Selain Dapat Menurunkan Berat Badan, Ini 5 Manfaat Buah Plum Lainnya Bagi Kesehatan Tubuh

Penulis: Dhia Amira

Diterbitkan:

Selain Dapat Menurunkan Berat Badan, Ini 5 Manfaat Buah Plum Lainnya Bagi Kesehatan Tubuh
Ilustrasi (credit: Pixabay)

Kapanlagi.com - Buah plum atau dalam bahasa Indonesia adalah prem merupakan buah yang memiliki jenis yang sama seperti persik dan juga ceri. Buah plum bisa dikonsumsi dengan berbagai jenis olahan seperti dimakan langsung, menjadi selai, jus, asinan kering, dan manisan. Tak hanya itu saja, buah plum juga banyak dipercaya dapat menurunkan berat badan. Serta manfaat buah plum juga dapat dijadikan sebagai obat kesehatan untuk tubuh.

Di dalam buah plum terdapat banyak sekali kandungan vitamin seperti, vitamin A, vitamin C, vitamin B komplek, dan vitamin K. Selain itu, di dalam buah plum juga terdapat kandungan serat, antioksidan, kalium, magnesium, mangan, fosfor, zat besi, dan juga seng. Memiliki banyak kandungan tentunya dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Dari pada penasaran dengan manfaat apa saja yang dapat diberikan oleh buah plum, dilansir dari berbagai sumber inilah 5 manfaat buah plum untuk kesehatan yang wajib kalian ketahui.

 

 

1. Daya Tahan Tubuh

Manfaat buah plum yang pertama yaitu untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Hal tersebut karena di dalam buah plum terdapat antioksidan. Dan zat antioksidan ini dapat memberikan kekebalan tubuh serta melindungi sel-sel di dalam tubuh dari zat asing. Bila zat asing masuk ke dalam tubuh dan menyerang, maka akan dihalang oleh antioksidan. Tetapi bila antioksidan tidak cukup makan tubuh akan diserang oleh berbagai macam penyakit.

Kalian bisa mengonsumsi buah plum secara rutin agar dapat mencegah kerusakan sel dari radikal bebas. Buah plum tentunya aman dikonsumsi secara rutin dengan kadar yang pas, karena buah plum adalah makanan sehat. Tapi buah plum yang masih segar ya KLovers, bukan yang sudah menjadi asinan kering atau manisan.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Kesehatan Mata

Manfaat buah plum yang selanjutnya yaitu dapat memberikan kesehatan mata kita. Karena di dalam buah plum terdapat kandungan vitamin A yang cukup tinggi bila dikonsumsi secara rutin, dan vitamin A inilah yang merupakan zat penting dalam merawat kesehatan mata. Walaupun tidak setinggi wortel yang memiliki kandungan vitamin A sebesar 93%, tetapi buah plum cukup bisa membantu kesehatan mata bila dikonsumsi secara rutin.

3. Menurunkan Kolesterol

Selain untuk kesehatan mata, manfaat buah plum yang selanjutnya yaitu dapat menurunkan kolesterol di dalam tubuh. Hal tersebut karena, di dalam buah plum terdapat kandungan asam propionat yang memiliki sifat penurun kolesterol di dalam tubuh. Dalam sebuah penelitian, sudah banyak yang sepakat bahwa buah plum dapat membantu menurunkan kolesterol. Karena buah plum mengeluarkan zat asam propionat yang dapat menghambat sebuah enzim untuk memproduksi kolesterol di dalam hati.

Dan dengan menurunkan kolesterol maka asam empedu akan mencerna lemak kolesterol yang diproduksi ada di dalam hati, sehingga asam empedu dapat keluar dari tubuh melalui kotoran. Dan kolesterol secara otomatis akan keluar dari dalam tubuh. Untuk itu, bila kalian ingin mengurangi kadar kolesterol maka kalian dapat mengonsumsi buah plum secara rutin.

4. Menurunkan Kadar Gula Darah

Selain menurunkan kolesterol, manfaat buah plum yang lainnya yaitu dapat menurunkan kadar gula dalam darah kalian. Hal ini karena buah plum mampu meningkatkan kadar adinopektin, yaitu hormon yang berperan dalam mengatur kadar gula darah sehingga kadar gula darah tidak akan meningkat. Kalian dapat menjadikan buah plum sebagai buah yang dikonsumsi secara rutin bagi penderita diabetes. Tetapi tetap perlu pengawasan dari dokter ya KLovers.

Karena buah juga memiliki kadar gula, jadi mengonsumsi secara berlebihan juga tidak akan baik. Untuk itu bagi penderita diabetes akut disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter.

5. Mencegah Osteoporosis

Manfaat buah plum yang selanjutnya yaitu mencegah osteoporosis bagi lansia ataupun wanita. Hal ini karena kandungan boron di dalam buah plum dapat memperpanjang daya tahan vitamin D dan estrogen dalam tubuh. Tetapi yang dikonsumsi adalah buah plum kering ya KLovers, karena kandungan boron hanya banyak terdapat pada buah plum kering.

Selain itu, buah plum yang kering juga memiliki kandungan vitamin K, magnesium, kalium, dan antioksidan yang mampu melindungi tulang dari kerusakan akibat radikal bebas. Untuk itulah, mengonsumsi buah plum kering secara rutin dapat mencegah kita dalam terkena osteoporosis, terutama bagi wanita.

Itulah 5 manfaat buah plum bagi kesehatan tubuh yang perlu kalian ketahui. Semua buah memang memiliki kandungan yang berbeda-beda untuk kesehatan tubuh, maka dari itu kalian bisa mengonsumsi buah plum atau makanan bergizi imbang lainnya untuk memberikan kesehatan yang lebih bagi tubuh.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending