Sering Tak Sadar Dilakukan, Ternyata Ada 7 Dampak Kesehatan Kebiasaan Menggigit Kuku

Minggu, 13 September 2020 11:33 Penulis: Nurul Wahida
Sering Tak Sadar Dilakukan, Ternyata Ada 7 Dampak Kesehatan Kebiasaan Menggigit Kuku
Ilustrasi (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Sebagian besar orang mungkin tak menyadari menggigit kuku rupanya dapat menimbulkan sejumlah dampak kesehatan karena kebiasaan tersebut. Meski terkesan sederhana, namun dampak kesehatan kebiasaan menggigit kuku tidak dapat dianggap sepele. Mulai dari kerusakan kuku, infeksi, bahkan dapat memengaruhi kesehatan pada gigi bisa ditimbulkan akibat kebiasaan tersebut.

Kuku merupakan bagian tubuh yang terdapat pada ujung jari dengan tekstur mengeras dan lembut di permukaannya. Kuku diketahui terbentuk dari protein yang terdapat dalam tubuh. Dalam kondisi normal rata-rata kuku akan tumbuh rata-rata 0,5 - 1,5 mm. Menariknya kondisi kuku rupanya juga dapat menjadi pertanda dari kesehatan tubuh. Diantaranya yang dapat menjadi pertanda kesehatan tubuh dilihat dari kuku seperti perubahan warna, perubahan tekstur, ataupun pertumbuhan kuku.

Permukaan kuku yang mengeras dapat melindungi kulit dari berbagai kotoran yang terdapat pada tangan. Tak jerang sebagian besar orang yang memelihara kuku menjadi panjang akan mendapati kotoran di sela-sela kuku. Sayangnya cukup banyak diantara mereka secara tidak sadar sering menggigit kuku. Biasanya refleks menggigit kuku ini terjadi saat mereka merasa gugup serta ketakutan. Namun sebaiknya kebiasaan tersebut mulai dihentikan agar tak menimbulkan dampak kesehatan pada tubuh.

Lalu apa saja dampak kesehatan kebiasaan menggigit kuku?

Adapun dampak kesehatan kebiasaan menggigit kuku terdapat dalam beberapa poin di bawah ini. Sehingga dengan mengetahui dampak kesehatan kebiasaan menggigit kuku tersebut bisa menjadi cara untuk menghentikan efek samping yang timbul karena aktivitas tersebut. Berikut 7 dampak kesehatan kebiasaan menggigit kuku dirangkum dari berbagai sumber.

 

1. Kerusakan Pada Kuku

Dampak kesehatan kebiasaan menggigit kuku salah satunya dapat menyebabkan kerusakan pada kuku. Dampak ini merupakan masalah umum yang sering terjadi apabila melakukan kebiasaan menggigit kuku secara terus menerus. Sebab kuku akan mengalami kerusakan seperti peradangan hingga pembengkakan.

Seperti melansir dari liputan6.com, air liur rupanya dapat berpengaruh pada kondisi kesehatan kuku. Sebab diketahui air libur mengandung sejumlah senyawa yang dapat memecah lemak dan molekul makanan. Kandungan senyawa tersebut memang dapat memberikan manfaat baik bagi kesehatan, namun rupanya air liur juga bisa berpengaruh pada kondisi kuku apabila melakukan kebiasaan menggigit kuku. Dampak tersebut bisa terjadi apabila melakukan kebiasaan buruk menggigit kuku secara berkelanjutan. Selain itu kebiasaan ini juga dapat membuat pertumbuhan kuku menjadi tidak normal.

2. Risiko Terkena Penyakit Karena Bakteri di Kuku

Dampak kesehatan kebiasaan menggigit kuku selanjutnya juga dapat menyebabkan risiko penyakit tertentu. Sebab seperti diketahui sebelumnya kuku memiliki fungsi untuk melindungi kulit dari kotoran yang berada di jari-jari tangan dan kaki. Kotoran tersebut dapat mengendap pada sela-sela kuku baik bagian dalam ataupun luar. Terlebih jika memelihara kuku panjang yang juga akan menyimpan lebih banyak kotoran yang mengendap apabila tidak menjaga kebersihan secara baik.

Dalam hal ini jika kebiasaan menggigit kuku dilakukan secara tidak sadar kotoran tersebut dapat masuk ke dalam tubuh. Kotoran tersebut terdiri dari berbagai jenis bakteri dan kuman yang bisa menyebabkan risiko terkena penyakit.

3. Merusak Gigi

Selain merusak kuku, dampak kesehatan kebiasaan menggigit kuku juga berefek pada kesehatan gigi. Sebab kebiasaan tersebut rupanya bisa berdampak menyebabkan gigi bergeser jika dilakukan secara berkelanjutan. Terlebih tekanan kuat saat menggigit kuku juga dapat mengakibatkan gigi akan mudah parah hingga merusak enamel gigi. Selain itu kuman dan bakteri yang berada di kuku dapat menginfeksi gusi yang juga menyebabkan masalah kesehatan seperti bau mulut.

4. Sakit Perut

Dampak kesehatan kebiasaan menggigit kuku juga bisa menimbulkan sakit pada perut karena bakteri dan kuman yang terdapat pada kuku. Terlebih jika melakukan kebiasaan tersebut saat tangan tidak dalam keadaan bersih yang justru semakin berisiko lebih besar menimbulkan terkena penyakit tertentu seperti sakit perut. Sebab sebagian aktivitas sering melibatkan tangan sebagai bagian penting di kehidupan sehari-hari. Tak hanya sakit perut, sederet penyakit seperti flu dan radang bisa saja timbul akibat kebiasaan tersebut.

5. Meningkatkan Infeksi

Dampak kesehatan kebiasaan menggigit kuku dapat meningkatkan risiko terserang infeksi. Salah satu infeksi yang ditimbulkan tersebut yakni risiko paronikia yang terjadi pada kuku. Paronikia merupakan masalah kesehatan yang terjadi pada kuku akibat jamur dan bakteri. Kondisi ini bisa menyebabkan kuku bisa lebih rapuh, perubahan warna, tekstur, hingga muncul ruam merah pada sekitar kuku.

Pada kondisi cukup parah paronikia dapat menyebabkan kuku timbul rasa nyeri akibat memiliki nanah di dalamnya. Mengutip dari vitalrecord.tamhsc.edu, menggigit kuku yang terdapat infeksi virus salah satunya kutil juga dapat menimbulkan kutil menyebar ke bagian tubuh lainnya.

6. Keracunan Zat Kimia

Selain mempercantik wajah dan rambut, sebagian besar orang terutama perempuan kerap mewarnai kuku mereka dengan cat kuku. Sejumlah bahan cat kuku juga dapat berasal dari zat kimia. Dalam hal ini jika tanpa sadar menggigit kuku saat kuku sedang menggunakan cat tersebut bisa menimbulkan dampak keracunan zat kimia karena kandungan dalam cat kuku tersebut. Apalagi jika kandungan zat kimia pada cat kuku secara tidak sadar tertelan justru akan berefek pada kesehatan. Namun dampak tersebut dapat dirasakan jika melakukan kebiasaan menggigit kuku secara berkepanjangan.

7. Risiko Terkena Herpes

Penyakit herpes merupakan masalah kesehatan yang terjadi pada tubuh akibat infeksi virus. Biasanya penyakit ini menyerang kulit yang dapat menimbulkan warna merah melepuh yang berisi cairan. Sistem imun tubuh yang lemah menjadi salah satu faktor dapat terserang penyakit ini yang bisa terjadi pada siapa saja.

Jika tangan secara tidak sadar terinfeksi virus herpes karena memiliki penyakit herpes oral pada area mulut, maka saat melakukan kebiasaan menggigit kuku bisa berisiko meningkatkan terkena herpes di bagian tubuh lainnya.

Nah itulah 7 dampak kesehatan kebiasaan menggigit kuku yang  sering tak sadari banyak orang. Selain itu penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kuku agar tidak berdampak pada kondisi kesehatan tubuh.

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI