangun kepercayaan audiens jadi unsur-unsur iklan yang tidak kalah penting. Upaya ini bisa dilakukan dengan menjelaskan keunggulan produk.

7. Membangun Minat Audiens
Setelah kepercayaan audiens terbentuk, maka pada tingkatan berikutnya iklan juga harus mampu membangun minat audiens untuk membeli dan menggunakan produknya.

8. Munculkan Keinginan Audiens
Setelah kepercayaan dan minat audiens terbangun, selanjutnya iklan juga harus mampu menggugah keinginan audiens untuk membeli atau mempunyai produk yang diiklankan.

9. Kontak Penjual
Salah satu unsur-unsur iklan yang terpenting adalah kontak penjual. Pasalnya, kontak tersebut menjadi jalan bagi audiens sebagai calon pembeli untuk memesan dan membeli produk yang ditawarkan.

Itulah ulasan mengenai unsur-unsur iklan beserta penjelasan mengenai pengertian, ciri-ciri, dan jenis-jenisnya. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending