Penuh Gizi, Ini 6 Manfaat Air Tajin untuk Bayi dan Orang Dewasa

Senin, 17 Agustus 2020 09:11 Penulis: Puput Saputro
Penuh Gizi, Ini 6 Manfaat Air Tajin untuk Bayi dan Orang Dewasa
Manfaat Air Tajin (credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Air tajin merupakan air rebusan beras yang kental saat memasak nasi. Oleh masyarakat tradisional dan zaman dahulu, air tajin kerap diberikan pada bayi. Biasanya para orangtua tersebut memberikan air tajin sebagai pengganti susu. Bukan hanya warnanya saja yang sama-sama putih, ternyata terdapat banyak manfaat air tajin bagi kesehatan.

Tak banyak orang tahu, air tajin ternyata tak hanya bermanfaat bagi bayi atau anak-anak saja. Orang dewasa yang mengonsumsi air tajin juga dipercaya bakal mendapat berbagai manfaat. Hal ini dikarenakan, dalam air rebusan beras tersebut terdapat sejumlah kandungan gizi yang bermanfaat bagi tubuh.

Lantas, apa sajakah manfaat air tajin untuk kesehatan? Berikut beberapa ulasannya dirangkum dari berbagai sumber.

 

1. Mengatasi Muntah dan Diare pada Bayi

Meski kerap dipandang sebelah mata, nyatanya memberi air tajin untuk bayi memang sangat menyehatkan. Salah satu manfaatnya adalah bisa menyehatkan pencernaan bayi. Pemberian air tajin secara rutin juga akan menjauhkan bayi dari gangguan pencernaan bernama gastroenteritis. Bayi yang mengalami gangguan pencernaan ini, pada umumnya akan menunjukkan gejala muntah hingga diare.

Jadi, air pemberian air tajin untuk bayi tak bisa lagi dianggap remeh. Air tajin memang tak bisa sepenuhnya menggantikan peran susu. Namun, pemberian air tajin dan asupan makanan pendamping ASI lainnya dipercaya akan menjaga kesehatan bayi.

2. Menyehatkan Kulit Bayi

Manfaat air tajin untuk bayi berikutnya berkaitan dengan kesehatan kulit. Seperti yang kita tahu, bayi cenderung mempunyai kulit yang lembut dan halus. Namun, perawatan dan asupan gizi yang tidak tepat ternyata juga bisa mengganggu kesehatan kulit bayi. Salah satu cara agar kulit bayi tetap terjaga kelembutan dan kelembapannya adalah dengan memberikan air tajin.

Air tajin diyakini mengandung antioksidan yang berguna untuk kesehatan kulit. Pada kulit orang dewasa, antioksidan bisa menjadi zat antipenuaan dini. Sementara, bagi kulit bayi antioksidan akan lebih berperan dalam menjaga kehalusan dan kelembutan kulit bayi. Selain itu, sebuah studi menyebut bahwa air rebusan beras juga mengandung asam ferulik, gamma-oryzanol, dan asam fitat yang biasa terdapat pada produk kosmetik.

3. Sumber Energi

Sering diberikan untuk bayi sebagai pengganti susu, air tajin ternyata bisa berfungsi sebagai sumber energi. Hal ini dikarenakan, air tajin berasal dari rebusan air beras. Padahal, seperti yang kita tahu beras menjadi salah satu makanan pokok yang kaya akan karbohidrat. Oleh karena itu, diyakini air rebusan beras atau air tajin juga mengandung sari-sari karbohidrat yang terdapat pada beras atau nasi.

Air tajin tak hanya jadi sumber energi untuk bayi, melainkan juga bisa untuk orang dewasa. Namun, tentu harus dipahami bahwa untuk orang dewasa air tajin hanya bisa menjadi sumber energi tambahan.

4. Menyehatkan Pencernaan

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, air tajin tak hanya bermanfaat bagi kesehatan bayi. Salah satu manfaat air tajin untuk orang dewasa ialah baik untuk pencernaan. Tak hanya mengatasi diare pada anak-anak atau bayi, air tajin juga bisa memberi manfaat serupa untuk orang dewasa.

Selain mengatasi diare, mengonsumsi air tajin bagi orang dewasa juga dipercaya bisa mengatasi sembelit. Akan tetapi, untuk mengatasi sembelit ada baiknya kalian juga tetap memperhatikan asupan makanan kaya serat.

5. Menyehatkan Rambut

Manfaat air tajin berikutnya ialah bisa menyehatkan rambut. Di samping dikonsumsi dengan cara diminum, air tajin ternyata juga bisa dipakai untuk rambut. Air tajin dipercaya mengandung senyawa inositol yang bermanfaat untuk elastisitas rambut. Apabila elastisitasnya terjaga, rambut tidak akan mudah mengalami kerusakan seperti kerontokan.

Cara pakai air tajin untuk perawatan rambut sangatlah mudah. Kalian cukup menggunakannya seperti saat memakai sampo atau kondisioner. Terbuat dari bahan alami, pemakaian air tajin untuk perawatan rambut relatif lebih aman. Selain itu, air tajin juga bisa menjadi produk perawatan rambut yang ekonomis dan ramah lingkungan.

6. Meredakan Demam

Belum banyak yang tahu ternyata, air rebusan beras atau air tajin ternyata juga bisa digunakan sebagai obat demam. Dilansir dari thehealthsite.com, air tajin akan berfungsi mengatasi kekurangan cair tubuh akibat demam dan muntah. Secara tidak langsung, hal ini akan membantu tubuh mengisi kembali nutrisi yang hilang selama demam. Dengan begitu, proses pemulihan tubuh dapat berjalan lebih cepat dan maksimal.

Itulah di antaranya beberapa manfaat air tajin untuk kesehatan bayi dan orang dewasa. Jadi, jangan asal buang air tajin saat memasak nasi. Sesekali, kalian bisa mengonsumsinya atau memberikannya pada bayi sebagai asupan nutrisi tambahan.

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI