Sering Merasa Pusing, Ini 6 Tips Mengatasi Sakit Kepala Tanpa Obat

Jum'at, 14 Agustus 2020 13:55 Penulis: Dhia Amira
Sering Merasa Pusing, Ini 6 Tips Mengatasi Sakit Kepala Tanpa Obat
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Sakit kepala memang menjadi salah satu penyakit ringan yang sering dialami oleh sebagian orang. Biasanya sakit kepala terjadi akibat banyak hal, seperti terlambat makan, kurang istirahat yang cukup, terlalu banyak melihat layar komputer, dan masih banyak lagi.

Walaupun terbilang ringan, tetapi sakit kepala dapat mengganggu aktivitas loh. Hal ini karena dapat membuat kita sulit untuk berpikir dengan baik, sehingga menurunkan mood seseorang untuk melakukan aktivitas seperti biasanya. Itulah mengapa biasanya banyak orang yang ingin sakit kepala cepat hilang dan langsung mengonsumsi obat.

Tetapi bila terlalu sering mengonsumsi obat secara sembarang, itu tidak baik untuk tubuh loh KLovers. Kalian bisa berkonsultasi ke dokter, atau untuk pertolongan pertama kalian bisa menggunakan cara selain dari obat. Cara apa saja itu? Dilansir dari berbagai sumber, ini 6 tips mengatasi sakit kepala tanpa obat. Yuk langsung saja dicek.

 

1. Air Putih

Tips mengatasi sakit kepala yang pertama yaitu, kalian bisa mengonsumsi air putih. Biasanya sakit kepala bisa disebabkan oleh kurangnya cairan di dalam tubuh, sehingga menimbulkan dehidrasi dan sakit kepala. Dan cara pertama untuk mengobatinya yaitu dengan mengonsumsi air putih.

Kalian bisa mengonsumsi air putih secara rutin, agar sakit kepala mereda. Tetapi jangan minum air putih yang dingin ya KLovers, diusahakan minum air putih dengan suhu normal.

2. Minuman Jahe

Tips mengatasi sakit kepala yang selanjutnya yaitu dengan mengonsumsi minuman jahe. Sebenarnya jahe sudah sejak lama dipercaya masyarakat Indonesia sebagai obat untuk mengatasi sakit kepala secara alami. Dan ternyata hal ini benar adanya loh.

Dalam sebuah penelitian dinyatakan bahwa jahe bisa meredakan sakit kepala sebelah secara aman dan juga alami. So, bila kalian mengalami sakit kepala sebelah bisa langsung mengonsumsi air jahe hangat untuk meredakan sakit tersebut.

3. Konsumsi Vitamin B Kompleks

Ternyata vitamin B kompleks juga bisa menjadi salah satu cara alami mengatasi sakit kepala loh KLovers. Hal ini karena makanan yang mengandung vitamin B kompleks dapat membantu mengurangi kemunculan sakit kepala sebelah dengan cara mengatur zat-zat kimia di otak.

Kalian bisa mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B kompleks seperti, yogurt, telur, daging sapi, susu, sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, salmon, daging ayam, dan masih banyak lagi.

4. Kompres Air Dingin

Tips mengatasi sakit kepala yang lainnya yaitu dengan melakukan kompres air dingin. Kalian bisa melakukan kompres pada bagian leher dengan menggunakan air dingin atau batu es yang dibalut dengan kain.

Biasanya sakit kepala juga terjadi akibat tegang pada saraf di bagian leher. Dan dengan melakukan kompres air dingin ini maka dapat membantu mengurangi peradangan, memperlambat konduksi saraf, dan menyempit pembuluh darah. Sehingga sakit kepala dapat segera mereda dengan cepat.

5. Minuman Kafein

Ternyata minuman kafein dapat menjadi salah satu tips mengatasi sakit kepala loh KLovers. Hal ini karena kandungan kafein dapat meningkatkan suasana hati, meningkatkan kewaspadaan, dan menyempit pembuluh darah penyebab dari sakit kepala.

Kalian bisa mengonsumsi kopi hangat atau teh hangat untuk meredakan sakit kepala tersebut. Tetapi jangan mengonsumsi secara berlebihan, cukup satu cangkir saja sudah dapat meredakan sakit kepala yang kalian rasakan.

6. Istirahat

Dan tips mengatasi sakit kepala yang terakhir yaitu dengan melakukan istirahat yang cukup. Bila cara-cara sebelumnya sudah kalian lakukan, maka yang perlu kalian lakukan saat ini yaitu istirahat dengan benar.

Sakit kepala juga terjadi akibat terlalu banyak aktivitas yang kita lakukan, dan kurangnya istirahat yang baik dan juga benar. Jadi bila sudah mengalami sakit kepala yang hebat, kalian bisa menenangkan diri dengan beristirahat secara baik dan juga tepat.

Itulah 6 tips mengatasi sakit kepala secara aman tanpa perlu mengonsumsi obat. Bila sakit kepala terjadi secara terus menerus, maka ada baiknya bagi kalian berkonsultasi pada dokter untuk mengetahui gejala yang terjadi.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI