Tak Hanya Pakai Garam, Ini 6 Cara Mengusir Ular yang Masuk ke Rumah dengan Mudah

Kamis, 13 Agustus 2020 19:11 Penulis: Puput Saputro
Tak Hanya Pakai Garam, Ini 6 Cara Mengusir Ular yang Masuk ke Rumah dengan Mudah
Ilustrasi (credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Ular jadi salah satu binatang berbahaya yang ditakuti oleh banyak orang. Beberapa jenis ular juga dikenal berbisa, sehingga benar-benar harus diwaspadai keberadaannya. Ular kerap tinggal di berbagai tempat seperti di semak-semak kebun atau rawa-rawa. Tapi tak jarang, ular masuk ke pekarangan atau bahkan ke dalam rumah. Saat mengalami hal seperti itu, penting untuk kalian tahu bagaimana cara mengusir ular.

Mengusir binatang seperti ular bukanlah hal yang mudah. Malahan, hal ini justru cenderung berbahaya jika dilakukan dengan sembarangan. Tapi kalian tak perlu khawatir, sebab ternyata ada beberapa cara mengusir binatang melata ini dengan mudah dan aman. Kalian cukup melakukan cara-cara sederhana dengan memanfaatkan beberapa bahan dan barang yang ada di rumah.

Lantas, bagaimana cara mengusir ular yang masuk ke rumah dengan mudah? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ulasannya.

 

1. Minyak Wangi

Salah satu cara mengusir ular yang paling ampuh ialah dengan menggunakan minyak wangi. Ular termasuk salah satu jenis hewan yang sangat bergantung pada indera penciuman. Sehingga, menyemprotkan minyak wangi jadi salah satu pilihan untuk mengusir binatang melata ini.

Kalian bisa langsung menyemprotkan minyak wangi ke seisi ruangan tempat ular menyelinap masuk. Setelah beberapa saat, ular yang merasa tidak nyaman dengan bau minyak wangi akan keluar dengan sendirinya.

2. Karbol

Selain minyak wangi kalian juga bisa mengusir ular dengan menggunakan cairan pembersih lantai atau karbol. Prinsipnya sama dengan minyak wangi, aroma dari karbol yang menyegarkan dipercaya juga akan mengaburkan indera dari ular. Tak hanya mengganggu indera penciuman, karbol yang mengenai tubuh ular juga dipercaya bakal menyerang bagian sensor gerak tubuhnya.

Cara mengusir ular dengan menggunakan karbol juga sangatlah mudah. Kalian cukup menyiramkan cairan karbol ke area di sekitar ular berada. Namun, cara ini harus dilakukan dengan hati-hati. Sebisa mungkin lakukan dalam jarak yang aman. Sebab, ular bisa bereaksi agresif saat cairan karbol mengenai kulitnya.

3. Cuka Putih

Bahan lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk mengusir ular adalah cuka putih. Cuka yang bersifat asam dipercaya juga akan memberikan reaksi panas terhadap permukaan kulit ular. Kalian cukup menyiramkan cuka putih tersebut ke tempat sekitar ular berada. Sama seperti cara mengusir ular dengan karbol, kalian juga harus sangat berhati-hati saat menerapkan cara ini.

4. Campuran Minyak Kayu Manis dan Cengkeh

Tak hanya dipakai untuk bumbu, kayu manis dan cengkeh ternyata juga bisa digunakan untuk mengusir ular. Ya, kalian bisa menggunakan campuran dari kedua jenis bahan ini, terutama yang sudah dalam bentuk ekstrak atau minyak. Hal ini dikarenakan, campuran kedua bahan ini akan menghasilkan bau harum yang membuat ular merasa tidak nyaman.

Untuk mengusir ular dengan minyak kayu manis dan cengkeh, kalia cukup mencampurkan kedua bahan ini dengan air. Jika sudah, kalian tinggal menyemprotkannya ke tempat ular berada.

5. Bawang Merah dan Bawang Putih

Tak cuma kayu manis dan cengkeh, bawang merah dan bawang putih juga jadi bahan masakan yang berguna untuk mengusir ular. Jika kalian pernah mengiris bawang, kalian tentu sudah pernah mengalami mata yang tiba-tiba saja berair. Penyebab dari mata berair ini adalah kandungan zat asam sulfonat.

Tak hanya berdampak pada manusia, kandungan asam sulfonat ini juga bisa berakibat pada hewan, seperti ular. Ular dijamin tidak akan nyaman dan berani dekat dengan bawang merah dan bawang putih. Jadi untuk menerapkan cara ini sangatlah mudah. Kalian cukup mengiris-iris bawang merah dan putih, lalu meletakkannya di tempat ular bersembunyi.

6. Cabai

Cara mengusir ular lainnya juga bisa menggunakan cabai. Cabai yang bisa digunakan untuk mengusir ular ialah cabai rawit. Selain itu, kalian juga bisa memakai bubuk cabai. Mengusir ular dengan menggunakan cabai sangatlah mudah. Kalian hanya perlu menaburkan irisan cabai atau yang sudah berbentuk bubuk ke lantai tempat ular berada.

7. Jangan Memakai Garam!

Selama ini, banyak orang yang menggunakan garam untuk mengusir ular. Padahal garam tidak terbukti ampuh bisa menjauhkan kalian dari ular. Sebab ternyata mitos bahwa ular sangat membenci garam bukanlah hal yang benar. Garam hanya akan berguna untuk mengusir jenis binatang lain yang umumnya berlendir, seperti siput, bekicot, lintah, cacing, dan sebagainya.

Garam akan membuat tubuh binatang-binatang berlendir tersebut mengeluarkan lebih banyak cairan. Dengan begitu, binatang-binatang tersebut lantas pergi atau berdiam sampai mati. Sementara, seperti yang kita tahu ular merupakan binatang bersisik dan tidak berlendir. Sehingga, ular tidak akan bisa diusir hanya dengan menggunakan garam.

Itulah di antaranya beberapa cara mengusir ular. Kalian bisa menggunakan cara-cara di atas, saat ada masuk ke rumah. Jika tetap tak berhasil, kalian bisa meminta bantuan, termasuk pada petugas pemadam kebakaran.

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI