Niat Sholat Fajar Beserta Tata Cara - Doanya, Ibadah Sunnah yang Lebih Baik dari Dunia dan Seisinya

Senin, 19 April 2021 17:11 Penulis: Nurul Wahida
Niat Sholat Fajar Beserta Tata Cara - Doanya, Ibadah Sunnah yang Lebih Baik dari Dunia dan Seisinya
Ilustrasi (credit: pixabay.com)


Kapanlagi Plus - Sholat fajar adalah sholat sunnah yang dikerjakan di waktu fajar atau sebelum melaksanakan sholat subuh. Sholat sunnah ini terdiri dari dua rakaat yang dapat dikerjakan umat muslim dengan keutamaan luar biasa. Untuk itulah mengetahui bagaimana bacaan niat sholat fajar, tata cara beserta doanya bisa dijadikan referensi yang penting buat kalian.

Ada beragam bentuk ibadah wajib dan sunnah yang bisa dikerjakan umat muslim dengan keutamaan luar biasa. Salah satunya adalah sholat fajar yang juga dikenal dengan sholat sunnah qabliyah subuh. Sholat sunnah ini memiliki keutamaan paling mulia sesuai dengan hadis Rasulullah SAW yang berbunyi:

"Dua rakaat shalat fajar lebih baik dari dunia seisinya." (HR. Muslim).

Ya, hadis di atas menunjukkan betapa mulia dan luar biasanya keutamaan sholat fajar bagi mereka yang melaksanakannya. Untuk itulah menyempatkan waktu menunaikan sholat fajar sebelum menjalankan sholat subuh bisa kalian lakukan.

Sebelum melaksanakannya, ada baiknya untuk mengetahui bacaan niat sholat fajar beserta tata caranya. Sebab bacaan niat sholat fajar adalah syarat sah menunaikan ibadah sholat yang penting dikerjakan umat muslim.

Berikut ini bacaan niat sholat fajar, tata cara dan doanya yang telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

 

1. Niat Sholat Fajar

Niat dalam sholat tentunya perlu kalian baca sebelum melaksanakan ibadah sholat baik wajib ataupun sunnah. Dalam hal ini termasuk niat sholat fajar yang mana ada bacaan niat yang bisa kalian lafalkan. Adapun bacaan niat sholat fajar dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini.

"Ushalli sunnatash-shubhi rak'ataini qabliyyatal lillahi ta'ala."

Artinya: "Aku niat shalat sunnah sebelum Subuh dua rakaat karena Allah Taala."

Kalian juga dapat melafalkan niat sholat fajar dengan bacaan niatnya sebagai berikut:

"Usholli sunnatas shubhi rok'ataini mustaqbilal qiblati adaa-an lillaahi ta'aala."

Artinya: "Saya niat shalat sunnah subuh dua rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta'ala."

 

2. Tata Cara Sholat Fajar

Seperti ulasan sebelumnya, sholat fajar juga dikenal dengan sholat qabliyah subuh. Di mana sholat sunnah ini terdiri dari dua rakaat yang dikerjakan sebelum menunaikan ibadah sholat subuh. Adapun beberapa tata cara sholat fajar yang perlu kalian ketahui sebagai berikut:

- Membaca bacaan niat sholat fajar.

- Takbiratul ihram.

- Membaca surat Al-Fatihah.

- Membaca surat pendek.

- Rukuk dengan tuma'ninah.

- i'tidal dengan tuma'ninah.

- Sujud dengan tuma'ninah.

- Duduk di antara dua sujud dengan tuma'ninah.

- Sujud kedua dengan tuma'ninah.

- Berdiri pada rakaat kedua.

- Membaca surat Al-Fatihah.

- Membaca surat pendek.

- Rukuk dengan tuma'ninah.

- i'tidal dengan tuma'ninah.

- Sujud dengan tuma'ninah.

- Duduk di antara dua sujud dengan tuma'ninah.

- Sujud kedua dengan tuma'ninah.

- Tasyahud akhir.

- Salam.

Melansir dari brilio.net, Rasulullah SAW dalam melaksanakan sholat fajar dikerjakan dengan singkat. Di mana Rasulullah SAW terbiasa membaca bacaan surat pendek untuk melaksanakan sholat fajar. Ini sesuai dengan hadis yang berbunyi:

"Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam membaca dalam dua rakaat shalat sunnah subuh surat Al Kafirun dan surat Al Ikhlas."  (HR Muslim 726).

 

3. Dzikir dan Doa Sholat Fajar

Setelah menunaikan sholat sunnah fajar, dianjurkan membaca dzikir dan doa setelah sholat fajar. Dimana menurut Syeikh An Nawawi seperti melansir dari liputan6.com, beberapa bacaan dzikir dan doa sholat fajar sebagai berikut:

- Ya hayyu ya qayyum laa ilaaha illa anta (dibaca sebanyak 40 kali)

- Surat Al-Ikhlas (dibaca 11 kali)

- Surat Al-Falaq (dibaca 1 kali)

- Surat An-Nas (dibaca 1 kali)

- Lalu tutup dengan bacaan Subhanallah wa Bihamdihi, Subhanallahil Adhim, Astaghfirullah (dibaca 100 kali)

Untuk bacaan doa setelah menunaikan sholat fajar dapat kalian simak melalui ulasan berikut ini. Bacaan doa sholat fajar ini dapat kalian baca setelah membaca dzikir di atas. Doa ini dibaca sembari menunggu waktu sholat subuh tiba:

"Allahumma Robbi Jibrila wa Mikaila wa Isroofiila wa 'Izrooiila, wa Robbi Sayyidina Muhammadin Shollallahu 'alaihi wa sallam. Ajirnii minan naar."

Artinya: "Ya Allah, Tuhannya Jibril, Mikail, Israfil, Izrail, dan Tuhannya junjungan kami Muhammad SAW. Selamatkanlah kami dari neraka."

 

4. Keutamaan Sholat Fajar

Setelah mengetahui dan memahami bagaimana bacaan niat sholat fajar, tata cara, dzikir dan doanya ada beberapa keutamaan yang perlu kalian ketahui dari ibadah sunnah ini. Sebab seperti disinggung sebelumnya, ibadah sunnah sholat fajar memiliki keutamaan luar biasa yang bisa diperoleh bagi mereka yang mengerjakannya. Adapun sejumlah keutamaan sholat fajar yakni:

1. Keutamaan yang lebih baik dari dunia dan seisinya.

Keutamaan ini sesuai dengan hadis yang menjelaskan bahwa sholat fajar memiliki keutamaan luar biasa dibandingkan dunia dan sisinya. Berikut ini bunyi hadisnya:

"Dua raka'at fajar (sholat sunnah qobliyah subuh) lebih baik daripada dunia dan seisinya." (HR. Muslim no. 725)

2. Keutamaan dijauhkan dari panasnya api neraka.

Keutamaan sholat fajar selanjutnya adalah dapat dijauhkan dari panasnya api neraka. Ini berdasarkan hadis yang berbunyi:

"Siapa pun yang melakukan sholat sebelum matahari terbit dan sholat sebelum terbenamnya tidak akan masuk neraka." (HR Muslim).

3. Keutamaan dibangunkan rumah di surga.

Keutamaan sholat fajar yang begitu luar biasa selanjutnya yakni akan dibangunkan rumah di surga. Adapun bunyi hadisnya sebagai berikut:

"At-Tarmidzi dan An-Nasa'i meriwayatkan hadits yang mengatakan bahwa, dari 'Aisyah radiyallahu'anha, ia berkata: Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam bersabda, "Barangsiapa tidak meninggalkan dua belas (12) rakaat pada shalat sunnah rawatib, maka Allah akan bangunkan baginya rumah di surga." (HR. At-Tarmidzi no. 414, An-Nasa'i no. 1794)

Nah itulah niat sholat fajar, tata cara dan doanya. Sholat fajar tersebut memiliki beragam keutamaan salah satunya sebagai ibadah sunnah yang lebih baik dari dunia dan seisinya. Sehingga dengan mengetahui niat sholat fajar beserta tata cara dan doanya bisa dijadikan referensi melaksanakan ibadah sunnah ini.

Sumber: liputan6.com, brilio.net, merdeka.com

 

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI