Oktober Kelabu, 4 Insiden Mematikan di Berbagai Negara Makan Ratusan Korban Jiwa - Dari Tragedi Kanjuruhan Hingga Itaewon

Senin, 31 Oktober 2022 16:35
Oktober Kelabu, 4 Insiden Mematikan di Berbagai Negara Makan Ratusan Korban Jiwa - Dari Tragedi Kanjuruhan Hingga Itaewon
Insiden Mematikan Oktober 2022 (credit: istimewa)


Kapanlagi Plus - Sebuah kejadian di Bulan Oktober 2022 ini meninggalkan catatan yang kelabu. Terjadinya peristiwa yang mencengangkan menjadi sorotan publik sehingga mendapatkan kabar duka dan empati untuk tragedi kemanusiaan yang terjadi. Ada 4 insiden tragedi yang memakan ratusan korban jiwa sampai meninggal dunia.

Beberapa kejadian terjadi dikarenakan adanya kerumunan terinjak hingga kehabisan oksigen, ada juga karena serang bom hingga ratusan orang tewas, serta jembatan ambruk yang harus memakan ratusan orang meninggal dunia. Kapanlagi.com merangkum 4 insiden mematikan di berbagai negara yang memakan ratusan korban jiwa pada bulan Oktober 2022 ini. Simak yuk.

 

1. Tragedi Kanjuruhan

Bulan Oktober diawali dengan duka yang mendalam atas Tragedi Kanjuruhan. Tepat hari Sabtu pada tanggal 1 Oktober 2022, setelah pertandingan sepak bola antara Arema FC melawan Persebaya di Stadion Kanjuruhan, terjadi Tragedi Kanjuruhan yang harus menelan 135 orang meninggal dunia.

Kejadian ini terjadi karena penembakan gas air mata di yang dilakukan oleh aparat di kerumunan supporter yang berada di Tribun Selatan. Adanya gas air mata tersebut, membuat suporter harus keluar dari stadion untuk menyelamatkan diri dengan berdesakan.

Tragedi Kanjuruhan dengan menewaskan ratusan orang menjadi sorotan mata dunia. Bahkan Tragedi ini juga mengisi urutan nomor dua di dunia karena telah memakan korban yang banyak di dunia sepak bola.

 

2. Tragedi Halloween Itaewon Korea

Pada hari Sabtu 29 Oktober 2022 kemarin lusa, dengan adanya perayaan Halloween bukan menjadi perayaan yang berbahagia melainkan duka di negara Korea Selatan. Terjadi di sebuah pemukiman bernama Itaewon pada malam hari waktu Seoul, Korea Selatan, perayaan Halloween telah memakan korban 153 orang.

Menjadi duka, ratusan orang harus berdesak-desakan sekitar 100 ribu pengunjung dan membuat ratusan orang kehabisan oksigen. Diakibatkan terlalu lama berdesakan, puluhan orang sudah terkapar di jalanan dan membuat jantung menjadi terhenti.

Setelah itu, beberapa pengunjung dan petugas medis pun langsung melakukan pertolongan pertama dengan PCR. Hal Tragedi Halloween Itaewon Korea ini tak berbeda dengan Tragedi Kanjuruhan yang berada di Malang, Jawa Timur, Indonesia.

 

3. Bom Mobil di Somalia

Selain itu, adapun kejadian yang membuat duka pada bulan Oktober. Ya, 100 orang telah tewas setelah dua bom mobil meledak di dekat kementerian pendidikan Somalia di ibukota Mogadishu pada hari Sabtu, dilansir dari edition.cnn.com.

Dalam sebuah pernyaan cideo yang dibagikan lewat akun Twitter resminya, Presiden Somalia Hassan Shikh Mohamud ini mengatakan bahwa lebih dari 300 lainnya terluka karena serangan tersebut. Dalam kejadian dengan bom mobil tersebut, menjadikan serangan teroris ini begitu kejam membuat ratusan orang yang tak bersalah meninggal dunia.

“Serangan teroris yang kejam dan pengecut hari ini terhadap orang-orang yang tidak bersalah oleh kelompok al-Shabaab yang bangkrut secara moral dan kriminal tidak dapat mengecilkan hati kami tetapi akan semakin memperkuat tekad kami untuk mengalahkan mereka sekali dan untuk selamanya,” tulis Mohamud di Twitter.

Hingga kini belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab atas serangan itu, tetapi kelompok Islam al-Shabaab telah mengklaim serangan lain baru-baru ini.

“Pemerintah dan orang-orang pemberani kami akan terus membela Somalia dari kejahatan,” tambah Mohamud.

 

4. Jembatan Ambruk di India

Pada hari Minggu (30/10/2022) kemarin, insiden mematikan terjadi di negara India. Tepatnya di Gujarat, barat India, Jembatan 100 tahun telah ambruk dan memakan korban 120 orang meninggal dunia. Kejadian tersebut pun dikatakan oleh kepala polisi di kota barat Morbi, Gujarat, India.

"Kami telah menemukan 120 jenazah sejauh ini. Jumlah korban kemungkinan akan meningkat karena operasi pencarian berlanjut," kata kepala polisi di kota barat Morbi, Gujarat, India, P. Dekavadiya, Minggu (30/10) malam, melansir dari cnn.com.

Kejadian tersebut bermula ketika jembatan penyeberangan di atas Sungai Machhu itu yang dipenuhi oleh wisatawan lokal yang sedang menikmati akhir pekan sekaligus liburan. Jembatan yang memiliki panjan 230 meter dibangun pada masa penjajahan Inggris pada abar ke 19 memiliki usia 100 tahun lebih. Jembatan itu juga sempat ditutup untuk renovasi selama enam bulan dan baru buka lagi pekan lalu.

Dan itulah 4 insiden tragedi yang memakan korban hingga ratusan orang meninggal di bulan Oktober 2022.

 

(kpl/gtr/nda)



MORE STORIES




REKOMENDASI