Dijamin Bersih Ini 7 Cara Menghilangkan Noda Kunyit di Tangan, Bisa Pakai Minyak Kelapa

Jum'at, 14 Agustus 2020 09:22 Penulis: Puput Saputro
Dijamin Bersih Ini 7 Cara Menghilangkan Noda Kunyit di Tangan, Bisa Pakai Minyak Kelapa
Kunyit (credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Kunyit jadi salah satu bahan atau bumbu masakan yang umum digunakan di berbagai masakan khas Indonesia. Tidak hanya menambah rasa pada masakan, kunyit juga kerap dijadikan sebagai pewarna makanan alami. Untuk dijadikan pewarna makanan, biasanya kunyit akan diparut untuk kemudian diperas diambil sarinya. Sayangnya, proses ini kerap menyisakan noda kuning di tangan. Kalau sudah begitu, diperlukan cara khusus untuk menghilangkan noda tersebut.

Membersihkan noda kunyit di tangan memang tak semudah mencuci tangan dengan air biasa. Sebab, noda kunyit termasuk bandel dan susah untuk hilang. Oleh karena itu, diperlukan cara khusus saat mencuci tangan, agar tangan bisa bersih kembali seperti semula.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa cara menghilangkan noda kunyit di tangan.

 

1. Minyak Kelapa

Seperti yang disinggung di awal, air saja tidak akan cukup untuk membersihkan noda kunyit. Salah satu bahan yang terbukti efektif membersihkan noda tersebut adalah minyak kelapa. Kalian hanya perlu menggosokkan tangan dengan minyak kelapa secara berulang dan perlahan. Sertakan dengan pijatan lembut, sama persis saat mencuci tangan menggunakan sabun. Agar noda hilang dengan maksimal, kalian bisa menggunakan kain lap saat proses membersihkan tangan.

Tak hanya efektif bersihkan telapak tangan, minyak kelapa juga bisa digunakan untuk membersihkan bagian kuku. Selain itu, cara ini juga bisa dipakai sebagai pencegahan. Artinya, kalian bisa melumuri tangan menggunakan minyak kelapa sebelum mulai mengupas atau memotong kunyit. Dengan begitu, tangan akan tetap bersih dan terhindar dari noda kuning.

2. Minyak Zaitun

Di samping minyak kelapa, kalian juga bisa menggunakan minyak zaitun. Ya, minyak zaitun selama ini memang dikenal mempunyai banyak sekali manfaat, mulai dari untuk kesehatan, kecantikan, hingga untuk membersihkan perabot rumah tangga. Selain manfaat-manfaat tersebut, minyak zaitun juga berguna untuk menghapus noda kunyit yang kekuningan.

Cara membersihkan noda kunyit dengan minyak zaitun sama seperti saat memakai minyak kelapa. Artinya, cara ini juga sangat praktis dan mudah untuk dilakukan.

3. Cuka Apel

Sama seperti minyak zaitun, cuka apel juga kerap dimanfaatkan untuk membersihkan suatu benda. Cuka apel juga bisa membuat tangan yang kekuningan karena noda kunyit jadi bersih kembali. Tak kalah mudah dengan menggunakan minyak, cara ini juga sangat sederhana dan praktis. Kalian hanya perlu meneteskan 3-4 tetes kunyit ke permukaan telapak tangan. Jika sudah, kalian cukup meratakannya dengan cara menggosok perlahan.

4. Baking Soda

Baking soda dikenal punya banyak manfaat. Selain memasak, bahan ini kerap dimanfaatkan untuk membersihkan benda. Jadi tak mengherankan, jika baking soda bisa dimanfaatkan sebagai salah satu cara menghilangkan noda kunyit di tangan. Caranya sangatlah mudah, kalian cukup mencampurkan baking soda dengan air lalu mengusapkannya secara merata. Kalian bisa melakukannya secara berulang-ulang sampai tangan kembali bersih seperti semula.

5. Lemon

Bahan alami lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan noda kunyit adalah lemon. Membersihkan tangan dari noda kunyit dengan lemon juga sangat mudah. Kalian bisa menggosokkan bagian dalam kulit lemon ke permukaan tangan dan kuku yang berwarna kuning akibat noda kunyit.

Cara lain, kalian bisa juga memakai air perasan lemon. Pertama-tama, uangkan air lemon lalu ratakan dengan cara diusap-usapkan secara lembut sampai merata. Lakukan berulang terus menerus sampai noda kuning benar-benar memudar.

6. Susu

Salah satu cara yang paling gampang dan terbukti efektif untuk menghilangkan noda kunyit di tangan adalah dengan susu. Hal ini dikarenakan, susu mempunyai kandungan asam laktat yang dipercaya bisa ampuh menghilangkan bekas kunyit. Karena keampuhan kandungan asam laktat tersebut, susu kerap digunakan sebagai campuran bahan untuk produk perawatan kulit.

Cara menghilangkan noda kunyit dengan susu sangat mudah. Kalian tinggal mengusap dan menggosok tangan dengan kapas atau kain yang sudah dicelupkan atau dibasahi susu. Meski termasuk efektif, cara ini tetap membutuhkan waktu untuk tangan bisa benar-benar bersih seperti semula.

7. Membuat Scrub dari Gula

Noda kunyit yang kekuningan di tangan juga bisa dibersihkan dengan membuat scrub dari gula. Scrub dengan gula bisa dibuat cukup dengan menggunakan gula pasir dan air hangat. Campurkan sampai gula dan air bertekstur sedikit encer atau larut. Lalu gosokkan scrub tersebut ke permukaan kulit tangan dan kuku yang berwarna kuning. Tak hanya membersihkan noda kuning, scrub gula ini juga dipercaya berkhasiat angkat sel kulit mati.

Itulah di antaranya beberapa cara menghilangkan noda kunyit di tangan. Kalian bisa mempraktikkannya saat memasak nanti. Semoga bermanfaat!

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI