8 Manfaat Tembakau yang Jarang Diketahui Bagi Kesehatan, Tak Hanya Bahan Baku Rokok

Kamis, 03 Desember 2020 10:11 Penulis: Dhia Amira
8 Manfaat Tembakau yang Jarang Diketahui Bagi Kesehatan, Tak Hanya Bahan Baku Rokok
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Tembakau selama ini dikenal sebagai bahan utama untuk rokok. Namun selain itu, nyatanya manfaat tembakau juga sangat baik loh untuk kesehatan tubuh KLovers. Tembakau sendiri merupakan salah satu tanaman yang dibudidayakan, karena tembakau adalah produk pertanian semusim yang bukan termasuk komoditas pangan, melainkan komoditas perkebunan.

Tembakau dulu dipercaya sebagai obat penenang, dan menjadi salah satu tanaman yang membangkitkan perekonomian di Amerika. Karena tembakau dijadikan sebagai bahan utama cerutu atau rokok. Tembakau sendiri merupakan salah satu tanaman yang sangat sensitif terhadap cara budidaya, lokasi tanam, musim, cuaca, dan cara pengolahan.

Itulah mengapa tembakau tidak akan menghasilkan kualitas yang sama apabila ditanam di tempat yang berbeda. Dan membuat tembakau memiliki ciri khas tersendiri di setiap wilayah. Namun bagaimana ya bila manfaat tembakau digunakan untuk hal lainnya?

Kira-kira apa saja manfaat tembakau tersebut? Dilansir dari berbagai sumber, ini 8 manfaat tembakau yang jarang diketahui. Yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Mengobati Gigitan Serangga dan Ular

Manfaat tembakau yang pertama yaitu dapat mengobati gigitan serangga hingga ular. Ternyata masyarakat di India percaya bahwa nikotin dalam tembakau akan membantu menghilangkan rasa sakit serta membantu menarik keluar racun, dan bisa menyembuhkan luka dari gigitan ular berbisa.

Setelah racun tersedot keluar, daun dikunyah kemudian diletakkan pada luka, dan diikat dengan perban. Metode ini juga bahkan dapat digunakan ketika disengat serangga. Dan kalian bisa melakukan ini menggunakan daun tembakau yang masih segar.

 

2. Mengobati Flu

Kemudian manfaat tembakau yang selanjutnya yaitu dapat mengobati flu. Siapa bilang tembakau selalu membuat tubuh dalam keadaan buruk, nyatanya manfaat tembakau juga dapat menjadi obat flu loh KLovers. Masih dalam metode ala India, masyarakat India juga percaya bahwa tembakau dapat menyembuhkan penyakit flu seperti batuk dan pilek dengan efektif loh.

Namun bukan hanya tembakau saja, ada campuran lain yang membuat tembakau menjadi sebuah ramuan obat herbal. Campur tembakau dengan daun dari tanaman gurun, atau akar India Balsam, dan Leptotaenia multifida. Dengan ramuan ini penduduk di India percaya bahwa, ramuan tersebut dapat asma dan TBC, bahkan membersihkan saluran hidung.

 

3. Membantu Dalam Pengobatan Mental

Tidak hanya menjadi obat flu saja, nyatanya manfaat tembakau juga mampu mengobati kesehatan mental seseorang loh KLovers. Menurut Journal of American Medical Association, orang-orang yang menderita gangguan mental seperti ADHD/ADD, skizofrenia, dan gangguan lainnya mungkin mengalami efek positif dari merokok.

Hal itu karena, dosis nikotin memiliki efek normalisasi jangka pendek pada aktivitas listrik di otak. Bahkan tidak hanya itu saja, bagi mereka yang memiliki penyakit alzheimer juga mendapat keuntungan dari dosis nikotin. Menurut penelitian, kemampuan kognitif pasien sedikit membaik dengan nikotin.

 

4. Mempercepat Produksi Vaksin

Bahkan sudah ada pengembangan yang lebih luas lagi bagi tembakau selain digunakan sebagai bahan utama rokok. Yup! Nyatanya manfaat tembakau juga mampu mempercepat produksi vaksin. Dalam sebuah study menyatakan bahwa, tembakau memiliki antigen yang mirip dengan virus influenza sehingga dapat dijadikan vaksin.

Proses pembuatan vaksin menggunakan antigen dari tembakau, yang lebih cepat dibandingkan dari virus influenza sebenarnya yang bahkan membutuhkan waktu satu bulan untuk membuat vaksin. Dan hal ini menjadi sebuah penemuan yang luar biasa bagi dalam dunia penelitian.

 

5. Bahan Bakar Ramah Lingkungan

Tidak hanya dapat mempercepat pembuatan vaksin saja, penelitian lainnya dapat mengembangkan vaksin sebagai bahan bakar ramah lingkungan. Banyak penelitian telah menemukan bahwa, tembakau dapat diolah menjadi energi dan bahan bakar nabati atau biofuel.

Bahkan dalam salah satu penelitian dilakukan pengamatan terhadap varietas tembakau yang dipilih untuk dimodifikasi secara genetik agar volume minyak dalam biji tembakau meningkat. Pasalnya minyak yang dihasilkan biji tembakau dapat diolah menjadi biofuel.

Kemungkinan adanya alternatif biofuel dari tembakau tersebut akan menjadi kemajuan besar untuk mengurangi dampak terhadap lingkungan. Biofuel berbasis tembakau dapat mengurangi emisi CO2 sekitar 75% lebih besar dibandingkan bahan bakar fosil.

 

6. Sumber Protein Nabati

Manfaat tembakau yang lainnya yaitu dapat menjadi sumber protein nabati. Tembakau jenis nicotiana tabacum diakui oleh ahli agronomi dan ahli kimia sebagai sumber protein nabati yang unik. Tembakau ini dapat dengan mudah diproses untuk menghasilkan protein yang bisa dimanfaatkan sebagai makanan ternak, pestisida, pembuatan kosmetik bahkan sebagai makanan manusia.

Bahkan sebuah lembaga ilmu pengetahuan dan kesehatan di Amerika menyebutkan bahwa, tembakau dapat ditanam dan dikembangbiakkan empat kali lebih banyak daripada kedelai atau jagung. Sehingga protein yang dihasilkan pun menjadi lebih banyak dan dapat menjadi sumber daya protein yang menjanjikan.

 

7. Obat HIV/AIDS

Tidak hanya menjadi obat sakit yang biasa saja, nyatanya manfaat tembakau juga mampu menjadi obat bagi penderita HIV/AIDS. Namun hal ini masih berdasar penelitian yang diinisiasi Profesor Mario Pezzoti. Dalam penelitian tersebut diketahui bahwa, tembakau dapat menghasilkan protein obat human immunodeficiency virus (HIV) penyebab AIDS, yang disebut griffithsin.

Bedanya bukan tembakaunya yang menghasilkan protein, melainkan virus tembakaunya. Namun hal ini masih dikembangkan kembali, sehingga tembakau dapat menjadi obat untuk penderita HIV/AIDS.

 

8. Obat Rabies

Dan manfaat tembakau yang terakhir yaitu dapat menjadi obat rabies. Dilansir dari St George's University of London menemukan bahwa tanaman tembakau rekayasa genetika dapat digunakan untuk memproduksi antibodi pelindung yang aman terhadap virus rabies yang mematikan. Hal ini memungkinkan menjadi pilihan obat yang relatif murah untuk rabies yang akan menguntungkan pasien di negara berkembang.

Para ilmuwan berhasil menghasilkan antibodi dalam tanaman tembakau transgenik (tanaman yang telah diubah secara genetik) yang terbukti menetralisir virus rabies. Antibodi monoklonal baru ini bekerja dengan mencegah virus menempel ke ujung saraf di sekitar lokasi gigitan dan membuat virus tidak menyebar ke otak.

Antibodi monoklonal adalah protein kompleks awalnya berasal dari sistem kekebalan tubuh, tetapi dalam hal ini dibuat dalam tanaman untuk memerangi penyakit. Antibodi itu juga terbukti aktif dalam menetralisir berbagai virus rabies dengan efektif.

Itulah 8 manfaat tembakau yang jarang diketahui. Bukan hanya menjadi bahan utama rokok saja, nyatanya manfaat tembakau sangat luar biasa bagi kesehatan dan juga penelitian. Bahkan tembakau dapat menjadi bahan obat-obatan untuk penyakit yang sangat sulit untuk disembuhkan.

 

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI